Sabtu, 14 Mei 2016

KELOMPOK 7 (TELAAH MATERI FIKIH KELAS X MA)


MAKALAH
TELAAH MATERI FIKIH KELAS X MA
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Telaah Materi III
Dosen Mata Kuliah  : Abdurrozaq Assowy, Drs.




Disusun oleh:
                   Kelompok VII
1.    Isnanda Setiawan Saputra                (141310003058)
2.    Malikatin                                           (141310003079)
3.    Ali Sofyan                                         (141310003058)
4.    Fatkhiyatus Sholihah                                    (141310003050)

 

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
 UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA’ JEPARA
MAKALAH LENGKAP KLIK BAWAH
KUMPULAN MAKALAH LENGKAP
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Fikih merupakan pedoman umat islam dalam persoalan-persoalan hukum dan ibadah dalam islam yaitu peraturan-peraturan yang diperuntukkan kepada manusia sekaligus bagaimana tata cara pelaksanaannya. Ada persoalan yang patut dijawab mengapa terkadang kita menjumpai seseorang yang menjalankan suatu amalan atau ibadah namun tata caranya berbeda dengan kita namun padahal sumber hukum perintah ibadah tersebut dari sumber yang sama yaitu dari Al-Qur’an dan hadist.
Semua materi yang bersangkutan tersebut dapat di peroleh melalui pendidikan-pendidikan yang berbasis agama islam. Oleh karena itu adanya buku FIKIH ini sangat penting untuk menunjang pembelajaran tersebut.
Akan tetapi pada kenyataannya banyak sekali buku FIKIH yang materinya belum sesuai dengan apa yang seharusnya dicapai oleh peserta didik sesuai dengan tingkatan pendidikannya. Maka dari itu kecermatan dan ketelitian sangat di perlukan dalam merancang materi yang akan di jadikan buku pedoman oleh peserta didik terutama untuk guru pengajar, sekolah dan yayasan agar materi yang ada dalam buku tersebut tidak membuat kesalah fahaman untuk peserta didik dan guru ajarnya.
Dalam makalah ini, penulis akan mencoba menganalisis “Buku Siswa FIKIH Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah Kelas X” baik itu dari segi profil dan isi buku, urutan materi, kesesuaian dengan KD dan pencapaiannya dan lain-lain.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana penjelasan materi Fikih kelas X MA?
2.      Bagaimana Melakukan telaah materi Fikih  kelas X MA?
C.     Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui penjelasan materi Fikih kelas X MA
2.   Mengetahui cara menelaah materi Fikih  kelas X MA

 
BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM

Semester I
BAB I IBADAH FIKIH DAN IBADAH DALAM ISLAM
Ø  KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawa, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunnjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
2.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingintahnya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
3.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan penembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Ø  KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Memahami konsep fikih dalam islam
2.      Melakukan ibadah berdasarkan aturan fikih
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui diskusi siswa dapat membedakan fikih, syari’ah, dan ibadah dengan benar.
2.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan ruang lingkup fikih dengan benar.
3.   Melalui pendalaman materi siswa dapat mencontohkan fikih dengan benar.

4.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan macam-macam ibadah dan karakteristiknya dengan baik.
5.      Melalui simulasi siswa dapat mempraktikkan ibadah secara baik dan benar.
Ø  RINGKASAN MATERI
1.      Menurut bahasa syari’ah artinya jalan menuju tempat keluarnya air minum atau jalan lurus yang harus diikuti. Menurut istilah syari’ah artinya hukum-hukum dan tata aturan Allah SWT yang di tetapkan bagi hamba-Nya untuk diikuti.
2.      Tujuan Syari’ah Islam
-          Untuk memelihara agama (Hifz A-din)
-          Memelihara jiwa (Hifz Alnafs)
-          Memelihara akal (Hifz Al-aql)
-          Memelihara keturunan (Hifz Al-nasl)
-          Memelihara harta (Hifz Al-mal)
3.      Fikih merupakan bagia dari syari’ah islamiyah, yaitu pengetahuan tentang hukum syari’ah islamiyah yang berkaitan dengan perbuatan manusia yang telah dewasa dan berakal sehat (mukallaf) dan diambil dari dalil yang terperinci.
4.      Ibadah adalah segala amal atau perbuatan yang dicintai dan diridlai Allah baik berupa perkataan, perbatan atau tingkah laku.
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan dalam bab ini yaitu metode ceramah dan diskusi.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut. Setelah guru menjelaskan materi yang dibahas, maka selanjutnya yaitu siswa akan melakukan diskusi dengan teman sebangku atau kelompok, kemudian siswa akan disuruh untuk mempersiapkan diri untuk mempresentasikan hasil diskusi tersebut didepan kelas.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan kesimpulan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut. Dan tuga pada UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Ø  MEDIA PEMBELAJARAN
Media yang digunakan dalam KBM yaitu buku paket sebagai pegangan siswa dan beberapa alat tulis. Bisa juga menggunaka media power point agar lebih menarik.
Ø  SUMBER REFRENSI
Sumber refrensi yangdijadikan pedoman guru adalah buku paket guru dan buku-buku yang berkaitan dengan materi ajar

BAB II PENGURUSAN JENAZAH DAN HIKMAHNYA
Ø  KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Meyakini syari’at islam tentang kewajiban penyelenggaraan jenazah.
2.      Memiliki rasa tanggung jawab melalui materi penyelenggaraan jenazah.
3.      Menjelaskan tata cara pengurusan jenazah dan hikmahnya.
4.      Memperagakan tata cara penyelenggaraan jenazah.
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan kewajiban umat islam terhadap orang yang meninggal dengan benar.
2.      Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan tata cara memandikan jenazah dengan benar.
3.      Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan tata cara mengkafani jenazah dengan benar.
4.      Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan tata cara mensholati jenazah dengan benar.
5.      Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan tata cara menguburkan jenazah dengan benar.
6.      Melalui simulasi siswa dapat memperagakan tata cara pengurusan jenazah dengan baik dan benar.
Ø  RINGKASAN MATERI
Setiap manusia pasti akan mengalami kematian yang didahului dengan sakarotul maut. Ada 4 hal yang dilakukan oleh keluarga yang telah ditinggal mati yang hukumnya fardlu kifayah, yaitu:
-          Memandikan jenazah
-          Mengkafani jenazah
-          Menshalatkan jenazah
-          Menguburkan jenazah
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah, diskusi kelompok dan metode praktik.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.

-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Pada bab ini sebaiknya evaluasi menggunakan metode praktik kepada siswa dengan menggunakan sistem kelompok pada akhir bab, karena jika bab ini hanya di ceramah saja, maka kemungkinan besar siswa banyak yang bingung tentang pelajaran pada bab ini karena meterinya yang lumayan rumit. Pada bab ini juga menggunakan evaluasi UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Ø  MEDIA PEMBELAJARAN
Media yang digunakan dalam KBM yaitu buku paket sebagai pegangan siswa dan beberapa alat tulis. Bisa juga menggunaka media video agar lebih menarik da siswa dapat melihat tata cara kepengurusan jenazah yang baik dan benar.

BAB III ZAKAT DAN HIKMAHNYA
Ø  KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Menjelaskan ketentuan islam tentang zakat dan hikmahnya.
2.      Mengidentifikasi undang-undang pengelolaan zakat
3.      Menunjukkan contoh penerapan ketentuan zakat
4.      Menunjukkan cara pelaksanaan zakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan ketentuan-ketentuan zakat dalam islam dengan benar
2.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan macam-macam zakat dengan baik dan benar
3.      Melalui penelaahan siswa dapat memberikan contoh penerapan zakat sesuai dengan undang-undang dengan benar
4.      Melalui latihan siswa dapat mempraktikkan penghitungan zakat
Ø  RINGKASAN MATERI
Zakat adalah sesuatu yang hukumnya wajib diberikan dari sekumpulan harta benda tertentu, menurut sifat dan ukuran tertentu kepada golongan tertentu yang berhak menerimanya. Hukum mengeluarkan zakat adalah fardlu ‘ain.
Zakat ada dua macam yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Yang berhak menerima zakat ada 8 kelompok atau golongan, yaitu faqir, miskin, amil, muallaf, buak, gharim, fisabilillah, ibnu sabil.
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah, diskusi kelompok.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Ø  MEDIA PEMBELAJARAN
Media yang digunakan dalam KBM yaitu buku paket sebagai pegangan siswa dan beberapa alat tulis. Bisa juga menggunaka media power point.
BAB IV HAJI DAN UMROH
Ø  KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Menunjukkan sikap kerjasama, tolong menolong melalui praktik pelaksanaan haji.
2.      Memiliki sikap patuh terhadap undang-undang penyelenggaraan haji dan umroh.
3.      Menjelaskan ketentuan islam tentang haji dan umroh beserta hikmahnya.
4.      Mengidentifikasi undang-undang penyelenggaraan haji dan umroh.
5.      Menunjukkan contoh penerapan macam-macam manasik haji.
6.      Mempraktikkan pelaksanaan manasik haji sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui diskusi siswa dapat menunjukkan contoh kerjasama dan tolong menolong dalam pelaksanaan ibadah haji dengan benar.
2.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan ketentuan islam tentang haji dan umroh dengan benar.
3.      Melalui penelaahan siswa dapat mengidentifikasi undang-undang penyelenggaraan haji dengan baik.
4.      Melalui tanya jawab siswa dapat menunjukkan contoh penerapan macam-macam manasik hajidengan baik.
5.      Melalui pengamatan simulasi siswa dapat mempraktikkan pelaksanaan manasik haji sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
6.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan hikmah pelaksanaan ibadah haji dengan baik.
Ø  RINGKASAN MATERI
Haji adalah menyengaja mengunjungi ka’bah untuk mengerjakan ibadah yang meliputi thawaf, sa’i, wuquf, dan ibadah- ibadah lainnya untuk memenuhi perintah Allah SWT. dan mengharapkan keridlaan-Nya dalam waktu yang telah ditentukan. Hukumnya wajib ‘ain, sekali seumur hidup bagi setiap muslim yang telah mukallaf dan mampu melaksanakannya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan haji diantaranya adalah syarat-syarat wajib haji, rukun haji dan wajib haji. Sedangkan macam-macam manasik haji adalah haji ifrad, haji tamattu’, haji qiran.
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah, diskusi kelompok.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.


-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
Ø  MEDIA PEMBELAJARAN
Media yang digunakan dalam KBM yaitu buku paket sebagai pegangan siswa dan beberapa alat tulis. Bisa juga menggunaka media power point.

BAB V QURBAN DAN AQIQAH
Ø  KOMPETENSI DASAR
1.      Menjelaskan tata cara pelaksanaanQurban dan Aqiqah serta hikahnya.
2.      Menerapkan pelaksanaan Qurban dan Aqiqah
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan tata cara pelaksanaan qurban da aqiqah dengan benar.
2.      Melalui pengamatan simulasi siswa dapat mempraktikkan car pelaksanaan kurban danaqiqah dengan benar.
3.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan hikmah qurban dan aqiqah dengan baik.


Ø  RINGKASAN MATERI
Qurban adalah menyembelih hewan dengan niat beribadah untuk mendekatkandiri kepada Allah SWT. dengan syarat-syarat dan waktu tertentu. Hukum ibadah qurban adalah sunnah mu’akkad. Sedangkan waktu penyembelihan qurban adalah sejak selesai shalat idul adha (10 Dzulhijjah) sampai terbenam matahari tanggal 13 dzulhijjah. Ketentuan hewan qurban adalah binatang ternak yaitu domba, sapi dan unta.
Aqiqah adalah benatang yang disenbelih pada saat hari ke-7 atau kelipatan 7 dari kelahiran bayi yang disertai dengan mencukur rambut dan memberi nama pada bayi. Hukum aqiqah adalah sunnah bagi orang tua yang memiliki kewajiban menanggung nafkah hidup si anak, dan ketentuan hewan aqiqah sama denganketentuan hewan qurban.
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.

BAB VI KEPEMILIKAN DALAM ISLAM
Ø  KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami aturan islam tentang kepemilikan.
2.      Memperagakan aturan islam tentang kepemilikan dan akad
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan aturan islam tentang kepemilikan dengan benar.
2.      Melaluia tanya jawab siswa dapat menjelaskan sebab-sebab kepemilikan dengan benar.
3.      Melalui penelaahan siswa dapat menyebutkan macam-macam kepemilikan dengan benar.
4.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan ketentuan akad dengan benar.
5.      Melalui pengamatan simulasi siswa dapat memperagakan akad dengan baik dan benar.
Ø  RINGKASAN MATERI
Kepemilikan adalah suatu harta atau barang yang secara hulum dapat dimiliki oleh seseorang untuk dimanfaatkan dan dibenarkan untukdipindahkan penguasaannya kepadaorang lain. Menjaga dan mempertahankan hak milik hukumnya wajib.
Kepemilikan ada 3 macam yaitu : kepemilikan penuh, kepemilikan materi, kepemilikan manfaat.
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.
BAB VII PEREKONOMIAN DALAM ISLAM
Ø  KOMPETENSI DASAR
1.      Menjelaskan tata cara model-model transaksi ekonomi islam.
2.      Menerapkan cara beragam jenis model transaksi ekonomi islam.
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan tata cara pelaksanaan ekonomi islam.
2.      Melalui pengamatan imulasi siswa dapat mempraktikkan cara pelaksanaan ekonomi islam dengan benar.
3.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan hikmah perekonomian islam dengan baik.
Ø  RINGKASAN MATERI
Jual beli adalah suatu transaksi tukar menukar barang atau harta yang mengakibatkan pemindahan hak milik sesuai dengan syarat dan rukun tertentu. Hukum jual beli adalah boleh.
Dalam memilih barang yang akan diperjual belikan atau bisa di sebut dengan khiyar ada 3 macam yaitu :
-          Khiyar majlis
-          Khiyar syarat
-          Khiyar albi
Dalam bidang pertanian terdapat 3 macam kerjasama yaitu Musaqah, Mukhabarah, Muzara’ah.
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.

Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama

BAB VIII PELEPASAN DAN PERUBAHAN KEPEMILIKAN HARTA
Ø  KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Memahami ketentuan islam tentang waqaf, hibah, sedekah, dan hadiah
2.      Mempraktikkan cara pelaksanaan waqaf, hibah, sedekah, dan hadiah
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan bagian-bagian dari plepasan dan perubahan harta
2.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan tatacara hibah
3.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan tatacara sodaqoh dan hadiah
4.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan tatacara waqaf
5.      Melalui pengamatan siswa dapat mempraktikkan tata hibah, sodaqoh, hadiah dan waqaf
Ø  RINGKASAN MATERI
Hibah adalah akad pemberian harta milik seseorang kepada orang lain diwaktu ia hidup tanpa adanya imbalan sebagai tanda kasih sayang.  Memberikan sesuatu kepada orang lain, asal barang atau harta itu halal termasuk perbuatan terpuji dan mendapat pahala dari Allah Swt. Untuk itu hibah hukumnya mubah. Utuk itu ada beberapa bagian diantaranya :
1.      Rukun dan Syarat Hibah
2.      Mencabut Hibah
3.      Rukun Sodaqoh dan Hadiah
4.      Rukun Waqaf
5.      Syarat Waqaf

Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode diskusi, yaitu mempresentasikan atau menjelaskan materi yang sedang dipelajari. Metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.




Semester II
BAB IX WAKALAH DAN SULHU
Ø  KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Menunjukkan rasa tanggung jawab melalui materi wakalah dan sulhu
2.      Menjelaskan ketentuan islam tentang wakalah dan sulhu
3.      Menerapkan cara wakalah dan sulhu
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui tanya jawab siswa dapat menunjukkan contoh rasa tanggung jawab melalui materi wakalah dan sulhu
2.      Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan ketentuan islam tentang wakalah dan sulhu dengan benar
3.      Melalui simulasi siswa dapat mempraktikkan wakalah dan sulhu dengan baik
Ø  RINGKASAN MATERI
Wakalah adalah mewakilkan atau menyerahkan pekerjaan kepada orang lain agar bertindak atas nama orang yang mewakilkan selama batas waktu yang di tentukan.
Asal hukum wakalah adalah mubah, tapi bisa menjadi haram bila yang dikuasakan itu adalah pekerja yang haram atau dilarang oleh agama dan menjadi wajib kalau terpaksa harus mewakilkan dalam pekerjaan yang dibolehkan oleh agama. Dalam BAB ini terdapat beberapa bagian diantaranya:
1.      Rukun dan syarat wakalah
2.      Rukun dan syarat sulhu
3.      Macam-macam perdamaian
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.


Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.

BAB X DAMMAN DAN KAFALAH
Ø  KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Memahami ketentuan islam tentang damman dan kafalah
2.      Mempraktikkan damman dan kafalah
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan ketentuan islam tentang damman dan kafalah dengan benar
2.      Melalui tanya jawab siswa dapat membedakan antara damman dan kafalah dengan benar
3.      Melalui simulasi siswa dapat mempraktikkan cara damman dan kafalah dengan baik dan benar.
Ø  RINGKASAN MATERI
Damman adalah suatu ikrar atau lafadz yang disampaikan berupa perkataan atau perbuatan untuk menjamin pelunasan hutang seseorang. Dengan demikian, kewajiban membayar hutang atau tanggungan itu berpindah dari orang yang berhutang kepada orang yang menjamin pelunasan hutangnya.
Damman hukumnya boleh dan sah dalam arti diperbolehkan oleh syari’at islam, selama tidak menyangkut kewajiban yang berkaitan dengan hak-hak Allah.
Kafalah adalah menanggung atau menjamin seseorang untuk dapat dihadirkan dalam suatu tuntutan  hukum di pengadilan pada saat ditempat yang ditentukan.
Dalam materi damman dan kafalah ini terdapat syarat-syarat dan rukun.
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.
Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama.

BAB XI RIBA, BANK DAN ASURANSI
Ø  KOMPETENSI DASAR (KD)
1.      Menganalisis hukum riba, bank, dan asuransi
2.      Menunjukkan contoh tentang praktik ribawi
Ø  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan tentang riba dan jenis-jenisnya dengan benar.
2.      Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan macam-macam bank dengan benar
3.      Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan tentang ketentuan bank syariah dengan benar
4.      Melalui penelaahan siswa dapat menganalisa hukum riba, bank dan asuransi dengan baik
5.      Dengan pengamatan siswa dapat menunjukkan beberapa contoh tentang praktik riba dalam masyarakat.
Ø  RINGKASAN MATERI
Riba adalah pengambilan tambahan baik dalam transaksi jual beli, maupun pinjam meminjam secatra bathil atau bertentanagan dengan prinsip mu’amalat dalam islam. Riba ada 4 macam yaitu: qord, fadl, nasiah, dan yad. Riba hukumnya Haram.
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakatdalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Bank terbagi menjadi 2 macam yaitu: bank konvensional dan bank syariah
Asuransi adalah suatu persetujuan dimana pihak yang menjamin berjanji kepada pihak yang dijamin untuk menerim sejumlah uang premi sebagai pengganti kerugian yang mungkin akan diderita oleh yang dijamin karena akibat dari satu peristiwa yang belum jelas akan terjadi. Hukum dari asuransi tersebut di perbolehkan selama tidak bertentangan dengan syariat islam.
Ø  METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan pada BAB ini adalah metode pemecahan masalah (problem solving method)
Ø  STRATEGI PEMBELAJARAN
-          Pendahuluan
Awal pembelajaran didahului dengan salam kemudian dilanjut dengan do’a bersama. Setelah do’a bersama selesai guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
-          Kegiatan inti
Setelah pendahuluan selesai, kemudian guru menjelaskan apa yang menjadi pokok pembelajaran dipertemuan tersebut.
-          Penutup
Setelah proses kegiatan inti selesai dan waktu sudah selesai, kemudian kegiatan akan ditutup dengan dan do’a bersama dan diakhiri dengan salam.
Ø  EVALUASI HASIL BELAJAR
Evaluasi hasil belajar akan di laksanakan di akhir setiap bab, yaitu dengan cara siswa akan diberi beberapa soal yang mencakup bab tersebut sebagai ulangan harian atau nilai tambahan. Dan tugas pada UTS dan UAS.


Ø  WAKTU PEMBELAJARAN
Waktu pembelajaran yaitu 90 menit, waktu tersebut akan dibagi sesuai dengan inti pembelajaran tersebut, yaitu 60 menit untuk guru menyampaikan materi, 25 menit untuk kegiatan diskusi bersama, 5 menit untuk berdo’a bersama


BAB III
ANALISIS

A.    Analisis profil dan isi buku
Buku yang dianalaisis dalam makalah ini berjudul buku siswa fikih pendekatan saintifik kurikulum 2013 untuk madrasah aliyah, yang dikontributor naskah oleh ahmad alfan,  ahmad taufiq wahyudi AS, tri bimo soewarno dan diterbitkan oleh kementrian agama republik indonesia 2015.  Di sampul depan yang berwarna hijau kekuningan terdapat ilustrasi gambar ka’bah dan ribuan orang beribadah.
Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum 2013 ini dimulai dengan kata pengantar, pedoman transliteri arab-latin, daftar isi, lalu masuk ke materi 1 sampai pelajaran ke-11. Buku ini juga dilengkapi illustrasi gambar yang cukup relevan pada awal setiap judul bab, karena bisa terihat bagus dan memperjelas dari sub bab. Bagian isi buku ini diakhiri dengan daftar pustaka.
Bahasa indonesia yang digunakan dibuku ini sudah cukup dapat dipahami mengingat tidak banyak kesalahan penggunaan kata-kata yang sia-sia secara umum bahasa yang digunakan cukup baik. Alur cerita yang dipaparkan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami walaupun terdapat beberapa bahasa yang begitu kurang dipahami oleh siswa, namun menurut kami hal tersebut tidak mempengaruhi pemahaman siswa.
B.     Analisa Kronologi atau Urutan Materi
Setelah kelompok kami mencermati dengan seksama terhadap urutan penyajian materi pada “Buku Siswa FIKIH Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Aliyah Kelas X” maka penulis menyimpulkan bahwa kronologi urutan materinya sudah cukup baik dan sesuai dengan kebutuhan siswa kelas X MA. Dengan begitu siswa akan merasa nyaman dengan adanya buku ini.
C.     Analisa Relevansi Kesesuaian Materi dengan SK
23
 
Materi yang disajikan pada BAB I - BAB XI menuut kelompok kami sudah relevan dengan SK yang ingin di capai yaitu menghayati, mengamalkan, memahami, menerapkan, menganalisis, mengolah, menalar dan menyaji materi yang terkandung didalam buku FIKIH Kelas 10 MA ini.
D.    Analisa Relevansi Materi dengan Kebutuhan Siswa
Menurut kelompok kami, relevansi materi dengan kebutuhan siswa sudah baik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa-siswi kelas 10 MA. Karena materi yang terdapat di buku “Buku Siswa FIKIH Saintifik Kurikulum 2013 Untuk MA” ini sangat bermanfaat bagi kehidupan siswa sehari-hari setelah siswa-siswi mendapatkan materi dari buku ini dan tercermin pada kehidupan siswa-siswi kelak.
E.     Analisis SWOT
1.      Strengths (Kekuatan)
Dalam buku ini menggunakan kurikilum 2013 yang mengharuskan peserta didik mempunyai kepribadian diri yang aktif, kreatif, dan inovatif, dalam buku ini juga mempunyai tujuan pembelajaran yang bagus, yaitu mengharuskan peserta didik dapat memahami, menjelaskan, dan dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari – hari, sehingga mereka dapat membedakan antara hal –hal yang baik dengan yang buruk yang sesuai ajaran – ajaran syariat islam.
2.      Weaknesses (Kelemahan)
Dalam buku ini materi yang di ajarkan kurang begitu lengkap, dan juga pembagian waktu, kompeensi inti (KI) terlalu rumit sehingga pendidik kurang maksimal dalam menyampaikan materi dan dampaknya peserta didik juga kurang meksimal dalam menerima materi sehingga proses belajar – mengajar kurang begitu maksimal, dalam pembagian waktu belajar yang cuma 25 menit untuk diskusi sehingga pembahasan materi kurang maksimal.
3.      Opportunities (Kesempatan)
Kurikulum 2013 di kembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, secara professional juga memberikan peluang kepada guru – guru PAI untuk mengembangkan dan menerapkan pada peserta didiknya, kurikulum 2013 lebih menitik beratkan pada beberapa aspek diantaranya : sikap spiritual, sikapsosial, pengetahuan, dan ketrampilan yang berfugsi sebagai tuntutan kebutuhan peserta didik setelah LULUS dari MA (Madrasah) tersebut, sehingga peserta didik di tuntut untuk lebih bersungguh – sungguh dalam mempelajari materi – materi yang mereka terima.

4.      Threats (Ancaman)
Dalam kurikulum 2013 strategi yang di ajarkan mengharuskan peserta didik untuk memahami materi yang di ajarkan secara langsung, sehingga mereka kurang begitu siap dan menjadi sebuah beban tersendiri dalam pemahaman materi yang di terima, dan juga dalam kurikulum 2013 rumayan banyak kekurangan yang mengakibatkan para guru lebih memilih mengacu pada buku lain dan berpegang pada buku lain yang di  anggap lebih lengkap, mudah di pahami dari pada buku kurikulum 2013.


FULL DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar