Kamis, 12 Mei 2016

(AUKHA ULIFATUL KHAIRUM) MEMBIASAKAN AKHLAK TERPUJI


BAB II
DISKRIPSI KURIKULUM

BAB IV MEMBIASAKAN AKHLAK TERPUJI
A.    Judul
            Judul buku yang penulis telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada BAB IV Membiasakan Akhlak Terpuji”.
B.     Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagiaan dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
  1. Kompetensi Dasar (KD)
1.      Mengahayati akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
2.      Membiasakan akhlak (adab) yang baik dalam berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
3.      Memahami akhlak (adab) berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
4.      Mensimulasikan akhlak (adab) berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.
  1.  Tujuan dan Orientasi
1.      Siswa dapat menjelaskan akhlak (adab) berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
2.      Siswa dapat menunjukkan akhlak (adab) berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
  1. Materi Pembelajaran
Ø       Akhlak Berpakaian
1.      Pengertian Pakaian
Pakaian menurut KBBI adalah barang apa yang dipakai istilah pakaian/ busana.
2.      Fungsi Pakaian
Menutup aurat, melindungi dari bahay, dan petunjuk identitas.
3.      Batas Aurat
a.       Batas Aurat Laki-laki
Imam malik, Syafi’i, dan Abu Hanifah berpendapat bahwa lelaki seluruh badannya dari pusar hingga lututnya.
b.      Batas Aurat Perempuan
Menurut sebagian besar ulama berkewajiban menutup seluruh anggota tubuhnya kecuali muka dan telapak tangannya.
4.      Adab Berpakaian
a.       Disunnatkan memakai pakaian pantas, serasi, rapi dan bersih.
b.      Pakaian harus menutup aurat.
5.      Membiasakan Akhlak Berpakaian
Busana Muslimah haruslah mempunyai kriteria sebagai berikut : Tidak jarang dan ketat, tidak menyerupai laki-laki.
6.      Hikmah Akhlak Berpakaian
Menjaga identitas muslim, dan menjaga kesehatan dan kebersihan.
Ø Akhlak Berhias
1.      Pengertian Berhias
Menurut KBBI, berhias diartikan sebagai usaha memperelok diri dengan pakaian ataupun lainnya yang indah, berdandan dengan dandanan yang indah dan menarik.
2.      Macam- macam Berhias
Jilbab, perhiasan, dan kosmetik.
3.      Akhlak Berhias
Niat yang baik, menggunakan bahan yang halal, dan tidak berlebihan.
4.      Hikmah Akhlak Berhias
Berhias memberikan pengaruh positif dalam berbagai aspek kehidupan, karena berhias diniatkan untuk beribadah.
Ø Akhlak Perjalanan (Safar)
1.      Pengertian
    Dalam bahasa Arab, berpergian dinamakan safar yakni menempuh perjalanan. Menempuh perjalanan dinamakan dengan safar, sedang yang melakukan/ bepergian dinamakan musafir.
2.      Akhlak dalam Perjalanan
1)      Pastikan perjalanan dilakukan dengan niat semata-mata karena Allah SWT.
2)      Mengerjakan shalat sunnah dua atau empat rakaat sebelum memulai perjalanan.
3)      Ketika keluar rumah disunnahkan membaca doa.
3.      Hikmah melakukan Perjalanan
Menghibur diri, memperoleh pengalaman, dan menambah wawasan dan kawan.
Ø Akhlak Bertamu
1.      Pengertian
    Bertamu adalah berkunjung ke rumah orang lain dalam rangka mempererat silaturrahim.
2.      Etika Bertamu
a.       Meminta izin masuk maksimal sebanyak tiga kali
b.      Memberi isyarat dan salam ketika datang
c.       Memperkenalkan diri sebelum masuk
d.      Masuk dan duduk dengan sopan
e.       Lama waktu bertamu maksimal tiga hari tiga malam
3.      Membiasakan akhlak bertamu
    Bertamu merupakan kebiasaan positif dalam kehidupan bermasyarakat dari zaman tradisional sampai zaman modern.
4.      Hikmah akhlak bertamu
Menumbuhkan sikap tolerasi, menjalin hubungan yang baik, dan bersilatur rahim.
Ø Akhlak Menerima Tamu
1.      Pengertian
    Menurut KBBI, menerima tamu diartikan kedatangan orang yang bertamu, melawat atau berkunjung.
2.      Etika menerima tamu
a.       Menerima tamu dengan sikap yang baik
b.      Antarkan sampai ke pintu halaman jika tamu pulang
c.       Wanita yang sendirian di rumah dilarang menerima tamu laki-laki masuk ke dalam rumahnya tanpa izin suaminya
3.      Membiasakan berakhlak menerima tamu
    Setiap muslim wajib memuliakan tamu, tanpa membeda-bedakan status sosial ataupun maksud dan tujuan bertamu.
4.      Hikmah berakhlak menerima tamu
Sebagai wujud keimanan dan dapat meningkatkan akhlak dan kepribadian.
F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
G.   Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu membiasakan akhlak terpuji.
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa  memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
H.    Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
I.       Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
J.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
K.   Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.


FULL DOWNLOAD 


 ARTIKEL MENARIK LAINNYA
  1. TRIK DOWNLOAD VIDEO DI YOUTUBE
  2. CARA MUDAH MEMBUAT AYAT QUR'AN DI OFFICE
  3. IJTIHAD SAHABAT NABI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar