Sabtu, 14 Mei 2016

KELOMPOK 5 (TELAAH PAI AKIDAH AKHLAK KELAS XI KURIKULUM 2013)


MAKALAH
TELAAH PAI AKIDAH AKHLAK KELAS XI KURIKULUM 2013
Disusun Untuk  Tugas Mata Kuliah TELAAH PAI III
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Rombel A.1
Dosen Pengampu: Drs. ABDURROZAQ ASSOWY, M.Ag



KELOMPOK V:
1.    NUR FATAYAT KHOIRUL NOVIK     NIM:141310003027
2.     LAILA FEBRI QODRIYANA                NIM:141310003035
3.     AUKHA ULIVATUL KHOIRUM          NIM:141310003045             
4.     DEVI YULIAWATI                                 NIM:141310003155

KELAS : 4 PAI AI
 

UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ‘ULAMA
(UNISNU) JEPARA
2016
MAKALAH LENGKAP KLIK BAAWAH
KUMPULAN MAKALAH LENGKAP
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Aqidah akhlak merupakan mata pelajaran yang sangat berperan dalam pembentukan watak serta akhlak kepada para pembelajarnya. Di dalamnya ada dua aspek yang sangat berperan dalam kehidupan manusia, aspek aqidah serta aspek akhlak.
Aspek aqidah memiliki peran dalam membentuk fondasi keimanan terhadap Allah, malaikat, kitab, rasul, hari akhir serta qada dan qadar. Sehingga jika aqidah seseorang telah kuat, maka imannya juga kuat. Tetapi manusia yang memiliki akal dan hawa nafsu, ada kalanya iman bertambah, dan ada kalanya iman akan berkurang Oleh karena itu penting mempelajari aqidah agar iman kita senantiasa bertambah kepada Allah SWT.
Dengan aqidah yang kuat dan membentuk fondasi keimanan yang kuat dan kokoh, maka akhlak manusia akan otomatis menjadi akhlak yang baik. Pendidikan akhlak bukan sekedar mengajarkan mana yangg benar dan mana yang salah, tetapi lebih dari itu pendidikan akhlak menanamkan kebiasaan (habituation) tentang hal yang baik, sehingga seseorang menjadi paham (kognitif) mana yang baik dan mana yang buruk, benar dan salah, mampu merasakan (afektif) nilai yang baik dan terbiasa untuk melakukannya (psikomotor).
            Sebagai seorang guru, sebelum mengajarkan materi dalam mata pelajaran apapun, sudah selayaknya untuk menelaah terlebih dahulu tentang materi yang akan diajarkannya. Baik menelaah dalam aspek substantifnya yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi yang akan disajikan telah sesuai atau belum dengan tingkat pemahaman peserta didik, dan juga dari aspek formatifnya yang mencakup pendekatan, metode, media, alokasi waktu, dan evaluasi yang ada dalam materi tersebut. Pada bab selanjutnya Kami akan menjelaskan mengenai telaah substantif dan telaah formatif pada telaah materi kelas XI  Akidah Akhlak Madrasah Aliyah (MA) yang berisikan Diskripsi Kurikulum, Analisis Komprehensif dan Analisis SWOT.
B.     Rumusan Masalah
Melihat latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang akan dipaparkan dalam makalah ini adalah:
1.      Bagaimana cara Mendeskripsikan Kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013?
2.      Bagaimana cara Menganalisis Komprehensif  Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013?
3.      Bagaimana cara Menganalisis SWOT Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013?

C.    TUJUAN PENULISAN
Berdasarkan pada permasalahan yang diajukan di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui cara mendeskripsikan kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013.
2.      Untuk mengetahui cara menganalisis secara komprehensif kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013.
3.      Untuk mengetahui cara menganalisi dengan SWOT Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Kurikulum 2013.
 BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
SEMESTER SATU
BAB I : MEMAHAMI ILMU KALAM
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.     Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive, proaktif).
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan meta kognitif pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembanhan dari yang di pelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif sesuai kaidah keilmuan.
C.    Kompetensi Dasar
1.      Menghayati fungsi ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
2.      Terbiasa berfikir kritis dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi ilmu kalam
3.      Memahami pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmukalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
4.      Menyajikan peta konsep pengertian, ruang lingkup , fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya.
D.    Tujuan dan Orientasi
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
2.      Siswa dapat membedakan antara ilmu kalam, filsafat dan tasawuf.
E.     Materi Pembelajaran
A.  Pengertian Ilmu Kalam
Ilmu kalam adalah suatu ilmu yang membahas berbagai masalah ketuhanan dengan menggunakan argumen logika dan filsafat.

B.  Dasar Pembahasan Ilmu Kalam
Dasarnya Q.S Al-Ikhlas:1-4 dan hadist.   
C.  Ruang lingkup pembahasan ilmu kalam
1.      Pembahasan ilmu kalam
a.       Hal-hal yang berhubungan dengan Allah SWT.
b.      Hal yang berhubungan dengan utusan Allah.
c.       Hal-hal yang berhubungan dengan hari yang akan datang, surga, neraka, dan sebagainya.
2.      Aspek-aspek ilmu kalam, ialah keesaan zat, sifat, perbuatan, dan beribadah kepada Allah.
3.      Masalah- masalah yang bertentangan dengan kalam
D.  Fungsi ilmu kalam
             Untuk memperkuat aqidah islam, menolak aqidah yang sesat.
E.  Sejarah ilmu kalam
        Ada beberapa firqoh ilmu kalam pada zaman sahabat, diantaranya khawarij, murji’ah, jabariyah, dan qadariyyah.
F.   Hubungan ilmu kalam dengan ilmu-ilmu lain
Hubungan ilmu kalam dengan ilmu fiqih, Hubungan ilmu kalam dengan ilmu tasawuf, dan Hubungan ilmu kalam dengan ilmu falsafah.
G. Peranan ilmu kalam dalam kehidupan
1.      Memahami kembali makna ajaran islam
2.      Memahami keberagaman keyakinan dengan sikap toleran
H.    Metode Pembelajaran
            Pendekatan Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
I.  Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu memahami ilmu kalam.
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa  memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
J.      Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
K.    Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
L.     Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
M.   Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point dan papan tulis       
BAB II MEMAHAMI ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM DAN TOKOH- TOKOHNYA
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, rumah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan , teknologi, seni, budaya serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri secara mandiri, efektif, kratif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C.    Kompetensi dasar :
1.       Menghayati nilai-nilai positif dari adanya aliran-aliran dalam ilmu kalam
2.      Membiasakan diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat
3.      Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
4.      Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
D.    Tujuan Pembelajaran
            Melalui pengamatan terhadap berbagai literatur dan diskusi di harapkan siswa dapat menjelaskan pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syiah, Jabariah, Qodariah, Asyariyah, Al Maturidiyah dan Mu’tazilah).
E.    Materi Pembelajaran
A.  Aliran khawarij
1.    Pengertian
   Khawarij adalah kelompok yang keluar dari golongan Ali atau tidak membela sahabat Ali bin Abi Talib.
2.    Dasar ajaran
Terdapat dapat QS Al-Baqarah (2);207.
3.      Doktrin ajaran
Setiap umat Muhammad yang terus menerus melakukan dosa besar hingga matinya belum melakukan tobat, maka dihukumkan kafir serta kekal dan neraka.
4.      Sekte
a.       Sekte Al Azariqah
b.      Sekte Al Ibadiah
B.     Aliran Murji’ah
1.      Pengertian
Kata murji’ah berasal dari kata bahasa arab arja’a, yarji,u yang berarti menunda atau menagguhkan.
2.      Sekte
Menurut Harun Nasution aliran murji’ah dibagi menjadi dua yakni golongan moderat dan ekstrim.
C.    Aliran Syi’ah
1.      Pengertian
Syi’ah berarti pembela dan pengikut seseorang. Jadi syi’ah adalah bentuk pendek dari kalimat bersejarah syi’ah ‘Ali artinya “pengikut Ali”.
2.      Doktrin ajaran
a.       Tauhid bahwa Allah SWT adalah maha Esa
b.      Al Adl bahwa Allah SWT maha adil
c.       An-nubuwah mempercayai kepercayaan syi’ah meyakini keberadaan para Nabi
d.      Al-imamah meyakini adanya iman-iman yang senantiasa memimpin umat sebagai penerus risalah kenabian
e.       Al-ma’ad bahwa akan terjadinya hari kebangkitan
3.      Sekte
a.       Dua belas imam
b.      Ismailiyah
c.       Zaidiyah
D.    Aliran jabariyah
1.      Pengertian
Menurut harun nasution jabariyah adalah paham yang menyebutkan bahwa segala perbuatan manusia telah ditentukan dari semula oleh qadha dan qadar Allah.
2.      Dasar ajaran
QS.al shaffat (37): 96, dan QS al-insan (76):30.
3.      Doktrin ajaran
a.       Aliran ekstrim
b.      Aliran moderat
E.     Aliran Qadariyah
1.      Pengertian
Qadariyah adalah suatu aliran yang percaya bahwa segala tindakan manusia tidak diintervasi oleh Allah.
2.      Dasar ajaran
QS Ar-ra’ad (13): 11.
3.      Doktrin ajaran
Menurut Dr. Ahmad Amin pokok-pokok ajaran Qadariyah :
1.      Orang yang berdosa besar itu bukanlah kafir, dan bukanlah mukmin , tapi fisik dan orang fasik itu masuk neraka secara kekal.
2.      Dll.
F.     Aliran mu’tazilah
1.      Pengertian
Mu’tazilah adalah salah satu aliran pemikiran dalam islam yang banyak terpengaruh dngan filsafat barat sehinggah berkecenderungan menggunakan rasio sebagai dasar argumentasi.
2.      Doktrin ajaran
a.       Al-Tauhid
b.      Al-adl
c.       Al-wa’d wa’al wa’id (janji dan ancaman)
d.      Al-manzilah bain al manzilatain
e.       Amar ma’ruf nahi mungkar
G.    Aliran ahlu sunnah waljamaah/sunni
1.      Aliran asy’ariyah
a.       Pengertian
Asy’ariyah adalah sebuah paham akidah yang di nisbatkan kepada abul hasan al asy’ary.
b.      Doktrin ajaran
Sifat-sifat Allah, Al-Quran, melihat tuhan, perbuatan manusia, keadilan tuhan, dan muslim yang berbuat dosa.
2.      Aliran maturidiyah
a.       Pengertian
Maturidiyah adalah aliran pemikiran kalam yang berpegang pada keputusan akal pikiran dalam hal-hal yang tidak bertntangan dengan syara’.
b.      Doktrin ajaran
Akal dan wahyu, perbuatan manusia, kekuasaan dan kehendak, sifat Tuhan, melihat Tuhan, kalam Tuhan, dll.
c.       Madzhab aliran maturidiyah
Golongan samarkand dan buhara.
H.    Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
I.       Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa  memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
J.      Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
K.   Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
L.    Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
M.  Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point dan papan tulis
BAB III MENGHINDARI AKHLAK TERCELA
A.                                   Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagiaan dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C.    Kompetensi Dasar
1.    Mengahayati kewajiban menghindari perilaku dosa besar
2.    Menghindari dampak negative akibat perbuatan dosa besar (mabuk- mabukan, mengkomsumsi Narkoba, Berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri).
3.    Memahami dosa besar (mabuk- mabukan, mengkomsumsi Narkoba, Berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri).
4.    Menunjukkan contoh perbuatan dosa besar di masyarakat dan akibatnya.
D.    Tujuan dan Orientasi
1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk- mabukan, mengkomsumsi Narkoba, Berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri).
2.    Siswa dapat menjelaskan contoh dosa besar (mabuk- mabukan, mengkomsumsi Narkoba, Berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri).
3.    Siswa dapat menjelaskan akibat negative dosa besar (mabuk- mabukan, mengkomsumsi Narkoba, Berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri).
E.     Materi Pembelajaran
Ø  Mabuk- Mabukan
1.       Pengertian perilaku Mabuk-mabukan
MUI (Majelis Ulama Indonesia) mendefinisikan khamr sebagai segala sesuatu, baik minuman atau wujud lain yang dapat menghilangkan akal dan digunakan untuk penyalahgunaan.
2.      Jenis minuman yang memabukkan
Bir, Brendy, dan Vodka
3.      Akibat negative perilaku mabuk-mabukan
Melanggar larangan agama, terlarang melaksanakan ibadah, menimbulkan gangguan mental dan mendapat sanksi.
4.      Menghindari perilaku mabuk-mabukan
a.    Menyakini bahwa minum keras adalah perilaku keji dan pelakunya diancam neraka karena termasuk dosa besar.
b.    Menghindari bergaul dengan pemabuk
c.    Gunakan waktu luang untuk hal-hal yang bermanfaat.
5.      Hikmah larangan perilaku mabuk-mabukan
Melakukan perintah Allah, dapat menjaga kesehatan, dan memberi kenyamanan terhadap masyarakat.
Ø  Judi
1.      Pengertian perilaku judi
       Judi perbuatan buruk dan dosa besar, karena itu Allah mengharamkan perilaku ini yang disebutkan dalam QS. Al Maidah [5] : 90.
2.      Unsur-unsur Judi : Permainan, Untung- untungan, Ada taruhan.
3.      Akibat negatif perilaku judi
      Merusak ukhuwah di antara muslim dengan timbulnya permusuhan dan kebencian sesama karena adanya perjudian.
4.      Menghindari perilaku Judi
1)                  Senantiasa beramar ma’ruf nahi mungkar di setiap saat.
2)                  Setiap orang berusaha menghindari pergaulan dengan penjudi.
3)                  Banyak bergaul dengan orang yang jelas-jelas baik.
5.      Hikmah larangan perilaku judi
1)      Melatih diri untuk sabar dan tenang dalam menghadapi berbagai tipuan dunia.
2)      Mantap dan khusyu’ dalam berdzikir dan beribadah kepada Allah SWT.
Ø Zina
1.      Pengertian perilaku Zina
    Zina adalah persetubuhan yang dilakukan oleh seorang lelaki dengan seorang perempuan tanpa pernikahan yang sah. Diterangkan dalam QS. Al Isra’ [17]; 32.
2.      Macam-macam zina
Zina mukhson dan goiru mukhson.
3.      Akibat negatif perilaku zina
Merusak identitas keturunan, menimbulkan penyakit dan mendapat sanksi.
4.      Menghindari perilaku zina
Menutup aurat, tidak berduaan, dan tidak mendatangi tempat maksiat.
5.      Hikmah larangan perilaku zina
Melaksanakan larangan Allah dan slalu bertaqwa kepada Allah.
Ø Mencuri
1.      Pengertian perilaku mencuri
              mencuri diartikan sebagai mengambil milik orang lain tanpa izin atau dengan tidak sah, biasanya dengan sembunyi-sembunyi.
2.      Akibat negatif perilaku mencuri
Madlorot bagi pelaku dan masyarakat.
3.      Menghindari perilaku mencuri
Bersyukur, menghargai milik orang lain dan meningkatkan kerja.
4.      Strategi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi
a.       Strategi Preventif (pencegahan)
b.      Strategi Deduktif
c.       Strategi Represif
5.      Hikmah larangan perilaku mencuri
Tidak mudah iri dengan milik orang lain, dan menghindari sifat malas
Ø Mengkomsumsi Narkoba
1.      Pengertian perilaku mengkomsumsi Narkoba
              Menurut UU No.22 Tahun 1997 Narkotika adalah zat atau obat yang yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran, dan dapat menimbulkan ketergantungan.
2.      Jenis-jenis Narkoba
Heroin, Ganja, Ekstasi, Sabu-Sabu, Amfetamin, Inhalen.
3.      Akibat negatif perilaku mengkomsumsi Narkoba
              membuat pemakainya ketergantungan yaitu dampak psikis, dampak sosial, dan dampak fisik.
4.      Menghindari perilaku mengkomsumsi Narkoba
Kuatkan iman, belajar berkata tidak pada Narkoba, melakukan kegiatan positif.
5.      Penanggulangan perilaku mengkomsumsi Narkoba
Pembinaan, progam pencegahan, pengobatan, rehabilitatif, dan represif.
6.      Hikmah larangan perilaku mengkomsumsi Narkoba
Masyarakat terhindar dari kejahatan, Menjaga kesehatan jasmani dan rohani, Menjaga hati agar tetap taqarrub kepada Allah SWT.
F.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  Pendekatan Saintifik
F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
G.   Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu menghindari akhlak tercela.
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa  memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
H.    Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
I.       Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
J.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
K.   Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.
BAB IV MEMBIASAKAN AKHLAK TERPUJI
A.    Judul
            Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013”.
B.     Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagiaan dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
  1. Kompetensi Dasar (KD)
1.      Mengahayati akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
2.      Membiasakan akhlak (adab) yang baik dalam berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
3.      Memahami akhlak (adab) berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
4.      Mensimulasikan akhlak (adab) berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.
  1.  Tujuan dan Orientasi
1.      Siswa dapat menjelaskan akhlak (adab) berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
2.      Siswa dapat menunjukkan akhlak (adab) berpakain, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu.
  1. Materi Pembelajaran
Ø       Akhlak Berpakaian
1.      Pengertian Pakaian
Pakaian menurut KBBI adalah barang apa yang dipakai istilah pakaian/ busana.
2.      Fungsi Pakaian
Menutup aurat, melindungi dari bahay, dan petunjuk identitas.
3.      Batas Aurat
a.       Batas Aurat Laki-laki
Imam malik, Syafi’i, dan Abu Hanifah berpendapat bahwa lelaki seluruh badannya dari pusar hingga lututnya.
b.      Batas Aurat Perempuan
Menurut sebagian besar ulama berkewajiban menutup seluruh anggota tubuhnya kecuali muka dan telapak tangannya.
4.      Adab Berpakaian
a.       Disunnatkan memakai pakaian pantas, serasi, rapi dan bersih.
b.      Pakaian harus menutup aurat.
5.      Membiasakan Akhlak Berpakaian
Busana Muslimah haruslah mempunyai kriteria sebagai berikut : Tidak jarang dan ketat, tidak menyerupai laki-laki.
6.      Hikmah Akhlak Berpakaian
Menjaga identitas muslim, dan menjaga kesehatan dan kebersihan.
Ø Akhlak Berhias
1.      Pengertian Berhias
Menurut KBBI, berhias diartikan sebagai usaha memperelok diri dengan pakaian ataupun lainnya yang indah, berdandan dengan dandanan yang indah dan menarik.
2.      Macam- macam Berhias
Jilbab, perhiasan, dan kosmetik.
3.      Akhlak Berhias
Niat yang baik, menggunakan bahan yang halal, dan tidak berlebihan.
4.      Hikmah Akhlak Berhias
Berhias memberikan pengaruh positif dalam berbagai aspek kehidupan, karena berhias diniatkan untuk beribadah.
Ø Akhlak Perjalanan (Safar)
1.      Pengertian
    Dalam bahasa Arab, berpergian dinamakan safar yakni menempuh perjalanan. Menempuh perjalanan dinamakan dengan safar, sedang yang melakukan/ bepergian dinamakan musafir.
2.      Akhlak dalam Perjalanan
1)      Pastikan perjalanan dilakukan dengan niat semata-mata karena Allah SWT.
2)      Mengerjakan shalat sunnah dua atau empat rakaat sebelum memulai perjalanan.
3)      Ketika keluar rumah disunnahkan membaca doa.
3.      Hikmah melakukan Perjalanan
Menghibur diri, memperoleh pengalaman, dan menambah wawasan dan kawan.
Ø Akhlak Bertamu
1.      Pengertian
    Bertamu adalah berkunjung ke rumah orang lain dalam rangka mempererat silaturrahim.
2.      Etika Bertamu
a.       Meminta izin masuk maksimal sebanyak tiga kali
b.      Memberi isyarat dan salam ketika datang
c.       Memperkenalkan diri sebelum masuk
d.      Masuk dan duduk dengan sopan
e.       Lama waktu bertamu maksimal tiga hari tiga malam
3.      Membiasakan akhlak bertamu
    Bertamu merupakan kebiasaan positif dalam kehidupan bermasyarakat dari zaman tradisional sampai zaman modern.
4.      Hikmah akhlak bertamu
Menumbuhkan sikap tolerasi, menjalin hubungan yang baik, dan bersilatur rahim.
Ø Akhlak Menerima Tamu
1.      Pengertian
    Menurut KBBI, menerima tamu diartikan kedatangan orang yang bertamu, melawat atau berkunjung.
2.      Etika menerima tamu
a.       Menerima tamu dengan sikap yang baik
b.      Antarkan sampai ke pintu halaman jika tamu pulang
c.       Wanita yang sendirian di rumah dilarang menerima tamu laki-laki masuk ke dalam rumahnya tanpa izin suaminya
3.      Membiasakan berakhlak menerima tamu
    Setiap muslim wajib memuliakan tamu, tanpa membeda-bedakan status sosial ataupun maksud dan tujuan bertamu.
4.      Hikmah berakhlak menerima tamu
Sebagai wujud keimanan dan dapat meningkatkan akhlak dan kepribadian.
F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
G.   Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu membiasakan akhlak terpuji.
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa  memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
H.    Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
I.       Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
J.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
K.   Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.      
BAB V MENELADANI KISAH FATIMATUZ ZAHRA DAN UWAIS AL QARNI
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagiaan dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
  1. Kompetensi Dasar (KD)
1.      Mengahayati keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uwais al-Qarni.
2.      Meneladani keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uwais al-Qarni.
3.      Menganalisis sifat-sifat utama Fatimatuzzahra binti Rasulullah saw dan Uwais al-Qarni.
4.      Menceritakan sifat-sifat utama Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwais al-Qarni.
  1. Tujuan dan Orientasi
1.      Siswa dapat menunjukkan sifat- sifat utama Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwais al-Qarni.
2.      Siswa dapat menceritakan menunjukkan sifat- sifat utama Fatimatuzzahrah binti Rasulullah saw dan Uwais al-Qarni.
  1. Materi Pembelajaran
Ø Fatimah Az-Zahrah
1.      Riwayat hidup singkat
Fatimah Az-Zahra adalah putri Nabi Muhammad saw dan khadijah. Ketika sudah dewasa dia menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Fatimah dilahirkan di Makkah pada tanggal 20 Jumadil Akhir, 18 tahun sebelum Nabi Saw. Hijrah (tahun ke-5 dari kerasulan).
2.      Teladan yang bias diambil
Fatimah adalah seorang wanita yang agung, seorang ahli hukum Islam. Dari Fatimah inilah banyak diriwayatkan hadis Nabi saw. Dialah tokoh perempuan dalam bidang kemasyarakatan. Orangnya sangat sabar dan bersahaja, akhlaknya sangat mulia.
Ø Uwais al- Qarni
1.      Riwayat hidup singkat
           Uwais al-Qarni adalah salah seorang penduduk Yaman, daerah Qarn dari kabilah Murad. Ayahnya sudah tiada dan dia hidup bersama ibunya dan sangat berbakti kepadanya. Menurut keterangan..
2.      Teladan yang bias diambil
Uwais al-Qarni sosok pribadi yang sangat sederhana. Hidupnya tidak bergelimang dengan harta. Ujian hidup yang dialami diterima dengan ikhlas dengan tetap tidak meninggalkan usaha dan kerja keras untuk keluar dari ujian itu. Termasuk ketika diuji penyakit kusta oleh Allah SWT.
F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Keteladanan, Diskusi
G.   Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu meneladani kisah fatimatuz zahra dan uwais al qarni
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
H.    Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
I.       Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
J.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
K.   Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.
SEMESTER DUA (II)
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013
B.     Penjelasan Materi Kelas XI Semester 2
BAB VI : MEMAHAMI TASAWUF DALAM ISLAM 
Kompetensi Inti (KI):         
-          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
-          Mengembangkan perilaku baik dan menjunjug sikap sosial serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
-          Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. Serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
-          Mengelolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetendi Dasar (KD):
-          Menghayati ajaran tasawuf untuk memperkukuh keimanan
-          Membiasakan penerapan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari
-          Memahami pengetian, kedudukan dan sejarah tasawuf dalam Islam
-          Menyajikan pengertian, kedudukan dan sejarah tasawuf dalam Islam’
Indikator :
-          Siswa dapat menjelaskan pengertian, kedudukan dan sejarah tasawuf dalam Islam
-          Sisw dapat menunjukkan fungsi dan peranan tasawuf dalam keagamaan dan kehidupan modern
C.    Materi Pembelajaran
a.      Pengertian Tasawuf
Tasawuf adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlak, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagiaan yang abadi.
b.      Dasar-dasar Tasawuf
(QS. As Sajdah:16)
c.       Sejarah Perkembangan Tasawuf
1.      Abad I dan II Hijriyah
Pada abad I dan II hijriyah belum bisa sepenuhnya disebut fase tasawuf tapi lebih tepat sabagai fase kezuhudan.
2.      Abad III dan IV Hijriyah
Pada abad ini disebut dengan fase tasawuf, dikarenakan tujuan utama kegiatan ruhani.
3.       Abad V Hijriyah
Fase ini disebut fase konsolidasi yakni memperkuat tasawuf dengan dasarnya yang asli yaitu Al-Quran dan Hadist.
4.      Abad VI Hijriyah
Fase ini ditandai dengan munculnya tasawuf falsafi yakni tasawuf yang memadukan antara rasa dan rasio.
d.      Pembagian Ilmu Tasawuf
1.      Tasawuf akhlaki
2.      Tasawuf amali
3.      Tasawuf falsafi
e.       Sumber-sumber Tasawuf
Allah, Rasulullah, pengalaman sahabat, ijma’ dan qiyas.               
f.       Peranan Tasawuf dalam Kehidupan Modern
Memberikan bimbingan bagi manusia, terapi mental bagi manusia, dan sebagai pengendali moral.
g.      Teladan sufi Nabi Muhammad SAW
Pengalaman sufi Nabi Muhammad SAW
Pengalaman khalwat di gua hira, kebenaran mimpi Nabi, wahyu yang diturunkan, dan isra’ mi’raj.
Ø  Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah ceramah, penugasan dan diskusi
Ø  Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
·         Menyampaikan salam pembuka dan menanyakan keadaan.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa.
·         Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang tasawuf.
2.      Kegiatan Inti
3.      Penutup
·         Guru menyimpulkan kembali poin-poin pelajaran yang dibahas.
·         Memberikan tugas latihan soal agar siswa lebih menguasai materi.
·         Memberi salam penutup.
Ø  Waktu pelaksanaan pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit atau satu setengah jam, 15 menit unruk pendahuluan, 50 menit untuk kegiatan inti, dan 15 menit untuk penutup.
Ø  Referensi
Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket, buku yang berkaitan dan pengetahuan dari guru itu sendiri.
Ø  Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah slide dan papan tulis.
Ø  Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar melalui tes tertulis dan verbal.
BAB VII : AKHLAK PERGAULAN REMAJA 
Kompetensi Inti (KI) :
-          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
-          Mengembangkan perilaku baik dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berintegrasi secara efektif dengan lingkungan sosial dan dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
-          Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
-          Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar (KD) :
-          Menghayati nilai-nilai positif dalam pergaulan remaja
-          Menghindari perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak islam dalam fenomena kehidupan
-          Memahami pentingnya akhlak terpuji pergaulan remaja
-          Menyajikan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Indikator :
-          Siswa dapat menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
-          Siswa dapat menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
A.    Materi Pembelajaran
1.      Akhlak Terpuji dalam Pergaulan remaja
Persaudaraan, pengembangan keilmuan, dan menghormati dan menyayangi.
2.      Nilai Positif Perilaku Terpuji dalam Pergaulan Remaja
Menumbuhkan sikap arif dan bijaksana, disiplin, mandiri dan tanggung jawab.
3.      Membiasakan Sikap Terpuji dalam Pergaulan Remaja
a.       Menutup aurat
b.      Mengajak untuk berbuat kebaikan
c.       Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
d.      Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang kebih muda
e.       Bersikap santun dan tidak sombong
4.      Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja
Pergaulan bebas, tawuran antar remaja, dan mengkonsumsi minuman keras.
5.      Nilai Negatif Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja
Bertentangan dengan ajaran agama, hilanhnya budaya malu, dan menimbulkan masalah kesehatan.
6.      Menghindari Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja
a.       Meningkatkan kadar iman dan amal sholeh
b.      Meningkatkan kualitas akhlak dan etika bergaul
c.       Mengatur waktu dengan baik
B.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Keteladanan, Diskusi, dan praktek.
C.    Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu meneladani sifat terpuji abdurrahman bin auf dan abizar al-ghifari.
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
D.  Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
E.     Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
F.     Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
G.    Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.
BAB VIII MENGHINDARI AKHLAK TERCELA
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagiaan dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
  1. Kompetensi Dasar (KD)
1.      Menyadari kewajiban menghindari akhlak tercela: israf, tabzir, dan bakhil
2.      Menghindari perbuatan israf, tabzir, dan bakhil dalam kehidupan sehari-hari
3.      Memahami pengertian dan bentuk israf, tabzir dan bakhil
4.      Menyajikan peta konsep contoh dan ciri-ciri perilaku israf, tabzir, dan bakhil
  1. Tujuan dan Orientasi
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian israf, tabzir dan bakhil
2.      Siswa dapat menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan israf, tabzir dan bakhil.
  1. Materi Pelajaran Bab VIII (Menghindari Akhlak Tercela)
A.    Isyraf
1.      Pengertian Israf
Israf adalah tindakan seseorang yang melampaui batas yang telah ditentukan oleh syariat. Dalam Alquran terdapat dalam QS. Al A’raf [7]: 31.
2.      Bahaya Perilaku Israf
bekasnya dapat menghilangkan keteguhan dan keseimbangan yang dituntut agama dalam melaksanakan berbagai tanggung jawab hukum.
3.      Bentuk Perilaku Israf
Menuruti hawa nafsu, memamerkan harta, dan melakukan perbuatan yang isa-sia.
4.      Menghindari Perilaku Israf
Ø Dampak yang ditimbulkan akibat perbuatan israf yaitu dibenci Allah, menjadi sahabat setan, menjadi orang yang tersesat.
5.      Hikmah perilaku Israf
a.       Setiap muslim dilarang mengikuti nafsu syahwat.
b.      Perbuatan melampaui batas merupakan wujud pengingkaran terhadap nikmat yang telah diberikan Allah SWT.
B.     Tabdzir
1.      Pengertian Tabdzir
Tabzir adalah semua bentuk penggunaan harta untuk perbuatan haram atau makruh menurut syariat. Dalam Al-Quran dalam QS. Al Isra’ [17]: 26-27.
2.      Bahaya perilaku Tabzir
a.       Membantu orang lain dalam kemaksiyatan
b.      Orang yang bersedekah tetapi tidak ikhlas
c.       Mengkomsumsi makanan yang membahayakan
3.      Menghindari Perilaku Tabzir
Mendapat murka Allah, mendapat siksa pedih dan kesengsaraan dunia dan akhirat.
4.      Hikmah perilaku tabzir
a.   Setiap muslim dilarang bersikap boros karena boros merupakan tabiat setan
b.   Larangan keras membelanjakan harta dengan cara sesuka hatinya.
C.    Bakhil
1.      Pengertian Bakhil/Kikir
            Bakhil adalah menahan harta yang seharusnya dia keluarkan. dalam Al-Quran yaitu QS Al-Isra: 29-30dan hadis Nabi Saw.
2.      Bahaya Perilaku Bakhil
Dosa besar, mengikuti setan, terhalang masuk surga, dan sempit rizqi.
3.      Menghindari Perilaku Bakhil
a.       Keyakinan bahwa segala sesuatu itu milik Allah
b.      Banyak bersyukur atas nikmat yang Allah berikan
c.       Gemar melakukan kegiatan sosial dengan infak dan sedekah
d.      Memohon perlindungan dari Allah dari sifat bakhil/kikir
4.      Hikmah perilaku Bakhil
1.      Salah satu akhlak tercela yang paling besar pengaruhnya bagi kehidupan seseorang adalah sifat bakhil
2.      Sifat bakhil adalah pokok dari semua kehinaan
3.      Manusia senantiasa berusaha menjauhkan diri dari sifat bakhil
D.    Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
E.     Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu menghindari akhlak tercela.
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
F.  Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
G.    Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
H.    Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
I.       Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.
BAB IX ADAB TAKZIYAH
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013”
B.    Kompetensi Inti (KI)
1)      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagiaan dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2)      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
C.    Kompetensi Dasar (KD)
1)      Menghayati nilai-nilai dari peristiwa kematian melalui takziyah
2)      Membiasakan diri untuk melakukan takziah
3)      Memahami akhlak (adab) yang baik ketika melakukan takziyah
4)      Mensimulasikan tatacara takziyah
  1. Tujuan dan Orientasi
1)      Siswa dapat menjelaskan pengertian akhlak (adab) yang baik ketika melakukan takziyah
2)      Siswa dapat menunjukkan bentuk dan contoh- contoh akhlak (adab) yang baik ketika melakukan takziyah
  1. Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Takziyah
Takyiah adalah mendatangi keluarga orang yang meninggal dunia.
2.      Dasar Hukum Perintah Takziyah
QS. Al-Maidah : 2 dan Hadis Nabi SAW.
3.      Adab Takziyah
Menghibur, sopan dan santun, mengikuti penyelenggaraan jenazah.
4.      Nilai Positif Takziah
Meringankan beban, memotivasi, dan mendoakan          
F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
G.   Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu menghindari adab takziyah.
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
H.    Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
I.       Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
J.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
K.   Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.
BAB X MENELADANI SIFAT TERPUJI ABDURRAHMAN BIN AUF DAN ABIZAR AL-GHIFARI
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagiaan dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C.    Kompetensi Dasar (KD)
1.      Menghayati keutamaan sifat Shahabat Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
2.      Meneladani keutamaan sifat Shahabat: Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
3.      Menganalisis kisah keteladanan sifat Shahabat: Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
4.      Menceritakan kisah keteladanan sifat Shahabat: Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
  1. Tujuan dan Orientasi
1.      Siswa dapat menjelaskan kisah keteladanan sifat Shahabat: Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
2.      Siswa dapat menunjukkan menjelaskan kisah keteladanan sifat Shahabat: Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
E.    Materi Pembelajaran Bab X (Meneladani Sifat Terpuji Abdurrahman Bin Auf Dan Abizar Al-Ghifari)
1.      Abdurrahman bin Auf
a.       Riwayat Hidup Singkat
Ø  Abdurrahman bin Auf termasuk dari delapan orang yang mula-mula masuk Islam. Ia juga tergolong sepuluh sahabat yang diberi berita kabar gembira oleh Rasulullah masuk surga dan termasuk enam orang sahabat yang bermusyawarah dalam pemilihan khalifah setelah Umar bin Khathab.
b.      Teladan yang bisa diambil
Abdurrahman bin Auf merupakan salah satu shahabat Nabi yang perlu kita teladani, karena ia memiliki sikap tolong menolong, watak yang dinamis dalam berusaha, dermawan, serta zuhud atau tidak gila dunia.
2.      Abizar al-Ghifari
      Abizar al-Ghifari sangat dikenal sebagai penyayang kaum dhuafa. Kepedulian terhadap golongan fakir ini bahkan menjadi sikap hidup dan kepribadian Abizar. Abizar sebelum masuk Islam merupakan perampok disekitar wilayahnya.
      Namun hasilnya dibagi-bagikan kepada kaum dhuafa. Kebiasaan itu berhenti begitu menyatakan diri masuk agama Islam. Abizar shahabat Nabi yang mempunyai prinsip hidup sederhana dan peduli terhadap kaum miskin.
F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Keteladanan, Diskusi
G.   Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu meneladani sifat terpuji abdurrahman bin auf dan abizar al-ghifari.
2.      Kegiatan Inti
3.      Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
H.    Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).

I.       Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
J.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
K.   Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.

BAB III
ANALISIS KOMPREHENSIF

Ø Analisis Spesifikasi (Deskriptif)
A.    Analisis Profil dan isi buku
Buku yang akan dianalisis dalam makalah ini berjudul buku siswa aqidah akhlak pendekatan saintifik kurikulum 2013 untuk madrasah aliyah (peminatan IPA, IPS, dan BAHASA) kelas XI, yang di kontributor naskah oleh Usman, Abdurohman, Noek ainul latifahdan diterbitkan oleh kementrian agama 2015. Disampul depan yang berwarna hijau kekuning emasan terdapat ilustrasi gambar Al-Qur’an di dalam masjid.
Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum tahun 2013 ini dimulai dengan kata pengantar, pedoman transliterasi arab-Indonesia, silabus pelajaran dan masuk kemateri pelajaran 1 sampai pelajaran 10. Pelajaran 1 sampai 5 disampaikan disemester, sedangkan pelajaran 6 sampai 10 disampaikan di semester 2 , daftar isi. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang cukup relevan pada awal setiap judul bab, karena bisa terlihat bagus,   menarik dan memperjelas dari judul sub bab. Bagian isi buku ini diakhiri dengan daftar pustaka dan catatan.
Dalam buku ini penggunaan bahasanya mudah dipahami seperti alur cerita yang dipaparkan. Namun, ada beberapa bahasa yang digunakan dalam buku ini kurang cocok diantaranya: Dalam susunan materinya ada yang terlalu sedikit dan ada pula yang susunan materinya banyak, seharusnya dicantumkan point point penting saja dalam materi tersebut. Dalam penyusunan judul bab yang ada pada buku ini, Kami kurang setuju, karena seharusnya menurut Kami judul bab pertama yaitu Memahami Tasawuf dalam Islam alasanya karena anak didik belum mengetahui lebih dalam tentang pelajaran yang mendasari ilmu yang mengatur tentang tingkah laku dan perbuatan maanusia setelah itu diterapakan dalam akhlak pergaulan remaja dengan membiasakan akhlak terpuji setelah itu anak didik bisa menghindari akhlak tercela.
B.     Analisis Kesesuaian Materi
Materi dalam buku Siswa Akidah Akhlak Kelas XI Pendekatan Saintifik kurang lengkap, karena pengertian masih membingungkan anak didik, dasar hukum yang dicantumkan hanya Al-Quran saja dan ada beberapa bab yang tidak mencantumkan dasar hukum hadisnya.

C.    Analisis Relefansi Kesesuain Materi dengan KI
Relefansi kesesuaian materi dengan Kompetensi Inti menurut kami sesuai tetapi akan lebih baik susunan dalam Kompetensi Inti dipaparkan secara lebih ringkas, singkat, padat dan jelas.

D.    Analsis Relefensi Materi dengan Kebutuhan Siswa
Refelensi materi kebutuhan siswa dengan guru menurut kami guru belum siap menghadapi kurikulum 2013,  karena kurikulum 2013 lebih menekankan praktek dan sekolah belum siap dengan kurikulum 2013 karena kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut.

BAB IV
ANALISI SWOT

A.    Strenght (Kekuatan/Kelebihan)
Dalam buku ini menggunakan kurikulum 2013 dan siswa diajarkan mempunyai kepribadian diri yang aktif, kreatif, inovatif.
B.     Weakneses (Kelemahan/ Kekurangan)
Dalam buku ini materi yang disajikan tidak terlalu lengkap, tidak mencantumkan alokasi waktu, kompetensi intinya terlalu rumit, sehingga guru sulit menerapkan terhadap peserta didik.
C.    Oportunities (Peluang)
Kurikulum 2013 dikembangkan sesuai dengan Satuan pendidikan, secara profesional juga memberikan peluang pada guru-guru PAI untuk mengembangkan dan menerapkannya pada siswa. Kurikulum 2013 harus lebih menitik beratkan beberapa aspek diantaranya sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berefungsi sebagai tuntutan kebutuhan peserta didik dari lulusan MA(Madrasah Aliyah) tersebut.
D.    Threat (Ancaman/ Tantangan)
Dalam buku kurikulum 2013 mempunyai banyak kekurangan, sehingga para guru lebih memilih mengacu pada buku lain dan berpegang pada buku yang dirasa lebih lengkap, mudah dipahami daripada buku kurikulum 2013.
 BAB V
PENUTUP
A.  Simpulan
                        Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa buku siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kelas XI ini berbasis Kurikulum 2013. Di dalam buku ini terdapat banyak kekurangan dan kelebihan yang sudah di paparkan dalam analisis SWOT. Dan di dalam analisis komprehensif telah dijelaskan kesesuaian antara :
1.    Analisis Deskriftif : yang didalmnya menjelaskan tentang cover buku dan materi.
2.    Analisis Relefansi : kesesuaian materi dalam buku dengan kompetensi inti yang di paparkan dalam buku tersebut.
3.    Analisisn Efisien dan Efektifitas : Di dalamnya dijelaskan kurangnya efektif dalam pemaparan kompetensi inti dan beberapa kekurangan di dalam buku tersebut.
4.    Analisis Pengembangan : di dalam kurikulum tersebut menekankan kepada siswa tentang pengembangan diri, sikap, pengetahuan dan keterampilan.
B.  Saran
                        Kami sebagai pemakalah berharap semoga makalah ini bermanfaat buat pembaca dan semoga dengan pergantian kurikulum ini dunia pendidikan khususnya di Indonesia menjadi lebih baik lagi, dan mampu mencatak generasi penerus bangsa yang cerdas secara Emosional, Intelektual dan Spiritualnya serta berakhlakul karimah. Aamiin.



DAFTAR PUSTAKA

Usman dkk. 2015. Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas XI Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Agama Republik Indonesia.
Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/ MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media. 

FULL DOWNLOAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar