BAB II
DESKRIPSI
KURIKULUM
Semester I
Bab III :
Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an
A.
Judul
Judul buku
yang saya telaah adalah “Buku siswa Al-Qur’an Hadis” yang disusun oleh Mukarom
Faisal Rosidin, Hj. Siti Mahfudhoh dan H. Dudung Basori Alwi. Diterbitkan oleh
Kementrian Agama Republik Indonesia, Jakarta. Buku ini berisi 140 halaman dan
terbit di tahun 2014.
B.
Kompetensi Inti
-
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
-
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
-
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
-
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi Dasar
-
Memfungsikan Al-Qur’an secara tepat
dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menunjukkan perilaku yang
mengamalkan ajaran Al-Qur’an.
-
Memahami tujuan dan fungsi
Al-Qur’an.
-
Menceritakan kisah orang yang
menjadikan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
D.
Tujuan Pembelajaran
-
Murid dapat menjelaskan tujuan dan
fungsi Al-Qur’an.
-
Murid dapat menunjukkan perilaku
orang yang memfungsikan Al-Qur’an.
-
Murid dapat menerapkan fungsi
Al-Qur’an.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Kedudukan Al-Qur’an
Al-Qur’an merupakan sumber pokok bagi ajaran
islam. Al-Qur’an juga merupakan sumber hukum yang utama dan pertama dalam
islam. Sebagai sumber pokok ajaran islam, al-Qur’an berisi ajaran-ajaran yang
lengkap dan sempurna yang meliputi seluruh aspek yang dibutuhkan dalam
kehidupan umat manusia, terutama umat islam.
Sebagian ulama’ menafsirkan lafaz حَبْلُ اللهِ dengan Al-Qur’an. Dengan demikian ayat
tersebut mengisyaratkan agar manusia khususnya umat islam untuk senantiasa
berpegang teguh kepada Al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran Islam.
Dalam QS. An-Nisa’ ayat 59, Allah
SWT juga menegaskan :
“Wahai
orang-orang yang beriman ! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad SAW),
dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda
pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (al-Qur’an) dan Rasul
(sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian
itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”. QS. An-Nisa’ : 59
2.
Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an
a.
Al-Qur’an sebagai Petunjuk bagi
Manusia
Al-Qur’an
telah diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan
malaikat Jibril a.s. sebagai petunjuk bagi manusia. Dengan mengikuti petunjuk
Al-Qur’an tersebut, manusia akan mempunyai arah dan tujuan hidup yang jelas
dalam menjalani hidup dan kehidupannya.
Adapun ayat
yang lebih khusus menegaskan bahwa Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk bagi
manusia yang bertakwa
ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَرَيْبَ فِيْهِ هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ
“kitab (al-Qur’an) ini tidak ada keraguan
padanya ; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” QS.
Al-Baqarah : 2
QS. Fussilat :
44
b.
Al-Qur’an sebagai Sumber Pokok
Ajaran Islam
Dalam sebuah
ayat, Allah SWT menegaskan bahwa al-Qur’an diturunkan dengan membawa kebenaran
hakiki yang berfungsi sebagai dasar penetapan hukum yang harus dipegang teguh
oleh Nabi Muhammad SAW, tidak boleh sedikitpun menyimpang dari Al-Qur’an. Dan
tentunya hal ini juga harus dipegang teguh oleh umat islam. Sebagaimana
dijelaskan dalam QS. An-Nisa’ ayat 105 :
“Sungguh, kami
telah menurunkan kitab (al-Qur’an) kepadamu (Muhammad SAW) membawa kebenaran,
agar engkau mengadili antara manusia dengan apa yang telah diajarkan Allah SWT
kepadamu dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak bersalah),
karena (membela) orang yang berkhianat”. QS. An-Nisa’
: 105
c.
Al-Qur’an sebagai Peringatan dan
Pelajaran bagi Manusia
Al-Qur’an
merupakan kitab suci dengan konsep ajaran yang salah satu ajarannya adalah
berupa sejarah atau kisah umat terdahulu. Dalam kisah-kisah itu dijelaskan
bahwa ada di antara umat manusia sebagian orang-orang yang beriman, taat dan
sholeh, namun ada pula sebagian yang lain orang-orang yang kafir, maksiat.
Kepada mereka yang sholeh, Allah SWT menjanjikan kebaikan di dunia dan pahala
(surga) di akhirat karena ridha-Nya, sebaliknya kepada mereka yang kafir,
durhaka dan tidak shalih, Allah SWT mengancam dengan ancaman hukuman dan adzab
baik di dunia maupun di akhirat.
Berikut
ayat-ayat yang menjelaskan hal tersebut : QS. Al-An’am ayat 92 dan QS. Al-A’raf
ayat 2.
F. Strategi
Pembelajaran
1. Pendahuluan
·
Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan,dan keinginannya.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari
ini.
·
Menggali
pengetahuan awal kemampuan siswa tentang tujuan dan fungsi Al-Qur’an.
2.
Kegiatan Inti
3.
Penutup
·
Guru menyimpulkan kembali poin-poin
pelajaran yang dibahas.
·
Memberikan tugas latihan soal agar
siswa lebih menguasai.
·
Memberi salam penutup.
G.
Waktu Pembelajaran
Waktu
pembelajaran adalah 90 menit Satu setengah jam, 15 menit untuk pedahuluan, 50
menit untuk kegiatan inti, dan 15 menit untuk penutup.
H.
Sumber dan Refrensi Pembelajaran
Refrensi yang
digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan.
I.
Metode Pembelajaran
Metode yang
digunakan adalah metode diskusi dan penugasan.
J.
Media Pembelajaran
Media yang
digunakan untuk menunjang pembelajaran adalah papan tulis.
K.
Evaluasi
Hasil Belajar
Evalusi
hasil belajar melalui tes tertulis dan tes verbal.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar