BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
BAB
III: Perkembangan Islam Periode Klasik (650-1250)
Identitas
Materi: Islam pada masa klasik
Standar Kompetensi
1. Memahami
perkembangan islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650-1250.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menjelaskan
perkembangan islam pada periode klasik.
1.2 Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan
islam pada periode klasik.
1.3 Mengambil
ibrah dari perkembangan islam pada periode klasik untuk kepentingan umat islam
masa kini dan yang akan datang.
1.4 Meneladani
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembang-an islam pada periode klasik.
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan
perkembangan islam pada periode klasik.
2. Mendeskripsikan
berbagai peristiwa penting dan tokoh islam periode klasik.
3. Mengambil
ibrah dari perkembangan islam pada periode klasik.
4. Meneladani
tokoh-tokoh dalam perkembangan islam periode klasik.
Materi
Pembelajaran
1. Dinasti
Umayyah I
2. Dinasti
Abbasiyah
3. Dinasti
Umayyah II
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi kelompok, inkuiri, pengamatan
Strategi
Pelaksanaan Pembelajaran
v Pra
Kegiatan ( 10
menit )
· Salam.
· Pengkondisian kelas.
· Do’a.
· Persensi.
v Kegiatan Awal (10 menit)
· Guru
menyuruh siswa untuk mempelajari materi yang ada di buku paket, agar siswa
mendapat pengetahuan tentang materi yang akan dipelajari.
· Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari.
· Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi
perkembangan islam periode klasik.
· Menyampaikan
cakupan materi perkembangan islam periode klasik.
v Kegiatan Inti (50 menit)
· Untuk
mengetahui penguasaan siswa tentang perkembangan islam periode klasik untuk
kepentingan masa kini dan yang akan datang, guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran tersebut kepada
siswa secara bergantian.
· Membahas
satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
· Guru
membagi siswa kedalam empat kelompok.
· Masing-masing
kelompok membaca buku paket siswa tentang perkembangan islam periode klasik.
· Masing-masing
kelompok mendiskusikan hasil bacaan tentang perkembangan islam periode klasik.
· Masing-masing
kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
· Guru
memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan
Akhir (20 menit)
· Siswa
dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang
dilakukan
· Guru
memberikan evaluasi secara individu
· Guru
menutup pelajaran
Evaluasi
Hasil Belajar
1. Penilaian
proses : Afektif
2. Penilaian
konsep : Kognitif
3. Jenis
tagihan : Tugas kelompok dan
ulangan harian
4. Instrumen
penilaian: lembar pengamatan dan tes subjektif (isian dan PG)
5. Contoh
instrumen : Terlampir
Sumber
dan Referensi Pembelajaran
1. Ensiklopedia
Islam
2. Internet
3. Buku
paket SKI yang relevan
4. LKS
SKI
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
4x45
menit ( 2 Kali pertemuan)
Media
Pembelajaran
LCD, Laptop, papan tulis.
RINGKASAN
MATERI
A. Dinasti Umayyah I
1. Penyebaran
islam pada masa Khalifah Mu’awiyah bin Abu Sufyan
Masa kekuasaan
Mu’awiyah tergolong cermelang, beliau berhasil menciptakan keamanan dalam
negeri dan kemakmuran. Perluasan islam pada masanya adalah India, Afrika,
Konstatinopel bahkan hingga ke Afrika Utara, Khurasan dan Bukhara.
2. Penyebaran
islam pada masa Khalifah al-Walid bin Abdul Malik
Perluasan
kekuasaan pada masa Khalifah al-Walid bin Abdul Malik meliputi Asia Tengah,
Indo-Pakistan (Anak Benua India), Afrika Utara, dan Spanyol di Eropa.
3. Kemajuan-kemajuan
yang dicapai pada masa Dinasti Umayyah
Kemajuan
dibidang ilmu pengetahuan agama, meliputi ilmu qira’at, ilmu hadits, ilmu
tafsir, dan ilmu fiqih. Kemajuan di bidang pemerintah meliputi organisasi
politik, organisasi tata usaha Negara, organisasi keuangan, organisasi ketentaraan,
organisasi kehakiman.
B. Dinasti Abbasiyah
1. Masa
kekuasaan Dinasti Abbasiyah
Secara umum
Dinasti Bani Abbasiyah dibagi dalam empat periode, yaitu periode awal (750-847
M), periode lanjutan (874-945 M), periode Buwaihi (945-1055 M), dan periode
Seljuk (1055-1258 M).
2. Kemajuan-kemajuan
di bidang ilmu pengetahuan
Ilmu kedokteran,
ilmu perbintangan, ilmu pasti, ilmu farmasi dan kimia, ilmu filsafat, ilmu
sejarah, ilmu geografi, ilmu sastra.
3. Kemajuan
di bidang ilmu agama
Ilmu tafsir,
ilmu hadits, ilmu kalam, ilmu tasawuf, ilmu bahasa, ilmu fiqih.
C. Dinasti Umayyah II
1. Kekuasaan
Dinasti Umayyah II
a. Abdurrahman
ad-Dakhil (Abdurrahman I) 756-788 M.
b. Hisyam
bin Abdurrahman (Hisyam I) 788-796 M.
c. Abdurrahman
al-Ausat ( Abdurrahman II) 822-852 M.
d. Abdurrahman
an-Nasir (Abdurrahman III) 912-961 M.
2. Kemajuan
peradaban pada masa Dinasti Umayyah II
Kemajuan
intelektual, ilmu yang menonjol adalah bidang filsafat, bidang sains, bidang
fiqih, bidang musik dan kesenian, bidang bahasa dan sastra. Kemajuan
pembangunan fisik, pembangunan fisik yang menonjol adalah pembangunan
gedung-gedung.
3. Penyebab
kemunduran dan keruntuhan peradaban pada masa Dinasti Umayyah II
Faktor internal
ada dua faktor yang mengakibatkan kemunduran Andalusia dari dalam, yaitu tidak
jelasnya sistem peralihan kekuasaan dan tidak adanya ideologi pemersatu. Faktor
eksternal yaitu adanya serangan dari bangsa Kristen dan timbulnya renaissance
di Eropa.
FULL DOWNLOAD MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar