Kamis, 12 Mei 2016

(ARINA NUR IZZATI) Membiasakan perilaku terpuji.


BAB II
DESKRIPSI KURIKILUM
Semester 1  Perilaku Terpuji.
1.      Standar Kompetensi : Membiasakan perilaku terpuji.
2.      Kompetensi Dasar :
-          Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudzon dan bertaubat,
-          Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku husnudzon dan bertaubat.
-          Menunjukkan nilai-nilai positif husnudzon dan bertaubat dalam fenomena kehidupan.
-          Menunjukkan perilaku bertaubat dan husnudzon.
3.      Tujuan Pembelajaran.
a.       Peserta didik mengetahui pengertian dan pentingnya husnudzon dan bertaubat.
b.      Peserta didik mengetahui bentuk dan contoh-contoh perilaku husnudzon dan bertaubat.
c.       Peserta didik mampu menunjukkan nila-nilai positif husnudzon dan bertaubat dalam fenomena kehidupan.
d.      Peserta didik mampu menunjukkan perilaku bertaubat dan husnudzon.
4.      Rangkuman Materi Pembelajaran.
a.       Pengertian Husnuzan
Husnuzan berarti berprasangka yang baik terhadap segala sesuatu.
b.      Pembagian an Bentuk Perilaku Husnuzan.
-          Husnuzan kepada Allah swt.
-          Husnuzan kepada diri sendiri.
-          Husnuzan kepada sesama manusia.
c.       Pengertian Tobat
Tobat berarti penyesalan terhadap perbuatan masa lalunya yang kelam, dan itikad manusia untuk tidak mengulangi dosa yang telah diperbuat.
d.      Macam-macam Tobat.
-          Tobat Awam (tobat manusia umum).
-          Tobat Khusus (tobat orang-orang khusus).
-          Tobat Akhas al-khawas.
e.       Hikmah Berperilaku Husnuzan dan Tobat.
-          Hikmah Husnuzan yaitu: Melahirkan kesadaran bagi umat manusia, bahwa segala sesuatu yang ada pada alam berjalan dengan ketentuan, aturan dan hukum Allah swt.
-          Hikmah Tobat yaiitu: Orang bertobat akan dicintai Allah swt.
5.      Metode Pembelajaran.
Metode yang digunakan yaitu metode ceramah.
6.      Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
-          Memberikan salam pembuka dengan ramah dan salam semangat yang disesuaikan.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-          Menggali pengetahuan mengenai ketauhidan manusia.
2.      Kegiatan Inti.
3.      Penutup          
-          Guru menyimpulkan kembali beberapa pon pembelajaran yang telah disampaikan.
-          Memberikan tugas dengan beberapa soal agar siswa lebih menguasai.
-          Memberi salam penutup.
7.      Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar melalui tes tertulis maupun tes tidak tertulis.
8.      Sumber dan Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan.
9.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu satu setengah jam, 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
10.   Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah slide dan papan tulis.

MAKALAH LENGKAP 

MAKALAH MENARIK LAINNYA 
  1. CURSOR LUCU UNTUK LEPI TERSAYANG 
  2. MACAM MACAM MAD (BTA) 
  3. PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar