Kamis, 12 Mei 2016

(ZAHROTUS SAIDAH) Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an


BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
Semester I
Bab III : Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an
A.    Judul
Judul buku yang saya telaah adalah “Buku siswa Al-Qur’an Hadis” yang disusun oleh Mukarom Faisal Rosidin, Hj. Siti Mahfudhoh dan H. Dudung Basori Alwi. Diterbitkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, Jakarta. Buku ini berisi 140 halaman dan terbit di tahun 2014.
B.     Kompetensi Inti
-          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
-          Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
-          Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
-          Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

C.    Kompetensi Dasar
-          Memfungsikan Al-Qur’an secara tepat dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
-          Menunjukkan perilaku yang mengamalkan ajaran Al-Qur’an.
-          Memahami tujuan dan fungsi Al-Qur’an.
-          Menceritakan kisah orang yang menjadikan Al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
D.    Tujuan Pembelajaran
-          Murid dapat menjelaskan tujuan dan fungsi Al-Qur’an.
-          Murid dapat menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an.
-          Murid dapat menerapkan fungsi Al-Qur’an.
E.     Materi Pembelajaran
1.    Kedudukan Al-Qur’an
Al-Qur’an merupakan sumber pokok bagi ajaran islam. Al-Qur’an juga merupakan sumber hukum yang utama dan pertama dalam islam. Sebagai sumber pokok ajaran islam, al-Qur’an berisi ajaran-ajaran yang lengkap dan sempurna yang meliputi seluruh aspek yang dibutuhkan dalam kehidupan umat manusia, terutama umat islam.
Sebagian ulama’ menafsirkan lafaz حَبْلُ اللهِ  dengan Al-Qur’an. Dengan demikian ayat tersebut mengisyaratkan agar manusia khususnya umat islam untuk senantiasa berpegang teguh kepada Al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran Islam.
Dalam QS. An-Nisa’ ayat 59, Allah SWT juga menegaskan :
Wahai orang-orang yang beriman ! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad SAW), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”. QS. An-Nisa’ : 59

2.    Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an
a.       Al-Qur’an sebagai Petunjuk bagi Manusia
Al-Qur’an telah diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril a.s. sebagai petunjuk bagi manusia. Dengan mengikuti petunjuk Al-Qur’an tersebut, manusia akan mempunyai arah dan tujuan hidup yang jelas dalam menjalani hidup dan kehidupannya.
Adapun ayat yang lebih khusus menegaskan bahwa Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia yang bertakwa
ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَرَيْبَ فِيْهِ هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ
“kitab (al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya ; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” QS. Al-Baqarah : 2
QS. Fussilat : 44
b.      Al-Qur’an sebagai Sumber Pokok Ajaran Islam
Dalam sebuah ayat, Allah SWT menegaskan bahwa al-Qur’an diturunkan dengan membawa kebenaran hakiki yang berfungsi sebagai dasar penetapan hukum yang harus dipegang teguh oleh Nabi Muhammad SAW, tidak boleh sedikitpun menyimpang dari Al-Qur’an. Dan tentunya hal ini juga harus dipegang teguh oleh umat islam. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. An-Nisa’ ayat 105 :
“Sungguh, kami telah menurunkan kitab (al-Qur’an) kepadamu (Muhammad SAW) membawa kebenaran, agar engkau mengadili antara manusia dengan apa yang telah diajarkan Allah SWT kepadamu dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang yang berkhianat”. QS. An-Nisa’ : 105
c.       Al-Qur’an sebagai Peringatan dan Pelajaran bagi Manusia
Al-Qur’an merupakan kitab suci dengan konsep ajaran yang salah satu ajarannya adalah berupa sejarah atau kisah umat terdahulu. Dalam kisah-kisah itu dijelaskan bahwa ada di antara umat manusia sebagian orang-orang yang beriman, taat dan sholeh, namun ada pula sebagian yang lain orang-orang yang kafir, maksiat. Kepada mereka yang sholeh, Allah SWT menjanjikan kebaikan di dunia dan pahala (surga) di akhirat karena ridha-Nya, sebaliknya kepada mereka yang kafir, durhaka dan tidak shalih, Allah SWT mengancam dengan ancaman hukuman dan adzab baik di dunia maupun di akhirat.
Berikut ayat-ayat yang menjelaskan hal tersebut : QS. Al-An’am ayat 92 dan QS. Al-A’raf ayat 2.
F.     Strategi Pembelajaran
1.    Pendahuluan
·         Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan,dan keinginannya.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini.
·         Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang tujuan dan fungsi Al-Qur’an.
2.    Kegiatan Inti
3.    Penutup
·         Guru menyimpulkan kembali poin-poin pelajaran yang dibahas.
·         Memberikan tugas latihan soal agar siswa lebih menguasai.
·         Memberi salam penutup.
G.    Waktu Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit Satu setengah jam, 15 menit untuk pedahuluan, 50 menit untuk kegiatan inti, dan 15 menit untuk penutup.
H.    Sumber dan Refrensi Pembelajaran
Refrensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan.
I.       Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode diskusi dan penugasan.

J.      Media Pembelajaran
Media yang digunakan untuk menunjang pembelajaran adalah papan tulis.
K.    Evaluasi Hasil Belajar
Evalusi hasil belajar melalui tes tertulis dan tes verbal.


FULL MAKALAH 



MAKALAH MENARIK LAINNYA
  1. MU'TAZILAH (ILMU KALAM)
  2. KHAWARIJ (ILMU KALAM)
  3. IMAN, ISLAM DAN IHSAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar