BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
A.
Bab II: Perkembangan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin
Identitas Materi: Islam pada masa Khulafaur rasyidin
Standar Kompetensi
1. Memahami masalah kepemimpinan umat Islam pasca
Nabi wafat.
Kompetensi Dasar
1.1 Menceritakan proses dan model pemilihan
kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin.
1.2 Mendeskripsikan strategi kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin.
1.3 Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaur
Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan
mampu:
1.
Mendeskripsikan masa Khalifah Abu Bakar As-Sidiq
2.
Mendeskripsikan masa Khalifah Umar bin Khattab
3.
Mendeskripsikan masa Utsman bin Affan
4.
Mendeskripsikan masa Ali bin Abi Thalib
Materi Pembelajaran
1.
Proses dan model pemilihan Khulafaur Rasyidin
2.
Strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
3.
Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, Ingkuiri,
pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·
Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan
mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·
Siswa menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka
bab yang akan dipelajari.
·
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
·
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai dari materi perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin. Menyampaikan cakupan materi perkembangan Islam pada masa Khulafaur
Rasyidin.
Kegiatan Inti :
·
Untuk mengetahui penguasaan siswa tentang perkembangan Islam pada masa Khulafaur
Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang, guru memberikan pertanyaan- pertanyaan yang
berkaitan dengan materi pembelajaran tersebut kepada siswa secara bergantian.
·
Membahas satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
kepada siswa-siswa tersebut.
·
Guru membagi siswa kedalam empat kelompok;
·
Masing-masing kelompok membaca buku paket siswa tentang perkembangan islam pada masa Khulafaur
Rasyidin.
·
Masing-masing kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan
tentang perkembangan islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
·
Masing-masing kelompok membuat kesimpulan dari hasil
diskusi.
·
Masing-masing kelompok siswa mempresentasikan hasil
diskusi.
·
Guru memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·
Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang perkembangan islam pada masa Khulafaur
Rasyidin.
·
Mempersilakan siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang
perkembangan islam pada masa Khulafaur
Rasyidin di rumah.
·
Guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang
telah dipelajari.
·
Guru menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku
pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di rumah serta mengerjakan latihan-latihan yang ada dalam
buku itu.
·
Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca
hamdallah.
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas
dan siswa menjawab salam.
Evaluasi Hasil Belajar
1.
Penilaian
Proses : Afektif
2.
Penilaian
Konsep : Kognitif
3.
Jenis
Tagihan : Tugas Kelompok dan
Ulangan Harian
4.
Instrumen
Penilaian: Lembar Pengamatan dan Test Subjektif (Isian dan Pilihan Ganda)
5.
Contoh
Instrumen : Terlampi
Sumber dan Referensi Pembelajaran
1.
Ensiklopedia
Islam
2.
Internet
3.
Buku
paket SKI yang relevan
4.
LKS
SKI
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
6 jam pelajaran (6 x 45 menit)
Media
Pembelajaran
1.
LCD
2.
Laptop
3.
Papan
tulis
RINGKASAN MATERI
A.
Proses dan Model Pemilihan Khulafaur Rasyisin
Abu Bakar as-Sidiq
(11-13 H/632-634 M), Proses pemilihan dan pembaitan Abu
Bakar dilakukan oleh perorangan, yaaitu Umar bin Khattab
yang kemudian
disetujui dan diterima oleh semua umat
Islam. Umar bin Khattab (13-23
H/634-644 M), Proses pemilihan Umar bin Khattab
dilakukan atas dasar penunjukkan oleh Abu Bakar sebelum wafat. Usman bin Affan
(24-35 H/644-656 M) dan Ali bin Abi Thalib (36-41 H/656-661 M), Proses
pemilihan dan pembaiatan Usman dan Ali melalui formatur yang dibentuk oleh
Khalifah Umar bin Khattab.
B.
Strategi Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
1.
Strategi Kepemimpinan Abu Bakar as-Sidiq
Pada
masa pemerintahan Abu Bakar, ada beberapa hal penting yang dilakukan, yaitu
menyelamatkan umat Islam dari perpecahan, memerangi orang-orang murtad,
memerangi orang0orang yang tidak mau membayar zakat, serta memerangi nabi-nabi
palsu. Adapun perluasan Islam, meliputi perbatasan Arab-Syiria.
2.
Strategi Kepemimpinan Umar bin Khatttab
Pada masa pemerintahan Umar
bin Khattab, perluasan wilayah Islam meliputi Palestina, Irak, Persia, dan Mesir.
3.
Strategi Kepemimpinan Usman bin Affan
Pada masa pemerintahan Usman bin Affan, mmulai tterjadi konflik internal dikalangan umat
Islam. Oelh karena itu, ia lebih menekankan pada pembenahan umat.
4.
Strategi Kepemimpinan Ali bin Abi Thallib
Pada masa pemerintahan Ali bin Abi Thalibmulai muncul berbagai kelompok
yang menmakan diri
kelompok Syi’ah, Khawarij dan kelompok Mu’awiyah.
C.
Mengambil Ibrah dari Kepemimpinan Khulafaur
Rasyidin
1.
Abu Bakar adalah seorang figur pemimpin yang memiliki jiwa bersih, jujur, dan sangat demokratis.
2.
Umaar bin Khattab adalah seorang pemimpin yang memiliki
jiwa pemberani pada siapa saja yang membangkang dari ajaran Islam, tegas dalam
menghadapi kebatilan, dan pandai berdiplomasi.
3.
Usman bin Affan adalah seorang pemimpin yang berjuang
meneruskan perjuangan khalifah pendahulunya. Beliau adalah pemimpin yang
terbuka dan demokratis.
4.
Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai seorang yang gagah
berani, tangkas, dan pandai bermain pedang.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar