Kamis, 12 Mei 2016

(IIR HIDAYATUZZAHRO) AL ASMA’ AL-HUSNA


BAB II
PEBAHASAN
MATERI AL ASMA’ AL-HUSNA
1.      Standar Kompetensi.
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatnya dalam Al Asma’ Al-Husna.
2.      Kompetensi Dasar.
-Menguraikan sepuluh Al Asma’ Al-Husna (al-muqsit, al-warits, an naafi’, al basith, al hafidz, al walii, al waliy, ar raafi, al muiz, al afuw).
-Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat Allah dalam sepuluh Al Asma’ Al Husna (al muqsit, al warits, an naafi’, al basith, al hafidz, al walii, al waliy, ar raafi, al muiz, al afuw).
-Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan sepuluh Al Asma’ Al Husna (al muqsit, al warits, an naafi’, al basith, al hafidz, al waliy, ar raafi, al muiz, al afuw0.
-Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam sepuluh Al Asma’ Al Husna (al muqsit, al warits, an naafi’, al basith, al hafidz, al waliy, ar raafi, al muiz, al afuw).
3.      Tujuan Pembelajaran.
a.       Peserta didik mengetahui sepuluh Al Asma’ Al Husna.
b.      Peserta didik dapat menunjukkan kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat Al Asma’ Al Husna.
c.       Peserta didik mampu meneladani sifat-sifat Allah yang terkaandung dalam Al Asma’ Al Husna.
4.      Rangkuman Materi Pembelajaran.
Mengursikan seuluh Al Asma’ Al Husna.
a)     
2
 
Al Muqsit (Allah yang Maha Mengadili).
b)      Al Warits (Allah yang Maha Pewaris).
c)      An Nafi’ (Allah yang Maha Pemberi Manfaat).
d)     Al Basith (Allah yang Maha Melapangkan Rejeki).
e)      Al Hafidz (Allah yang Maha Menjaga).
f)       Al Waliy (Allah yang Maha Melindungi )
g)      Al Wadud (Allah yang Maha Pengasih).
h)      Ar Rafi’(Allah yang Maha Meninggikan).
i)        Al Muiz (Allah yang Maha Memuliakan).
j)        Al Afuw(Allah yang Maha Pemaaf).
5.      Metode Pembelajaran.
Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, Tanya jawab dan hafalan.
6.      Peranan Al Asma’ Al Husna dalam kehidupan.
a.       Mengetahui sifat-sifat Al Asma’ Al-Husna beserta artinya.
b.      Mengamalkan serta mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena sudah mengetahui beberapa sifat Al Asma’ Al Husna.
7.      Strategi Pembeljaran.
1)      Pendahuluan
-Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalahh dan kemudian dilanjutkan dengan membaca do’a bersama.
-Mengabsensi peserta didik.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas.
2)      Kegiatan Inti.
3)      Penutup.
-Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan atau mengklasifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
-Memberikan tugas atau evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
-Memberi salam penutup.
8.      Evaluasi Hasil Belajar.
Penilaian hasil belajar-mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/tertulis dan berbentuk Essay).
9.      Sumber dan Referensi Pembelajaran.
Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia maupun internet.
10.  Waktu Pelaksanaan Pembelajaran.
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.

 FULL MAKALAH 


MAKALAH MENARIK LAINNYA
  1. MAKALAH PENCURIAN DAN PERAMPOKAN
  2. MAKALAH JARIMAH ZINA
  3. JARIMAH DAN JINAYAH








Tidak ada komentar:

Posting Komentar