BAB
II
PEBAHASAN
MATERI AL ASMA’ AL-HUSNA
1.
Standar
Kompetensi.
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatnya dalam Al
Asma’ Al-Husna.
2.
Kompetensi
Dasar.
-Menguraikan sepuluh Al Asma’ Al-Husna (al-muqsit, al-warits, an
naafi’, al basith, al hafidz, al walii, al waliy, ar raafi, al muiz, al afuw).
-Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat
Allah dalam sepuluh Al Asma’ Al Husna (al muqsit, al warits, an naafi’, al
basith, al hafidz, al walii, al waliy, ar raafi, al muiz, al afuw).
-Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan sepuluh Al Asma’ Al
Husna (al muqsit, al warits, an naafi’, al basith, al hafidz, al waliy, ar
raafi, al muiz, al afuw0.
-Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam sepuluh Al
Asma’ Al Husna (al muqsit, al warits, an naafi’, al basith, al hafidz, al
waliy, ar raafi, al muiz, al afuw).
3.
Tujuan
Pembelajaran.
a.
Peserta didik
mengetahui sepuluh Al Asma’ Al Husna.
b.
Peserta didik
dapat menunjukkan kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat Al Asma’ Al
Husna.
c.
Peserta didik
mampu meneladani sifat-sifat Allah yang terkaandung dalam Al Asma’ Al Husna.
4.
Rangkuman
Materi Pembelajaran.
Mengursikan seuluh Al Asma’ Al Husna.
a)
|
b)
Al Warits
(Allah yang Maha Pewaris).
c)
An Nafi’ (Allah
yang Maha Pemberi Manfaat).
d)
Al Basith
(Allah yang Maha Melapangkan Rejeki).
e)
Al Hafidz
(Allah yang Maha Menjaga).
f)
Al Waliy (Allah
yang Maha Melindungi )
g)
Al Wadud (Allah
yang Maha Pengasih).
h)
Ar Rafi’(Allah
yang Maha Meninggikan).
i)
Al Muiz (Allah
yang Maha Memuliakan).
j)
Al Afuw(Allah
yang Maha Pemaaf).
5.
Metode
Pembelajaran.
Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, Tanya jawab
dan hafalan.
6.
Peranan Al
Asma’ Al Husna dalam kehidupan.
a.
Mengetahui
sifat-sifat Al Asma’ Al-Husna beserta artinya.
b.
Mengamalkan
serta mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena sudah mengetahui
beberapa sifat Al Asma’ Al Husna.
7.
Strategi
Pembeljaran.
1)
Pendahuluan
-Memberikan
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalahh dan kemudian dilanjutkan
dengan membaca do’a bersama.
-Mengabsensi
peserta didik.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
-Menggali
pengetahuan mengenai materi yang dibahas.
2)
Kegiatan Inti.
3)
Penutup.
-Siswa
memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan atau
mengklasifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
-Memberikan
tugas atau evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
-Memberi salam
penutup.
8.
Evaluasi Hasil
Belajar.
Penilaian hasil belajar-mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar
(tes lisan/tertulis dan berbentuk Essay).
9.
Sumber dan
Referensi Pembelajaran.
Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang
berkaitan, multimedia maupun internet.
10. Waktu Pelaksanaan Pembelajaran.
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk
pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar