MAKALAH
TELAAH MATERI FIKIH KELAS X MA
Disusun
Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Telaah Materi III
Dosen Mata Kuliah : Abdurrozaq Assowy, Drs.
Disusun oleh:
Kelompok VII
1. Isnanda
Setiawan Saputra (141310003058)
2. Malikatin
(141310003079)
3. Ali Sofyan (141310003058)
4. Fatkhiyatus Sholihah (141310003050)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM
NAHDLATUL ULAMA’ JEPARA
MAKALAH LENGKAP KLIK BAWAH
KUMPULAN MAKALAH LENGKAP
KUMPULAN MAKALAH LENGKAP
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Fikih
merupakan pedoman umat islam dalam persoalan-persoalan hukum dan ibadah dalam
islam yaitu peraturan-peraturan yang diperuntukkan kepada manusia sekaligus
bagaimana tata cara pelaksanaannya. Ada persoalan yang patut dijawab mengapa
terkadang kita menjumpai seseorang yang menjalankan suatu amalan atau ibadah
namun tata caranya berbeda dengan kita namun padahal sumber hukum perintah
ibadah tersebut dari sumber yang sama yaitu dari Al-Qur’an dan hadist.
Semua
materi yang bersangkutan tersebut dapat di peroleh melalui
pendidikan-pendidikan yang berbasis agama islam. Oleh karena itu adanya buku
FIKIH ini sangat penting untuk menunjang pembelajaran tersebut.
Akan tetapi
pada kenyataannya banyak sekali buku FIKIH yang materinya belum sesuai dengan
apa yang seharusnya dicapai oleh peserta didik sesuai dengan tingkatan
pendidikannya. Maka dari itu kecermatan dan ketelitian sangat di perlukan dalam
merancang materi yang akan di jadikan buku pedoman oleh peserta didik terutama untuk
guru pengajar, sekolah dan yayasan agar materi yang ada dalam buku tersebut
tidak membuat kesalah fahaman untuk peserta didik dan guru ajarnya.
Dalam
makalah ini, penulis akan mencoba menganalisis “Buku Siswa FIKIH Pendekatan
Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah Kelas X” baik itu dari segi profil dan
isi buku, urutan materi, kesesuaian dengan KD dan pencapaiannya dan lain-lain.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana penjelasan materi Fikih
kelas X MA?
2.
Bagaimana Melakukan telaah materi
Fikih kelas X MA?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Mengetahui penjelasan materi Fikih
kelas X MA
2. Mengetahui cara menelaah materi Fikih kelas X MA
BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
Semester I
BAB I IBADAH
FIKIH DAN IBADAH DALAM ISLAM
Ø KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawa, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunnjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
2.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingintahnya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
3.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan penembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
Ø KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Memahami konsep fikih dalam islam
2.
Melakukan ibadah berdasarkan
aturan fikih
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi siswa dapat membedakan
fikih, syari’ah, dan ibadah dengan benar.
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan ruang lingkup fikih dengan benar.
3. Melalui pendalaman materi siswa dapat
mencontohkan fikih dengan benar.
4.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan macam-macam ibadah dan karakteristiknya dengan baik.
5.
Melalui simulasi siswa dapat
mempraktikkan ibadah secara baik dan benar.
Ø RINGKASAN MATERI
1.
Menurut bahasa syari’ah artinya
jalan menuju tempat keluarnya air minum atau jalan lurus yang harus diikuti.
Menurut istilah syari’ah artinya hukum-hukum dan tata aturan Allah SWT yang di
tetapkan bagi hamba-Nya untuk diikuti.
2.
Tujuan Syari’ah Islam
-
Untuk memelihara agama (Hifz
A-din)
-
Memelihara jiwa (Hifz Alnafs)
-
Memelihara akal (Hifz Al-aql)
-
Memelihara keturunan (Hifz
Al-nasl)
-
Memelihara harta (Hifz Al-mal)
3.
Fikih merupakan bagia dari
syari’ah islamiyah, yaitu pengetahuan tentang hukum syari’ah islamiyah yang
berkaitan dengan perbuatan manusia yang telah dewasa dan berakal sehat
(mukallaf) dan diambil dari dalil yang terperinci.
4.
Ibadah adalah segala amal atau
perbuatan yang dicintai dan diridlai Allah baik berupa perkataan, perbatan atau
tingkah laku.
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan dalam bab ini yaitu metode ceramah dan diskusi.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai,
kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan
tersebut. Setelah guru menjelaskan materi yang dibahas, maka selanjutnya yaitu
siswa akan melakukan diskusi dengan teman sebangku atau kelompok, kemudian
siswa akan disuruh untuk mempersiapkan diri untuk mempresentasikan hasil
diskusi tersebut didepan kelas.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan
kesimpulan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut. Dan tuga pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Ø MEDIA PEMBELAJARAN
Media yang digunakan dalam
KBM yaitu buku paket sebagai pegangan siswa dan beberapa alat tulis. Bisa juga
menggunaka media power point agar lebih menarik.
Ø SUMBER REFRENSI
Sumber refrensi
yangdijadikan pedoman guru adalah buku paket guru dan buku-buku yang berkaitan
dengan materi ajar
BAB II PENGURUSAN JENAZAH DAN HIKMAHNYA
Ø KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Meyakini syari’at islam tentang
kewajiban penyelenggaraan jenazah.
2.
Memiliki rasa tanggung jawab
melalui materi penyelenggaraan jenazah.
3.
Menjelaskan tata cara pengurusan
jenazah dan hikmahnya.
4.
Memperagakan tata cara
penyelenggaraan jenazah.
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan
kewajiban umat islam terhadap orang yang meninggal dengan benar.
2.
Melalui pengamatan siswa dapat
menjelaskan tata cara memandikan jenazah dengan benar.
3.
Melalui pengamatan siswa dapat
menjelaskan tata cara mengkafani jenazah dengan benar.
4.
Melalui pengamatan siswa dapat
menjelaskan tata cara mensholati jenazah dengan benar.
5.
Melalui pengamatan siswa dapat
menjelaskan tata cara menguburkan jenazah dengan benar.
6.
Melalui simulasi siswa dapat
memperagakan tata cara pengurusan jenazah dengan baik dan benar.
Ø RINGKASAN MATERI
Setiap manusia pasti akan
mengalami kematian yang didahului dengan sakarotul maut. Ada 4 hal yang
dilakukan oleh keluarga yang telah ditinggal mati yang hukumnya fardlu kifayah,
yaitu:
-
Memandikan jenazah
-
Mengkafani jenazah
-
Menshalatkan jenazah
-
Menguburkan jenazah
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah, diskusi
kelompok dan metode praktik.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Pada bab ini sebaiknya
evaluasi menggunakan metode praktik kepada siswa dengan menggunakan sistem
kelompok pada akhir bab, karena jika bab ini hanya di ceramah saja, maka
kemungkinan besar siswa banyak yang bingung tentang pelajaran pada bab ini
karena meterinya yang lumayan rumit. Pada bab ini juga menggunakan evaluasi UTS
dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Ø MEDIA PEMBELAJARAN
Media yang digunakan dalam
KBM yaitu buku paket sebagai pegangan siswa dan beberapa alat tulis. Bisa juga
menggunaka media video agar lebih menarik da siswa dapat melihat tata cara
kepengurusan jenazah yang baik dan benar.
BAB III ZAKAT
DAN HIKMAHNYA
Ø KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Menjelaskan ketentuan islam
tentang zakat dan hikmahnya.
2.
Mengidentifikasi undang-undang
pengelolaan zakat
3.
Menunjukkan contoh penerapan
ketentuan zakat
4.
Menunjukkan cara pelaksanaan zakat
sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan ketentuan-ketentuan zakat dalam islam dengan benar
2.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan macam-macam zakat dengan baik dan benar
3.
Melalui penelaahan siswa dapat
memberikan contoh penerapan zakat sesuai dengan undang-undang dengan benar
4.
Melalui latihan siswa dapat
mempraktikkan penghitungan zakat
Ø RINGKASAN MATERI
Zakat adalah sesuatu yang
hukumnya wajib diberikan dari sekumpulan harta benda tertentu, menurut sifat
dan ukuran tertentu kepada golongan tertentu yang berhak menerimanya. Hukum
mengeluarkan zakat adalah fardlu ‘ain.
Zakat ada dua macam yaitu zakat
fitrah dan zakat mal. Yang berhak menerima zakat ada 8 kelompok atau
golongan, yaitu faqir, miskin, amil, muallaf, buak, gharim, fisabilillah,
ibnu sabil.
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode ceramah, diskusi kelompok.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan
di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa
soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan
tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Ø MEDIA PEMBELAJARAN
Media yang digunakan dalam
KBM yaitu buku paket sebagai pegangan siswa dan beberapa alat tulis. Bisa juga
menggunaka media power point.
BAB IV HAJI DAN UMROH
Ø KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Menunjukkan sikap kerjasama,
tolong menolong melalui praktik pelaksanaan haji.
2.
Memiliki sikap patuh terhadap
undang-undang penyelenggaraan haji dan umroh.
3.
Menjelaskan ketentuan islam
tentang haji dan umroh beserta hikmahnya.
4.
Mengidentifikasi undang-undang
penyelenggaraan haji dan umroh.
5.
Menunjukkan contoh penerapan
macam-macam manasik haji.
6.
Mempraktikkan pelaksanaan manasik
haji sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi siswa dapat
menunjukkan contoh kerjasama dan tolong menolong dalam pelaksanaan ibadah haji
dengan benar.
2.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan ketentuan islam tentang haji dan umroh dengan benar.
3.
Melalui penelaahan siswa dapat
mengidentifikasi undang-undang penyelenggaraan haji dengan baik.
4.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menunjukkan contoh penerapan macam-macam manasik hajidengan baik.
5.
Melalui pengamatan simulasi siswa
dapat mempraktikkan pelaksanaan manasik haji sesuai dengan ketentuan
perundang-undangan tentang haji.
6.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan hikmah pelaksanaan ibadah haji dengan baik.
Ø RINGKASAN MATERI
Haji adalah
menyengaja mengunjungi ka’bah untuk mengerjakan ibadah yang meliputi thawaf,
sa’i, wuquf, dan ibadah- ibadah lainnya untuk memenuhi perintah Allah SWT. dan
mengharapkan keridlaan-Nya dalam waktu yang telah ditentukan. Hukumnya wajib
‘ain, sekali seumur hidup bagi setiap muslim yang telah mukallaf dan mampu
melaksanakannya.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan haji diantaranya adalah
syarat-syarat wajib haji, rukun haji dan wajib haji. Sedangkan macam-macam
manasik haji adalah haji ifrad, haji
tamattu’, haji qiran.
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode ceramah, diskusi kelompok.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai
tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Ø MEDIA PEMBELAJARAN
Media yang digunakan dalam
KBM yaitu buku paket sebagai pegangan siswa dan beberapa alat tulis. Bisa juga
menggunaka media power point.
BAB V QURBAN
DAN AQIQAH
Ø KOMPETENSI DASAR
1.
Menjelaskan tata cara
pelaksanaanQurban dan Aqiqah serta hikahnya.
2.
Menerapkan pelaksanaan Qurban dan
Aqiqah
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan tata cara pelaksanaan qurban da aqiqah dengan benar.
2.
Melalui pengamatan simulasi siswa
dapat mempraktikkan car pelaksanaan kurban danaqiqah dengan benar.
3.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan hikmah qurban dan aqiqah dengan baik.
Ø RINGKASAN MATERI
Qurban
adalah menyembelih hewan dengan niat beribadah untuk mendekatkandiri kepada
Allah SWT. dengan syarat-syarat dan waktu tertentu. Hukum ibadah qurban adalah
sunnah mu’akkad. Sedangkan waktu penyembelihan qurban adalah sejak selesai
shalat idul adha (10 Dzulhijjah) sampai terbenam matahari tanggal 13
dzulhijjah. Ketentuan hewan qurban adalah binatang ternak yaitu domba, sapi dan
unta.
Aqiqah
adalah benatang yang disenbelih pada saat hari ke-7 atau kelipatan 7 dari
kelahiran bayi yang disertai dengan mencukur rambut dan memberi nama pada bayi.
Hukum aqiqah adalah sunnah bagi orang tua yang memiliki kewajiban menanggung
nafkah hidup si anak, dan ketentuan hewan aqiqah sama denganketentuan hewan
qurban.
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai
tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
BAB VI KEPEMILIKAN DALAM ISLAM
Ø KOMPETENSI DASAR
1.
Memahami aturan islam tentang
kepemilikan.
2.
Memperagakan aturan islam tentang
kepemilikan dan akad
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan aturan islam tentang kepemilikan dengan benar.
2.
Melaluia tanya jawab siswa dapat
menjelaskan sebab-sebab kepemilikan dengan benar.
3.
Melalui penelaahan siswa dapat
menyebutkan macam-macam kepemilikan dengan benar.
4.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan ketentuan akad dengan benar.
5.
Melalui pengamatan simulasi siswa
dapat memperagakan akad dengan baik dan benar.
Ø RINGKASAN MATERI
Kepemilikan
adalah suatu harta atau barang yang secara hulum dapat dimiliki oleh seseorang
untuk dimanfaatkan dan dibenarkan untukdipindahkan penguasaannya kepadaorang
lain. Menjaga dan mempertahankan hak milik hukumnya wajib.
Kepemilikan
ada 3 macam yaitu : kepemilikan penuh, kepemilikan materi, kepemilikan manfaat.
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai
tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu
tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit
untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5
menit untuk berdo’a bersama.
BAB VII PEREKONOMIAN
DALAM ISLAM
Ø KOMPETENSI DASAR
1.
Menjelaskan tata cara model-model
transaksi ekonomi islam.
2.
Menerapkan cara beragam jenis
model transaksi ekonomi islam.
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan tata cara pelaksanaan ekonomi islam.
2.
Melalui pengamatan imulasi siswa
dapat mempraktikkan cara pelaksanaan ekonomi islam dengan benar.
3.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan hikmah perekonomian islam dengan baik.
Ø RINGKASAN MATERI
Jual beli
adalah suatu transaksi tukar menukar barang atau harta yang mengakibatkan
pemindahan hak milik sesuai dengan syarat dan rukun tertentu. Hukum jual beli
adalah boleh.
Dalam
memilih barang yang akan diperjual belikan atau bisa di sebut dengan khiyar ada 3 macam yaitu :
-
Khiyar majlis
-
Khiyar syarat
-
Khiyar albi
Dalam
bidang pertanian terdapat 3 macam kerjasama yaitu Musaqah, Mukhabarah, Muzara’ah.
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai
tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu
tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit
untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5
menit untuk berdo’a bersama
BAB VIII PELEPASAN
DAN PERUBAHAN KEPEMILIKAN HARTA
Ø KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Memahami ketentuan islam tentang waqaf,
hibah, sedekah, dan hadiah
2.
Mempraktikkan cara pelaksanaan
waqaf, hibah, sedekah, dan hadiah
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan bagian-bagian dari plepasan dan perubahan harta
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan tatacara hibah
3.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan tatacara sodaqoh dan hadiah
4.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan tatacara waqaf
5.
Melalui pengamatan siswa dapat
mempraktikkan tata hibah, sodaqoh, hadiah dan waqaf
Ø RINGKASAN MATERI
Hibah adalah akad pemberian harta milik seseorang kepada orang lain
diwaktu ia hidup tanpa adanya imbalan sebagai tanda kasih sayang. Memberikan sesuatu kepada orang lain, asal
barang atau harta itu halal termasuk perbuatan terpuji dan mendapat pahala dari
Allah Swt. Untuk itu hibah hukumnya mubah. Utuk itu ada beberapa bagian
diantaranya :
1.
Rukun dan Syarat Hibah
2.
Mencabut Hibah
3.
Rukun Sodaqoh dan Hadiah
4.
Rukun Waqaf
5.
Syarat Waqaf
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode diskusi, yaitu mempresentasikan atau menjelaskan
materi yang sedang dipelajari. Metode diskusi merupakan pembelajaran yang
bersifat interaktif.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai
guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai
tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Semester
II
BAB IX WAKALAH
DAN SULHU
Ø KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Menunjukkan rasa tanggung jawab
melalui materi wakalah dan sulhu
2.
Menjelaskan ketentuan islam
tentang wakalah dan sulhu
3.
Menerapkan cara wakalah dan sulhu
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menunjukkan contoh rasa tanggung jawab melalui materi wakalah dan sulhu
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan ketentuan islam tentang wakalah dan sulhu dengan benar
3.
Melalui simulasi siswa dapat
mempraktikkan wakalah dan sulhu dengan baik
Ø RINGKASAN MATERI
Wakalah adalah mewakilkan atau menyerahkan pekerjaan kepada orang lain
agar bertindak atas nama orang yang mewakilkan selama batas waktu yang di
tentukan.
Asal hukum wakalah adalah mubah, tapi bisa menjadi haram bila yang
dikuasakan itu adalah pekerja yang haram atau dilarang oleh agama dan menjadi
wajib kalau terpaksa harus mewakilkan dalam pekerjaan yang dibolehkan oleh
agama. Dalam BAB ini terdapat beberapa bagian diantaranya:
1.
Rukun dan syarat wakalah
2.
Rukun dan syarat sulhu
3.
Macam-macam perdamaian
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai
tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
BAB X DAMMAN DAN KAFALAH
Ø KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Memahami ketentuan islam tentang
damman dan kafalah
2.
Mempraktikkan damman dan kafalah
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan ketentuan islam tentang damman dan kafalah dengan benar
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat
membedakan antara damman dan kafalah dengan benar
3.
Melalui simulasi siswa dapat
mempraktikkan cara damman dan kafalah dengan baik dan benar.
Ø RINGKASAN MATERI
Damman adalah suatu ikrar
atau lafadz yang disampaikan berupa perkataan atau perbuatan untuk menjamin
pelunasan hutang seseorang. Dengan demikian, kewajiban membayar hutang atau
tanggungan itu berpindah dari orang yang berhutang kepada orang yang menjamin
pelunasan hutangnya.
Damman hukumnya boleh dan
sah dalam arti diperbolehkan oleh syari’at islam, selama tidak menyangkut
kewajiban yang berkaitan dengan hak-hak Allah.
Kafalah adalah menanggung
atau menjamin seseorang untuk dapat dihadirkan dalam suatu tuntutan hukum di pengadilan pada saat ditempat yang
ditentukan.
Dalam materi damman dan
kafalah ini terdapat syarat-syarat dan rukun.
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului
dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama
selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai
tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
BAB XI RIBA,
BANK DAN ASURANSI
Ø KOMPETENSI DASAR (KD)
1.
Menganalisis hukum riba, bank, dan
asuransi
2.
Menunjukkan contoh tentang praktik
ribawi
Ø TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan tentang riba dan jenis-jenisnya dengan benar.
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menyebutkan macam-macam bank dengan benar
3.
Melalui diskusi siswa dapat
menjelaskan tentang ketentuan bank syariah dengan benar
4.
Melalui penelaahan siswa dapat
menganalisa hukum riba, bank dan asuransi dengan baik
5.
Dengan pengamatan siswa dapat
menunjukkan beberapa contoh tentang praktik riba dalam masyarakat.
Ø RINGKASAN MATERI
Riba adalah pengambilan tambahan baik dalam transaksi jual beli, maupun
pinjam meminjam secatra bathil atau bertentanagan dengan prinsip mu’amalat
dalam islam. Riba ada 4 macam yaitu: qord, fadl, nasiah, dan yad. Riba hukumnya
Haram.
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalam bentuk
simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakatdalam rangka meningkatkan taraf
hidup rakyat banyak. Bank terbagi menjadi 2 macam yaitu: bank konvensional dan
bank syariah
Asuransi adalah suatu persetujuan dimana pihak yang menjamin berjanji
kepada pihak yang dijamin untuk menerim sejumlah uang premi sebagai pengganti
kerugian yang mungkin akan diderita oleh yang dijamin karena akibat dari satu
peristiwa yang belum jelas akan terjadi. Hukum dari asuransi tersebut di
perbolehkan selama tidak bertentangan dengan syariat islam.
Ø METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
pada BAB ini adalah metode pemecahan masalah (problem solving method)
Ø STRATEGI PEMBELAJARAN
-
Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan
salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru
menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-
Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi
pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-
Penutup
Setelah proses kegiatan inti
selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a
bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar
akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi
beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai
tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu
90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut,
yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi
bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama
BAB III
ANALISIS
A.
Analisis profil dan isi buku
Buku yang dianalaisis dalam makalah ini
berjudul buku siswa fikih pendekatan saintifik kurikulum 2013 untuk madrasah
aliyah, yang dikontributor naskah oleh ahmad alfan, ahmad taufiq wahyudi AS, tri bimo soewarno
dan diterbitkan oleh kementrian agama republik indonesia 2015. Di sampul depan yang berwarna hijau kekuningan
terdapat ilustrasi gambar ka’bah dan ribuan orang beribadah.
Buku yang ditulis dengan mengacu pada
kurikulum 2013 ini dimulai dengan kata pengantar, pedoman transliteri
arab-latin, daftar isi, lalu masuk ke materi 1 sampai pelajaran ke-11. Buku ini
juga dilengkapi illustrasi gambar yang cukup relevan pada awal setiap judul
bab, karena bisa terihat bagus dan memperjelas dari sub bab. Bagian isi buku
ini diakhiri dengan daftar pustaka.
Bahasa indonesia yang digunakan dibuku
ini sudah cukup dapat dipahami mengingat tidak banyak kesalahan penggunaan
kata-kata yang sia-sia secara umum bahasa yang digunakan cukup baik. Alur
cerita yang dipaparkan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami walaupun
terdapat beberapa bahasa yang begitu kurang dipahami oleh siswa, namun menurut
kami hal tersebut tidak mempengaruhi pemahaman siswa.
B.
Analisa Kronologi atau Urutan
Materi
Setelah
kelompok kami mencermati dengan seksama terhadap urutan penyajian materi pada “Buku
Siswa FIKIH Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah Kelas X” maka
penulis menyimpulkan bahwa kronologi urutan materinya sudah cukup baik dan
sesuai dengan kebutuhan siswa kelas X MA. Dengan begitu siswa akan merasa
nyaman dengan adanya buku ini.
C.
Analisa Relevansi Kesesuaian
Materi dengan SK
|
D.
Analisa Relevansi Materi dengan
Kebutuhan Siswa
Menurut
kelompok kami, relevansi materi dengan kebutuhan siswa sudah baik dan sesuai
dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa-siswi kelas 10 MA. Karena materi yang
terdapat di buku “Buku Siswa FIKIH Saintifik Kurikulum 2013 Untuk MA” ini
sangat bermanfaat bagi kehidupan siswa sehari-hari setelah siswa-siswi
mendapatkan materi dari buku ini dan tercermin pada kehidupan siswa-siswi
kelak.
E.
Analisis SWOT
1.
Strengths (Kekuatan)
Dalam buku ini menggunakan kurikilum 2013 yang mengharuskan peserta didik mempunyai kepribadian diri yang aktif, kreatif, dan inovatif, dalam buku ini juga mempunyai tujuan pembelajaran yang bagus, yaitu mengharuskan peserta didik dapat memahami, menjelaskan, dan dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari – hari, sehingga mereka dapat membedakan antara hal –hal yang baik dengan yang buruk yang sesuai ajaran – ajaran syariat islam.
2.
Weaknesses (Kelemahan)
Dalam buku ini materi yang di ajarkan kurang begitu lengkap, dan juga pembagian waktu, kompeensi inti (KI)
terlalu rumit sehingga pendidik kurang maksimal dalam menyampaikan materi dan dampaknya peserta didik juga kurang meksimal dalam menerima materi sehingga proses belajar – mengajar kurang begitu maksimal, dalam pembagian waktu belajar yang cuma 25 menit untuk diskusi sehingga pembahasan materi kurang maksimal.
3.
Opportunities (Kesempatan)
Kurikulum 2013 di kembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, secara professional juga
memberikan peluang kepada guru – guru PAI untuk mengembangkan dan menerapkan pada peserta didiknya, kurikulum 2013 lebih menitik beratkan pada beberapa aspek diantaranya : sikap spiritual,
sikapsosial, pengetahuan, dan ketrampilan yang berfugsi sebagai tuntutan kebutuhan peserta didik setelah LULUS dari MA
(Madrasah) tersebut, sehingga peserta didik di tuntut untuk lebih bersungguh – sungguh dalam mempelajari materi – materi yang mereka terima.
4.
Threats (Ancaman)
Dalam kurikulum 2013 strategi yang di ajarkan mengharuskan peserta didik untuk memahami materi yang di ajarkan secara langsung, sehingga mereka kurang begitu siap dan menjadi sebuah beban tersendiri dalam pemahaman materi yang di terima, dan juga
dalam kurikulum 2013 rumayan banyak kekurangan yang mengakibatkan
para guru lebih memilih mengacu pada buku lain dan berpegang pada buku lain yang di anggap lebih lengkap, mudah di pahami dari pada buku kurikulum 2013.
FULL DOWNLOAD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar