BAB
II
DESKRIPSI
KURIKILUM
Semester
1 Perilaku Terpuji.
1. Standar Kompetensi
: Membiasakan perilaku terpuji.
2. Kompetensi Dasar :
-
Menjelaskan pengertian dan pentingnya
husnudzon dan bertaubat,
-
Mengidentifikasi bentuk dan
contoh-contoh perilaku husnudzon dan bertaubat.
-
Menunjukkan nilai-nilai positif
husnudzon dan bertaubat dalam fenomena kehidupan.
-
Menunjukkan perilaku bertaubat dan
husnudzon.
3. Tujuan Pembelajaran.
a.
Peserta didik mengetahui pengertian dan
pentingnya husnudzon dan bertaubat.
b.
Peserta didik mengetahui bentuk dan
contoh-contoh perilaku husnudzon dan bertaubat.
c.
Peserta didik mampu menunjukkan
nila-nilai positif husnudzon dan bertaubat dalam fenomena kehidupan.
d.
Peserta didik mampu menunjukkan perilaku
bertaubat dan husnudzon.
4. Rangkuman Materi Pembelajaran.
a.
Pengertian Husnuzan
Husnuzan berarti berprasangka yang
baik terhadap segala sesuatu.
b.
Pembagian an Bentuk Perilaku Husnuzan.
-
Husnuzan kepada Allah swt.
-
Husnuzan kepada diri sendiri.
-
Husnuzan kepada sesama manusia.
c.
Pengertian Tobat
Tobat berarti penyesalan terhadap
perbuatan masa lalunya yang kelam, dan itikad manusia untuk tidak mengulangi
dosa yang telah diperbuat.
d.
Macam-macam Tobat.
-
Tobat Awam (tobat manusia umum).
-
Tobat Khusus (tobat orang-orang khusus).
-
Tobat Akhas al-khawas.
e.
Hikmah Berperilaku Husnuzan dan Tobat.
-
Hikmah Husnuzan yaitu: Melahirkan
kesadaran bagi umat manusia, bahwa segala sesuatu yang ada pada alam berjalan
dengan ketentuan, aturan dan hukum Allah swt.
-
Hikmah Tobat yaiitu: Orang bertobat akan
dicintai Allah swt.
5. Metode Pembelajaran.
Metode
yang digunakan yaitu metode ceramah.
6.
Strategi Pembelajaran
1.
Pendahuluan
-
Memberikan salam pembuka dengan ramah
dan salam semangat yang disesuaikan.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Menggali pengetahuan mengenai ketauhidan
manusia.
2.
Kegiatan Inti.
3.
Penutup
-
Guru menyimpulkan kembali beberapa pon
pembelajaran yang telah disampaikan.
-
Memberikan tugas dengan beberapa soal
agar siswa lebih menguasai.
-
Memberi salam penutup.
7.
Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi
hasil belajar melalui tes tertulis maupun tes tidak tertulis.
8.
Sumber dan Referensi Pembelajaran
Referensi
yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan.
9.
Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu
pembelajaran adalah 90 menit, yaitu satu setengah jam, 10 menit untuk
pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
10. Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah slide dan papan tulis.
MAKALAH LENGKAP
MAKALAH MENARIK LAINNYA
- CURSOR LUCU UNTUK LEPI TERSAYANG
- MACAM MACAM MAD (BTA)
- PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar