Kamis, 12 Mei 2016

(DAVID MUHAMMAD H) SYIRIK


BAB II
PEMBAHASAN

MATERI SYIRIK
1.      Standar Kompeteni ; Memahami syirik dalam islam.
2.      Kompetensi Dasar :
-          Menjelaskan pengertian syirik.
-          Menunjukkan perilaku orang yang berbuat syirik.
-          Menghindari diri dari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Tujuan Pembelajaran.
a.       Peserta didik mengetahui pengertian syirik.
b.      Peserta didik mengetahui macam-macam syirik.
c.       Peserta didik mengerti tentang bagaiman perilaku syirik itu.
4.      Rangkuman Materi Pembelajaran.
1)      Pengertian syirik.
Yaitu menyukutukan Allah dalam dzat-nya, sifatnya dan perbuatannya.
2)      Macam-macam syirik
a.       Syirik Besar ,seperti : syirik dalam berdo’a, niat, keinginan.
b.      Syirik Kecil ,seperti : syirik dzahir (nyata atau dalam bentuk ucapan dan perbuatan) dan syirik khafi (tersembuny).
3)      Contoh perilaku syirik.
a.       Menyembah dan berdoa kepada selain Allah
b.      Sihir, ramalan, riya.
c.       Bernazar dan menyembelih binatang tidak diniatkan untuk Allah.
4)      Cara menghindari perilaku syirik.
a.       Mengagungkan Allah swt.
b.      Memohon pertolongan dan berdoa hanya kepada Allah.
c.       Menghindari perkataan yang menjurus kepada kemusyrikan.
5.      Metode Pembelajaran.
2
 
Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi.
BAB III
ANALISA

1.      Kesesuaian materi
Materi syirik yang dijabarkan dalam buku karya kholisin tersebut sudah sesuai namun kurang lengkap dalam isinya, seharusnya murid di bawa ke dimensi lain dalam buku tersebut dengan artian, siswa lebih dalam di ajak tidak hanya untuk menjauhi perbuatan syirik namun seharusnya buku tersebut juga memberikan wawasan syirik disekitar kita yang tidak sengaja kita juga melakukan perbuatan itu, misalkan kita terlalu terlalu mempercayai bahwa ada seorang dokter yang dapat menyembuhkan segala dan pada kenyataannya Allah lah yang menyembuhkan semua penyakit itu lewat peran tara dokter tersebut.
Maksud saya disini adalah buku tersebut seharusnya membuat para siswa menjadi kritis dan tidak hanya melulu memberikan contoh yang klasik dan terkesan kuno dan hanya itu-itu saja, namun seharusnya siswa diberikan pengetahuan yang modern yang sekarang lagi berkembang di masyarakat mengenai hal-hal atau contoh syirik.


FULL DOWNLOAD 


MAKALAH MENARIK LAINNYA 
  1. MU'TAZILAH (ILMU KALAM)
  2. KHAWARIJ (ILMU KALAM)
  3. MENGENAL TOKOH DAN KITAB KHADITS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar