BAB II
PEMBAHASAN
Materi Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Keikhlasan Dalam Beribadah
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
rensponsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan , dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Memiliki sikap ikhlas dalam beribadah sebagai
implemantasi dari pemahaman ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam
beribadah pada Surat al-An’aam: 162-163; Surat al-Bayyinah: 5 dan
hadis riwayat Bukhari dari Aisyah ra.
2. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam
beribadah pada QS al-An’aam [6]: 162-163; QS al-Bayyinah [98]: 5
dan hadis riwayat Bukhari dari Aisyah ra.
3. Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat-ayat
al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah pada Surat al-An’aam [6]:
162-163; Surat al-Bayyinah [98]: 5 dan hadis riwayat Bukhari dari Aisyah ra.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat membaca QS. al-An’aam [6]:
162-163; QS. al-Bayyinah [98]: 5 dan hadis riwayat Bukhari dari Aisyah
Ra. Tentang keikhlasan dalam beribadah dengan baik dan benar.
2. Peserta didik dapat menyebutkan makna mufradat QS. al-An’aam
[6]: 162-163; QS. al-Bayyinah [98]: 5 dan hadis riwayat Bukhari dari
Aisyah ra. tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar.
3. Peserta didik dapat menjelaskan kandungan QS. al-An’aam
[6]: 162-163; QS. al-Bayyinah [98]: 5 dan hadis riwayat Bukhari dari
Aisyah Ra. tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar.
4. Peserta didik
dapat menunjukkan perilaku ikhlas dalam beribadah
D. Materi pembelajaran
a. Isi Kandungan QS. Al-An’am [6] Ayat 162-163
Penjelasan
Ayat
Secara garis besar kandungan QS. al-An’am [6] ayat
162-163 dapat disimpulkan:
1. Perintah Allah pada umat-Nya untuk berkeyakinan bahwa shalatnya, hidupnya, dan matinya hanyalah semata mata untuk Allah.
2. Allah Swt., adalah Tuhan semesta alam, tidak ada
sekutu bagi-Nya.
3. Perintah Allah pada umat manusia untuk ikhlas dalam
berkeyakinan, beribadah, beramal, dan menjadi orang pertama dalam kaumnya yang berserah diri kepada-Nya.
4. Senantiasa beramal shaleh dan menjauhkan segala
larangan larangan Allah, agar selamat di dunia dan akhirat.
b. Isi Kandungan QS. Al-Bayinah [98] Ayat 5
Adapun
kandungan surat Al Bayyinah [98] ayat 5 adalah sebagai berikut:
1. Perintah untuk beribadah kepada Allah Swt., dan
menaati ajaran Allah dengan lurus (tidak bercampur dengan riya’, bid’ah maupun
syirik).
2. Sebagai
seorang muslim, wajib hukumnya untuk mendirikan shalat lima waktu dalam sehari semalam, shalat ini sangat
besar artinya,
karena merupakan tiang agama, dan ibadah yang pertama
dihisab di
akhirat.
3. Perintah untuk menunaikan zakat.
c. Dari Segi Bentuknya, Ibadah Dibedakan Menjadi 5,
Yaitu:
1. Ibadah qauliyah (ucapan), seperti membaca
al-Qur’an, berdo’a.
2. Ibadah jismiyah (fisik), seperti berpuasa dan menolong orang.
3. Ibadah mwliyah (melibatkan harta), seperti
memberi zakat, infaq.
4. Ibadah qauliyah
wa jismiyah (ucapan dan perbuatan), seperti shalat.
5. Ibadah qauliyah, jismiyah, dan mwliyah (bacaan,
perbuatan dan harta), seperti haji.
d. Hadis Tentang Keikhlasan Dalam Beribadah
Dengan Benar
Hadis tersebut menjelaskan betapa Rasul Saw, yang
tidak memiliki kesalahan dan dosa karena beliau ma’sum, masih senantiasa
melaksanakan ibadah shalat malam bahkan sampai bengkak-bengkak kakinya. Beliau adalah teladan kita, insan ciptaan Allah yang paling
mulia. Dasar beliau melaksanakan ibadah yang sedemikian itu, bukanlah mengharap
pujian, beliau melaksanakan dengan dasar ikhlas hanya untuk mencari keridaan
Allah Swt., semata, dan sebagai ekspresi rasa syukur kepada Allah Swt.
Menurut
Manazilus-Sa’irin, ikhlas itu ada tiga derajat, yaitu :
1. Tidak melihat amal sebagai amal, tidak mencari
imbalan dari amal dan tidak puas terhadap amal.
2. Malu terhadap amal sambil tetap berusaha. Artinya
merasa amalnya itu belum layak dilakukan karena Allah, tetapi amal itu tetap diupayakan.
3. Memurnikan amal, maksudnya adalah melakukan amal
berdasarkan ilmu agama.
E. Metode Pembelajaran
Metode
yang digunakan adalah metode ceramah , menghayati, menunjukkan, memahami dan
menghafalkan. Dan adanya penugasan menghafal ayat-ayat al-qur’an dan hadis.
F. Strategi Pembelajaran
1. Pendahuluan
· Menyampaikan salam pembuka yang ramah serta memberi semangat dan
menanyakan keadaan kesehatan,dan keinginannya.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini.
· Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang ayat-ayat
al-qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
2.
Kegiatan
Inti
3.
Penutup
· Guru menyimpulkan kembali poin-poin pelajaran yang dibahas.
· Memberikan tugas latihan soal agar siswa lebih menguasai.
· Memberi salam penutup.
G.
Evaluasi
Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar melalui tes tertulis maupun tes verbal.
H.
Sumber
dan Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan untuk mengajar adalah dari buku paket dan
buku yang berkaitan.
I.
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu satu setengah jam, 15
menit untuk pedahuluan, 50 menit untuk kegiatan inti, dan 15 menit untuk
penutup.
J.
Media
Pembelajaran
Media yang digunakan adalah slide dan papan tulis.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar