Kamis, 12 Mei 2016

(ANA RAHMANIA) MATERI TELAAH BAB III KEWAJIBAN BERLAKU ADIL DAN JUJUR


BAB II
PEMBAHASAN
(DESKRIPSI)
1.      Identitas Materi:
Judul buku paket yang kami telaah adalah “Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 3 Untuk Kelas XII Madrasah Aliyah” yang disusun oleh Lilis Fauziyah R.A dan Andi Setyawan. Diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai  Pustaka Mandiri, Solo. KTSP berdasarkan standar isi madrasah aliyah Tahun 2008, dengan jumlah halaman 130 halaman yang diterbitkan pada tahun 2009. Buku paket ini memiliki cakupan yang sangat luas sesuai dengan materinya untuk kelas XII.
MATERI TELAAH BAB III KEWAJIBAN BERLAKU ADIL DAN JUJUR
2.      Standar Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.      Kompetensi Dasar:
1.      Mengartikan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur.
2.      Menjelaskan kandungan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.      Menunjukkan Perilaku Orang Yang Mengamalkan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur.
4.      Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti yang terkandung dalam QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur dalam kehidupan sehari-hari.

4.      Tujuan dan Orientasi:
Peserta didik dapat mengartikan, menjelaskan, menunjukkan, dan menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seseuai dengan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu peserta didik dapat mengimplementasikan dalam lingkungan masyarakat sesuai kandungan ayat-ayat al-qur’an dan hadis. Peserta didik juga diharuskan berlaku adil dan jujur dalam segala urusan dan menjadi manusia yang baik dan terhindar dari perbuatan yang tercela.
5.      Materi Pembelajaran:
Penjelasan Kandungan QS al-Maidah:8-10
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qçRqä. šúüÏBº§qs% ¬! uä!#ypkà­ ÅÝó¡É)ø9$$Î/ ( Ÿwur öNà6¨ZtB̍ôftƒ ãb$t«oYx© BQöqs% #n?tã žwr& (#qä9Ï÷ès? 4 (#qä9Ïôã$# uqèd Ü>tø%r& 3uqø)­G=Ï9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 žcÎ) ©!$# 7ŽÎ6yz $yJÎ/ šcqè=yJ÷ès? ÇÑÈ ytãur ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$#   Mçlm; ×otÏÿøó¨B íô_r&ur ÒOŠÏàtã ÇÒÈ šúïÏ%©!$#ur (#rãxÿx. (#qç/¤x.ur !$oYÏF»tƒ$t«Î/ šÍ´¯»s9'ré& Ü=»ysô¹r& ÉOÅspgø:$# ÇÊÉÈ
8.  Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. 9.  Allah Telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.10.  Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka itu adalah penghuni neraka.
Hadis tentang berlaku adil dan jujur:
Dari Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi saw, beliau bersabda,”Sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebaikan (ketaatan) dan kebaikan itu membawa ke surge. Dan seseorang membiasakan dirinya berkata jujur sehingga ia dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan dusta membawa kepada kemaksiatan, sedangkan kemaksiatan membawa ke neraka. Dan seseorang suka berdusta sehingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.” (H.R al-Bukhari no 5629 dan Muslim no 4719).
6.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran:
Dalam proses belajar mengajar materi al qur’an hadis kelas XII,pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan menurut saya yaitu dari BAB III ini, metode dan pendekatan yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, hafalan, dan penugasan untuk mencapai tujuan.
7.      Strategi Pelaksanaan Pembelajaran:
1.      Pendahuluan:
a.       Sebelum menyampaikan materi dalam buku paket al-qur’an dan hadis kelas XII yang berjudul “Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 3” pertama menyampaikan salam pembuka,mengawali do’a pembukaan untuk memulai materi.
b.      Mengulas dan menyinggung materi yang lalu untuk merangsang daya ingatnya sebagai awal pelajaran.
2.      Kegiatan inti
3.      Penutup:
Menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah disampaikan kepada peserta didik, serta memberikan tugas dan lain sebagainya untuk mengevaluasi hasil materi yang telah disampaikan.



8.      Evaluasi Hasil belajar:
Untuk evaluasi hasil pembelajaran yang digunakan dalam buku paket yang berjudul “Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 3” ini menggunakan tugas disajikan sebagai kecakapan siswa dalam menerima dan menggembangkan materi pelajaran yang telah disampaikan, latihan soal sebagai evaluasi siswa pada setiap akhir pembelajaran dan latihan ulangan semester disajikan sebagai evaluasi siswa pada setiap akhir semester. Khusus untuk kelas XII, disajikan latihan ujian akhir sekolah.
9.      Sumber dan Referensi Pembelajaran:
Sumber dan referensi yang digunakan dalam proses pembelajaran materi Al-Qur’an Hadis Kelas XII Madrasah Aliyah dari BAB I sampai BAB VII menggunakan buku paket yang berjudul “Kebenaran Al-qur’an dan Hadis 3” serta buku yang terkait dengan materi al-qur’an hadis yang bersangkutan seperti LKS.
10.  Waktu Pelaksanaan Pembelajaran:
BAB III: 14 jam pelajaran (7x pertemuan), satu kali pertemuan 90 menit (15 menit untuk pendahuluan, 60 menit untuk pembelajaran inti, dan 15 menit untuk penutup).
11.  Media Pembelajaran:
Media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang materi al-qur’an hadis kelas XII, selain buku-buku yang terkait dengan materi pelajaran al-qur’an hadis ini dalam proses pembelajaran juga menggunakan media power point, papan tulis dan peralatan alat tulis lainnya untuk mempermudah proses pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat diterima peserta didik secara baik.[1]

 FULL DOWNLOAD MAKALAH 


MAKALAH MENARIK LAIN
  1. SEJARAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HADITS 
  2. MENGENAL TOKOH DAN KITAB HADITS 
  3. PENGERTIAN ILMU HADITS DAN CABANG-CABANGNYA 



[1] Media pembelajaran ini, digunakan untuk membantu proses dalam penyampaian materi pembelajaran. Didalam buku paket al-qur’an hadis kelas XII ini sangat lengkap. Tetapi, dalammakalah kami hanya mencatumkan  sebagian materi saja yang kami kira sudah mencakup materi perbab. Jadi, jika ada kekurangan itu merupakan suatu yang kami miliki dari diri kita sebagai manusia. Dan kami sengaja tidak mencantumkan rangkuman materi karena buku paket ini tidak terdapat rangkuman materi, tetapi menurut kami buku paket ini mampu memberikan materi yang dilengkapi berbagai penjelasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar