BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
Semester
Genap
Bab
I: Menghindari Akhlak Tercela
A.
Judul
Judul buku yang kami telaah yaitu “Buku Siswa Akidah Akhlak
Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013”
B.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive, dan pro aktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji, dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu meggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi
Dasar (KD)
1.
Menyadari
kewajiban menghindari akhlak tercela seperti isyraf, tabzir, dan bakhil
2.
Menghindari
perbuatan isyraf, tabzir, dan bakhil, dalam kehidupan sehari-hari
3.
Memahami
pengertian dan bentuk isyraf, tabzir dan bakhil
4.
Menyajikan peta
konsep contoh dan cirri-ciri perilaku isyraf, tabzir, dan bakhil
D.
Tujuan dan
Orientasi
1.
Siswa dapat
menjelaskan pengertian isyraf, tabzir dan bakhil
2.
Siswa dapat
menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan isyraf, tabzir dan bakhil.
E.
Materi
Pelajaran Bab VIII (Menghindari Akhlak Tercela)
A.
Isyraf
1.
Pengertian
Isyraf
Isyraf
adalah tindakan seseorang yang melampaui batas yang telah ditentukan oleh
syariat islam. Dalam Al-Quran terdapat dalam QS. Al A’raf [7]: 31
2.
Bahaya Perilaku
Isyraf
Bekasnya
dapat menghilangkan keteguhan dan keseimbangan yang dituntut agama dalam
melaksanakan berbagai tanggung jawab hukum.
3.
Bentuk Perilaku
Isyraf
Menuruti
hawa nafsu, memamerkan harta, dan melakukan perbuatan yang sia-sia
4.
Menghindari
Perilaku Isyraf
Damapak
yang ditimbulkan akibat perbuatan isyraf yaitu perbuatan yang di benci oleh
Allah, menjadi sahabat setan, dan menjadi orang yang tersesat.
5.
Hikmah Perilaku
Isyraf
a.
Setiap muslim
dilarang mengikuti nafsu syahwat
b.
B.perbuatan melampaui
batas merupakan wujud pengingkaran terhadap nikmat yang telah diberikan oleh
Allah SWT.
B.
Tabzir
1.
Pengertian
Tabzir
Tabzir
adalah semua bentuk penggunaan harta untuk perbuatan haram atau makruh menurut
syariat dalam Al Quran dalam QS. Al
Isra’ [17]: 26-27
2.
Bahaya Perilaku
Tabzir
a.
Membantu orang
lain dalam kemaksiatan
b.
Orang yang
bersedekah tetapi tidak ikhlas
c.
Mengkonsumsi
makanan yang membahayakan
3.
Menghindari
Perilaku Tabzir
Mendapat
murka Allah SWT, mendapat siksa paedih dan kesengsaraan di dunia dan diakhirat
4.
Hikmah Perilaku
Tabzir
a.
Setiap muslim
dilarang bersikap boros karena boros merupakan tabiat setan
b.
Larangan keras
membelanjakan harta dengan cara sesuka hatinya.
C.
Bakhil
1.
Pengertian
Bakhil/ Kikir
Bakhil
adalah menahan harta yang seharusnya dia keluarkan. Dalam Al Quran yaitu QS
Al-Isra’: 29-30 dan hadis Nabi SAW
2.
Bahaya Perilaku
Bakhil
Dosa
besar, mengikuti syetan, terhalang masuk surge, dan sempit Rizeki
3.
Menghindari
Perilaku Bakhil
a.
Keyakinan bahwa
segala sesuatu itu milik Allah
b.
Banyak
bersyukur atas nikmat yang Allah berikan
c.
Gemar melakukan
kegiatan social dengan infak dan sedekah
d.
Memohon
perlindungan dari Allah dari sifat bakhil/kikir
4.
Hikmah Perilaku
Bakhil
1.salah
satu akhlak tercela yang paling besar pengaruhnya bagi kehidupan seseorang
adalah sifat bakhil
2.
sifat bakhil adalah pokok dari semua kehinaan
3.
manusia senantiasa berusaha menjauhkan diri dari sifat bakhil
D.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
saintifik, ceramah, Tanya jawab, diskusi
E.Strategi Pembelajaran
1. Pendahuluan
ü Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama
ü Mengabsensi kehadiran siswa
ü Menyampaikan tujuan pembelajaran
ü Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu menghindari
akhlak tercela
2.Kegiatan
Inti
3.
Penutup
ü Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian guru
menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
ü Memberikan tugas /evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
ü Member salam penutup
F.
Evaluasi Hasil
Belajar
Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil
belajar (tes lisan / tertulis berbentuk esay)
G.
Sumber dan
Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang
berkaitan, multimedia nteraktif.
H.
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk
pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
I.
Media
Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis
FULL DOWNLOAD
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar