Kamis, 12 Mei 2016

(ANIE MUHIMMATUL K) Menghindari Akhlak Tercela


BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
Semester Genap
Bab I: Menghindari Akhlak Tercela
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah yaitu “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013”
B.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive, dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji, dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu meggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C.    Kompetensi Dasar (KD)
1.      Menyadari kewajiban menghindari akhlak tercela seperti isyraf, tabzir, dan bakhil
2.      Menghindari perbuatan isyraf, tabzir, dan bakhil, dalam kehidupan sehari-hari
3.      Memahami pengertian dan bentuk isyraf, tabzir dan bakhil
4.      Menyajikan peta konsep contoh dan cirri-ciri perilaku isyraf, tabzir, dan bakhil
D.    Tujuan dan Orientasi
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian isyraf, tabzir dan bakhil
2.      Siswa dapat menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan isyraf, tabzir dan bakhil.
E.     Materi Pelajaran Bab VIII (Menghindari Akhlak Tercela)
A.    Isyraf
1.      Pengertian Isyraf
Isyraf adalah tindakan seseorang yang melampaui batas yang telah ditentukan oleh syariat islam. Dalam Al-Quran terdapat dalam QS. Al A’raf [7]: 31
2.      Bahaya Perilaku Isyraf
Bekasnya dapat menghilangkan keteguhan dan keseimbangan yang dituntut agama dalam melaksanakan berbagai tanggung jawab hukum.
3.      Bentuk Perilaku Isyraf
Menuruti hawa nafsu, memamerkan harta, dan melakukan perbuatan yang sia-sia
4.      Menghindari Perilaku Isyraf
Damapak yang ditimbulkan akibat perbuatan isyraf yaitu perbuatan yang di benci oleh Allah, menjadi sahabat setan, dan menjadi orang yang tersesat.
5.      Hikmah Perilaku Isyraf
a.       Setiap muslim dilarang mengikuti nafsu syahwat
b.      B.perbuatan melampaui batas merupakan wujud pengingkaran terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
B.     Tabzir
1.      Pengertian Tabzir
Tabzir adalah semua bentuk penggunaan harta untuk perbuatan haram atau makruh menurut syariat dalam Al Quran  dalam QS. Al Isra’ [17]: 26-27
2.      Bahaya Perilaku Tabzir
a.       Membantu orang lain dalam kemaksiatan
b.      Orang yang bersedekah tetapi tidak ikhlas
c.       Mengkonsumsi makanan yang membahayakan
3.      Menghindari Perilaku Tabzir
Mendapat murka Allah SWT, mendapat siksa paedih dan kesengsaraan di dunia dan diakhirat
4.      Hikmah Perilaku Tabzir
a.       Setiap muslim dilarang bersikap boros karena boros merupakan tabiat setan
b.      Larangan keras membelanjakan harta dengan cara sesuka hatinya.
C.    Bakhil
1.      Pengertian Bakhil/ Kikir
Bakhil adalah menahan harta yang seharusnya dia keluarkan. Dalam Al Quran yaitu QS Al-Isra’: 29-30 dan hadis Nabi SAW
2.      Bahaya Perilaku Bakhil
Dosa besar, mengikuti syetan, terhalang masuk surge, dan sempit Rizeki
3.      Menghindari Perilaku Bakhil
a.       Keyakinan bahwa segala sesuatu itu milik Allah
b.      Banyak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan
c.       Gemar melakukan kegiatan social dengan infak dan sedekah
d.      Memohon perlindungan dari Allah dari sifat bakhil/kikir
4.      Hikmah Perilaku Bakhil
1.salah satu akhlak tercela yang paling besar pengaruhnya bagi kehidupan seseorang adalah sifat bakhil
2. sifat bakhil adalah pokok dari semua kehinaan
3. manusia senantiasa berusaha menjauhkan diri dari sifat bakhil
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan saintifik, ceramah, Tanya jawab, diskusi
E.Strategi Pembelajaran
1. Pendahuluan
ü  Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama
ü  Mengabsensi kehadiran siswa
ü  Menyampaikan tujuan pembelajaran
ü  Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu menghindari akhlak tercela
2.Kegiatan Inti
3. Penutup
ü  Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
ü  Memberikan tugas /evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
ü  Member salam penutup
F.     Evaluasi Hasil Belajar
Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan / tertulis berbentuk esay)
G.    Sumber dan Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia nteraktif.
H.    Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
I.       Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis

FULL DOWNLOAD

MAKALAH MENARIK LAINNYA 
  1. teori nativisme (psikologi pendidikan)
  2. JARIMAH ZINA DAN QADZAF (FIQIH)
  3. WINRAR FULL PATC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar