BAB
II
DESKRIPSI
1. Identitas
Materi
Tema
materi yang saya telaah adalah “Hidup Berkah dengan Menghormati dan Mematuhi
Orang Tua dan Guru” bab pertama yang di ambil dari Buku Siswa Al-Qur’an Hadis
Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 untuk Madrasah Aliyah (Peminatan IPA, IPS
dan Bahasa) kelas XI, yang di kontributor naskah oleh Mukarom Faisal Rosidin,
Dudung Basori Alwi dan Siti Mahfudloh dan diterbitkan oleh Kementrian Agama
2015. Di sampul depan yang berwarna hijau kekuningan terdapat ilustrasi gambar
Al-Qur’an, yang diatasnya terdapat tulisan arab kecil صل1لله
ءليه وسلم.
2. Kompetensi
Inti
a. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
b. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleransi, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
c. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanuisaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
d. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya dimadrasah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
3.
Kompetensi Dasar
a. Menghayati
nilai-nilai yang terkait dengan taat kepada orang tua dan guru sebagaimana
tuntunan Al-Qur’an dan Hadits.
b. Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17, HR.Muslim dari Abu
Hurairah, HR.Bukhari dan Muslim dari ‘Abdullah bin ‘Amr.
c. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
pada QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits.
d. Menghafalkan
ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
pada QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits.
4.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengamati, menanyai, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi, peserta
didik dapat :
a. Membaca
QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
b. Menghafalkan
QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang perilaku
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
c. Menyebutkan
makna mufradat QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits
tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
d. Menjelaskan
kandungan QS. Al-Isra’ [17]: 23-24, QS. Luqman [31]: 13-17 dan Hadits tentang
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
e. Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
5.
Rangkuman Materi Pembelajaran
- Kandungan surah Al-Isra’ [17]: 23-24 meliputi :
-
Perintah untuk menyembah Allah SWT dan
tidak menyekutukan-Nya dengan seuatu.
-
Perintah berbuat baik kepada kedua orang
tua.
-
Perintah untuk bertutur kata, bersikap
baik dan berperilaku sopan santun kepada orang tua.
-
Perintah untuk selalu mendo’akan orang
tua.
- Kandungan surah Luqman [31]: 13-17 meliputi :
-
Perintah untuk mengesakan Allah, tidak
menyekutukan-Nya.
-
Perintah berbuat baik kepada orang tua
terutama kepada ibu.
-
Perintah menaati orang tua sepanjang
tidak untuk berbuat maksiat dan menyekutukan Allah.
-
Perintah untuk berbuat baik.
-
Perintah menjalankan salat, amar ma’ruf
nahi munkar dan bersabar.
- Kandungan hadits meliputi perintah untuk senantiasa berbuat baik kepada orang tua, karena nilai kebaikannya sejajar dengan jihad.
- Selalu menghormati dan menaati guru sebagaimana menghormati dan menaati orang tua.
6.
Metode Pembelajaran
Metode
yang digunakan adalah metode ceramah – menghayati, menunjukkan, memahami dan
menghafal. Dan adanya penugasan menghafal ayat-ayat.
7.
Strategi Pembelajaran
- Pendahuluan
-
Menyampaikan salam pembuka yang ramah
serta memberi semangat dan tak lupa menanyakan mengenai hal kesehatan maupun
keinginannya.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Menggali pengetahuan mengenai materi
hidup berkah dengan menghormati dan mematuhi orang tua dan guru.
- Kegiatan Inti.
c.
Penutup
-
Guru menyimpulkan kembali poin-poin
pelajaran yang dibahas.
-
Memberikan tugas latihan soal agar siswa
lebih menguasai.
-
Memberi salam penutup.
8. Evaluasi
Hasil Belajar
Evaluasi
hasil belajar melalui tes tertulis maupun tes verbal.
9. Sumber
dan Referensi Pembelajaran
Referensi
yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan.
10. Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu
pembelajaran adalah 90 menit, yaitu satu setengah jam, 10 menit untuk
pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
11. Media
Pembelajaran
Media yang digunakan adalah slide dan
papan
tulis.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus