MAKALAH
Telaah Materi Al-Qur’an Hadis Kelas XII
Guna
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah Materi PAI III (SMA/MA)
Dosen: Bapak Drs. Abdurrozaq Assowy, M.Ag
Disusun
Oleh:
KELOMPOK
03:
1. Ana
Rohmaniyah NIM:141310003031
2. Roisatin
Nuwa NIM:141310003063
3. Siti
Hajar NIM:141310003082
4. Siti
Himatul Ulia NIM:141310003093
UNIVERSITAS ISLAM NAHDHATUL ULAMA
JEPARA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(PAI)
TH.2015/2016
- MAKALAH LENGKAP KLIK BAWAH
BAB II
PEMBAHASAN
(DESKRIPSI)
1.
Identitas
Materi:
Judul buku paket yang kami telaah adalah “Kebenaran Al-Qur’an dan
Hadis 3 Untuk Kelas XII Madrasah Aliyah” yang disusun oleh Lilis Fauziyah R.A
dan Andi Setyawan. Diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo. KTSP berdasarkan
standar isi madrasah aliyah Tahun 2008, dengan jumlah halaman 130 halaman yang
diterbitkan pada tahun 2009. Buku paket ini memiliki cakupan yang sangat luas
sesuai dengan materinya untuk kelas XII.
2.
Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan dan Orientasi, Materi Pembelajaran:
SEMESTER 1
BAB I KEWAJIBAN BERDAKWAH
a.
Standar
Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang kewajiban berdakwah.
b.
Kompetensi
Dasar:
1.
Mengartikan QS
An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang kewajiban
berdakwah.
2.
Menjelaskan
kandungan QS An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang
kewajiban berdakwah.
3.
Menunjukan
perilaku orang yang mengamalkan QS An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96,
dan hadis tentang kewajiban berdakwah.
4.
Menerapkan
strategi berdalwah seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:125,
Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang kewajiban berdakwah
dalamkehidpan sehari-hari.
c.
Tujuan dan
Orientasi:
Peserta didik agar dapat mengartikan, menjelaskan kandungan,
menunjukkan perilaku, dan menerapkan strategi berdakwa sesuai dengan kandungan
QS An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang kewajiban
berdakwah untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar.
d.
Materi
Pembelajaran:
Penjelasan Kandungan QS An-Nahl:125
äí÷$# 4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr& 4 ¨bÎ) y7/u uqèd ÞOn=ôãr& `yJÎ/ ¨@|Ê `tã ¾Ï&Î#Î6y ( uqèdur ÞOn=ôãr& tûïÏtGôgßJø9$$Î/ ÇÊËÎÈ
125. Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu
dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara
yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang
tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang
mendapat petunjuk. [845] Hikmah: ialah
perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan
yang bathil.
Penjelasan hadis tentang perintah berdakwa: Dari Abdullah ibn Amr
bahwa Nabi saw. Bersabda,”sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat.
Ceritakanlah apa yang telah aku beritahukan mengenai Bani Israil karena
demikian itu tidak berdosa. Barang siapa sengaja berdusta tentang aku, kelak tempatnya di neraka.”(H.R.
al-Bukhari no 3202).[1]
BAB II TANGGUNG JAWAB MANUSIA TERHADAP KELUARGA DAN MASYARAKAT
a.
Standar
Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang tanggung jawab
manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
b.
Kompetensi
Dasar:
1.
Mengartikan QS
At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud: 117-119, dan hadis
tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.
Menjelaskan
kamdungan QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud:
117-119, dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat.
3.
Mengidentifikasi
perilaku orang yang mengamalkan QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’:
36, Hud: 117-119, dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga
dan masyarakat.
4.
Menerapkan
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung
dalam QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud: 117-119,
dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
c.
Tujuan dan
Orientasi:
Peserta didik dapat mengartikan, menjelaskan, mengidentifikasi, dan
menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sesuai
dengan kandungan QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud:
117-119, dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Materi
Pembelajaran:
Penjelasan Kandungan QS At-Tahrim:6
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#þqè% ö/ä3|¡àÿRr& ö/ä3Î=÷dr&ur #Y$tR $ydßqè%ur â¨$¨Z9$# äou$yfÏtø:$#ur $pkön=tæ îps3Í´¯»n=tB ÔâxÏî ×#yÏ© w tbqÝÁ÷èt ©!$# !$tB öNèdttBr& tbqè=yèøÿtur $tB tbrâsD÷sã ÇÏÈ
Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu
dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya
malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa
yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang
diperintahkan.[2]
Hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat:
Dari Abdullah Ibnu Umar r.a, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah
saw. Bersabda,’Kamu semua adalah pemimpin dan harus bertanggung jawab atas
kepemimpinannya. Seorang imam adalah pemimpindan harus bertanggung jawab atas
kepemimpinannya. Seorang suami adalah pemimpin bagi istrinya dan harus
bertanggung jawab atas kepamimpinannya. Seorang istri adalah pemimpin di
lingkungan rumah tangga suaminya, dia harus bertanggung jawab atas
kepemimpinannya. Pembantu adalah pemelihara terhadap harta tuannya, dia harus
bertanggung jawab atas kepemimpinannya.’(Abdullah berkata) Aku kira (Rasulullah
saw) juga bersabda,’dan seseorang anak adalah pemelihara milik orang tuanya,
dia harus bertanggung jawab atas pemeliharaannya itu.” (H.r. al-Bukhari no
844).
BAB III KEWAJIBAN BERLAKU ADIL DAN JUJUR
a.
Standar
Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang berlaku adil dan
jujur.
b.
Kompetensi
Dasar:
1.
Mengartikan QS
Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku
adil dan jujur.
2.
Menjelaskan
kandungan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis
tentang berlaku adil dan jujur.
3.
Menunjukkan
Perilaku Orang Yang Mengamalkan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’:
105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur.
4.
Menerapkan
perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti yang terkandung
dalam QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang
berlaku adil dan jujur dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Tujuan dan
Orientasi:
Peserta didik dapat mengartikan, menjelaskan, menunjukkan, dan
menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seseuai dengan
QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku
adil dan jujur dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Materi
Pembelajaran:
Penjelasan Kandungan QS al-Maidah:8-10
$pkr'¯»t úïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qçRqä. úüÏBº§qs% ¬! uä!#ypkà ÅÝó¡É)ø9$$Î/ ( wur öNà6¨ZtBÌôft ãb$t«oYx© BQöqs% #n?tã wr& (#qä9Ï÷ès? 4 (#qä9Ïôã$# uqèd Ü>tø%r& 3uqø)G=Ï9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 cÎ) ©!$# 7Î6yz $yJÎ/ cqè=yJ÷ès? ÇÑÈ ytãur ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# Mçlm; ×otÏÿøó¨B íô_r&ur ÒOÏàtã ÇÒÈ úïÏ%©!$#ur (#rãxÿx. (#qç/¤x.ur !$oYÏF»t$t«Î/ Í´¯»s9'ré& Ü=»ysô¹r& ÉOÅspgø:$# ÇÊÉÈ
8. Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu
jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi
dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum,
mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih
dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha
mengetahui apa yang kamu kerjakan. 9.
Allah Telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal
saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.10. Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan
ayat-ayat kami, mereka itu adalah penghuni neraka.
Hadis tentang berlaku adil dan jujur:
Dari Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi saw, beliau
bersabda,”Sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebaikan (ketaatan) dan
kebaikan itu membawa ke surge. Dan seseorang membiasakan dirinya berkata jujur
sehingga ia dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan dusta membawa
kepada kemaksiatan, sedangkan kemaksiatan membawa ke neraka. Dan seseorang suka
berdusta sehingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.” (H.R al-Bukhari no
5629 dan Muslim no 4719).
SEMESTER 2
BAB IV TOLERANSI DAN ETIKA DALAM PERGAULAN
a.
Standar
Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika
pergaulan.
b.
Kompetensi
Dasar:
1.
Mengartikan QS
Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13, dan hadis
tentang etika pergaulan.
2.
Menjelaskan
kandungan QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13,
dan hadis tentang etika pergaulan.
3.
Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29,
Al-Hujurat: 10-13, dan hadis tentang etika pergaulan.
4.
Menerapkan
perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung
dalam QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41,
Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13, dan hadis tentang etika pergaulan dalam
kehidupan sehari-hari.
c.
Tujuan dan
Orientasi:
Peserta didik agar dapat memahami ayat-ayat al-qur’an serta
mengartikan, menunjukkan, dan menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika
dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam
QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13, dan
hadis tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Materi
Pembelajaran:
È@è%ur ,ysø9$# `ÏB óOä3În/§ ( `yJsù uä!$x© `ÏB÷sãù=sù ÆtBur uä!$x© öàÿõ3uù=sù 4 !$¯RÎ) $tRôtGôãr& tûüÏJÎ=»©à=Ï9 #·$tR xÞ%tnr& öNÍkÍ5 $ygè%Ï#uß 4 bÎ)ur (#qèVÉótGó¡o (#qèO$tóã &ä!$yJÎ/ È@ôgßJø9$%x. Èqô±o onqã_âqø9$# 4 [ø©Î/ Ü>#u¤³9$# ôNuä!$yur $¸)xÿs?öãB ÇËÒÈ
29. Dan Katakanlah: "Kebenaran itu datangnya
dari Tuhanmu; Maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan
barangsiapa yang ingin (kafir) Biarlah ia kafir". Sesungguhnya kami Telah
sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka.
dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air
seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling
buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.
Hadis tentangpergaulan sesama muslim:
Ada lima macam kewajiban orang islam terhadap orang islam lainnya,
yaitu membalas salam, memenuhi undangan, melayat jenazah, menjenguk orang
sakit, dan berdo’a bagi orang yang bersin apabila memuji Allah (membaca
hamdalah). (H.R. Ibnu Majah no 1425). Perumpamaan orang-orang mukmin dalam
saling mencintai, menyayangi, dan merasakan lemah lembut, seperti satu tubuh.
Jika di antara satu anggotanya merasa sakit, seluruh tubuh akan merasakan
gelisah dan sakit panas. (H.R. Muslim no 4685).
BAB V GIAT BEKERJA
a.
Standar
Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang etos kerja.
b.
Kompetensi
Dasar:
1.
Mengartikan QS
Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang etos kerja.
2.
Menjelaskan
kandungan QS Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang
etos kerja.
3.
Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas:
77, dan hadis tentang etos kerja.
4.
Menerapkan
perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah:
9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Tujuan dan
Orientasi:
Peserta didik agar dapat mengartikan, menjelaskan, menunjukkan, dan
menerapkan perilaku etos kerja yang dipelajarinya sesuai dengan QS Al-Mujadalah:
11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang etos kerja dalam kehidupan
sehari-hari.
d.
Materi
Pembelajaran:
Penjelasan QS Al-Mujadalah ayat 11:
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sÎ) @Ï% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿt ª!$# öNä3s9 ( #sÎ)ur @Ï% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùöt ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uy 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ×Î7yz ÇÊÊÈ
11. Hai orang-orang beriman apabila kamu
dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka
lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila
dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan
meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu
pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Hadis tentang etos kerja: Dari Anas bin Malik r.a., ia berkata
bahwa Rasulullah saw, bersabda,”Ya Allah, aku berlindung pada Mu (agar
terhindar) dari sifat-sifat lemah, malas, penakut,pikun, dan kikir. Aku
berlindung pula dari siksa kubur, ujian hidup, dan mati.”(H.R. Muslim no 4878).
BAB VI MAKANAN YANG HALAL DAN BAIK
a.
Standar
Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang makanan yang halal
dan baik.
b.
Kompetensi
Dasar:
1.
Mengartikan QS
Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang halal dan baik.
2.
Menjelaskan
kandungan QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang
halal dan baik.
3.
Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS
Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang halal dan baik.
4.
Mengidentifikasikan
makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis
tentang makanan yang halal dan baik.
5.
Menerapkan
kandungan QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang
halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Tujuan dan
Orientasi:
Peserta didik agar dapat mengartikan, menjelask, menunjukkan,
mengidentifikasikan, dan menerapkan kandungan QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173,
serta hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Materi
Pembelajaran:
Penjelasan QS aAl-Baqarah ayat 168-169
$ygr'¯»t â¨$¨Z9$# (#qè=ä. $£JÏB Îû ÇÚöF{$# Wx»n=ym $Y7ÍhsÛ wur (#qãèÎ6®Ks? ÏNºuqäÜäz Ç`»sÜø¤±9$# 4 ¼çm¯RÎ) öNä3s9 Arßtã îûüÎ7B ÇÊÏÑÈ $yJ¯RÎ) Nä.ããBù't Ïäþq¡9$$Î/ Ïä!$t±ósxÿø9$#ur br&ur (#qä9qà)s? n?tã «!$# $tB w tbqßJn=÷ès? ÇÊÏÒÈ
168. Hai sekalian manusia, makanlah yang halal
lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti
langkah-langkah syaitan; Karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang
nyata bagimu. 169. Sesungguhnya syaitan
itu Hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah
apa yang tidak kamu ketahui.
Hadis tentang makanan yang baik dan halal:
Dari Miqdam r.a., dari Rasulullah saw. Beliau bersabda,”tidak ada
makanan yang dimakan seseorang yang lebih baik daripada hasil usahanya sendiri.
Sesungguhnya Nabi Dawud a.s. selalu makan dari hasil usahanya sendiri.” (H.R.
al-Bukhari no 1930).
BAB VII ILMU PENGETAHUAN
a.
Standar
Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi.
b.
Kompetensi
Dasar:
1.
Menerjemahkan
QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah: 164.
2.
Menjelaskan
kandungan QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah: 164.
3.
Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah:
164.
4.
Melakukan
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung dalam QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah:
164.
c.
Tujuan dan
Orientasi:
Peserta didik agar dapat menerjemahkan,menjelaskan, menunjukkan,dan
melakukan pengembangan ilmu ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung
dalam QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan
Al-Baqarah: 164.
d.
Materi Pembelajaran:
ËxÎm7y zOó$# y7În/u n?ôãF{$# ÇÊÈ Ï%©!$# t,n=y{ 3§q|¡sù ÇËÈ Ï%©!$#ur u£s% 3yygsù ÇÌÈ üÏ%©!$#ur ylt÷zr& 4ÓtçöpRùQ$# ÇÍÈ ¼ã&s#yèyÚsù ¹ä!$sWäî 3uqômr& ÇÎÈ
1. Sucikanlah nama Tuhanmu yang Maha Tingi,
2. Yang Menciptakan, dan menyempurnakan
(penciptaan-Nya),
3. Dan yang menentukan kadar
(masing-masing) dan memberi petunjuk,
4. Dan yang menumbuhkan
rumput-rumputan,
5. Lalu dijadikan-Nya
rumput-rumput itu kering kehitam-hitaman.
3.
Pendekatan dan
Metode Pembelajaran:
Dalam proses belajar mengajar materi al qur’an hadis kelas
XII,pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan menurut kami yaitu dari
BAB I – BAB VII, metode dan pendekatan yang digunakan yaitu ceramah, tanya
jawab, hafalan, dan penugasan untuk mencapai tujuan.
4.
Strategi
Pelaksanaan Pembelajaran:
1.
Pendahuluan:
a.
Sebelum
menyampaikan materi dalam buku paket al-qur’an dan hadis kelas XII yang
berjudul “Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 3” pertama menyampaikan salam
pembuka,mengawali do’a pembukaan untuk memulai materi.
b.
Mengulas dan
menyinggung materi yang lalu untuk merangsang daya ingatnya sebagai awal
pelajaran.
2.
Kegiatan inti
3.
Penutup:
Menyimpulkan hasil pembelajaran yang
telah disampaikan kepada peserta didik, serta memberikan tugas dan lain
sebagainya untuk mengevaluasi hasil materi yang telah disampaikan.
5.
Evaluasi Hasil
belajar:
Untuk evaluasi hasil pembelajaran yang digunakan dalam buku paket
yang berjudul “Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 3” ini menggunakan tugas disajikan
sebagai kecakapan siswa dalam menerima dan menggembangkan materi pelajaran yang
telah disampaikan, latihan soal sebagai evaluasi siswa pada setiap akhir
pembelajaran dan latihan ulangan semester disajikan sebagai evaluasi siswa pada
setiap akhir semester. Khusus untuk kelas XII, disajikan latihan ujian akhir
sekolah.
6.
Sumber dan
Referensi Pembelajaran:
Sumber dan referensi yang digunakan dalam proses pembelajaran
materi Al-Qur’an Hadis Kelas XII Madrasah Aliyah dari BAB I sampai BAB VII
menggunakan buku paket yang berjudul “Kebenaran Al-qur’an dan Hadis 3” serta
buku yang terkait dengan materi al-qur’an hadis yang bersangkutan seperti LKS.
7.
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran:
BAB I: 10 jam
pelajaran (5x pertemuan), satu kali pertemuan 90 menit (15 menit untuk
pendahuluan, 60 menit untuk pembelajaran inti, dan 15 menit untuk penutup).
Begitu juga dengan bab-bab yang lainnya.
BAB II: 16 jam pelajaran (8x pertemuan).
BAB III: 14 jam pelajaran (7x pertemuan).
BAB IV: 6 jam pelajaran (3x pertemuan).
BAB V: 8 jam pelajaran (4x pertemuan).
BAB VI: 6 jam pelajaran (3x pertemuan).
BAB VII: 4 jam pelajaran (2x pertemuan).
8.
Media
Pembelajaran:
Media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang materi al-qur’an
hadis kelas XII, selain buku-buku yang terkait dengan materi pelajaran
al-qur’an hadis ini dalam proses pembelajaran juga menggunakan media power
point, papan tulis dan peralatan alat tulis lainnya untuk mempermudah proses
pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat diterima peserta didik secara
baik.[3]
MAKALAH LENGKAP KLIK BAWAH
[1] Hadis ini menjelaskan tentang perintah Rasulullah saw.
Kepada umatnya untuk menyampaikan ajaran-ajaran beliau. Kata ولواية menunjukkan bahwa dakwah dilakukan menurut kemampuan
masing-masing.
[2]
Banyak cara yang ditunjukkan agama umtuk menyelamatkan keluarga dari api neraka
yaitumendidik dan mengingatkan agar tidak mempersekutukan Allah, menyuruh
mengerjakan sholat, dan selain itu terdapat pula hadis yang memerintahkan
kepada kedua orang tua agar mendidik anak-anaknya. Dan pada surat an-nisa ayat
36 menjelaskan pada akhir ayat Allah swt menegaskan bahwa Dia tidak menyukai
orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. Kata مختا لا dan فخورا keduanya mengandung makna kesombongan,
yang pertama mempunyai arti kesombongan dalam tingkah laku dan kedua mempunyai
arti kesombongan dalam ucapan.
[3] Media
pembelajaran ini, digunakan untuk membantu proses dalam penyampaian materi
pembelajaran. Didalam buku paket al-qur’an hadis kelas XII ini sangat lengkap.
Tetapi, dalammakalah kami hanya mencatumkan
sebagian materi saja yang kami kira sudah mencakup materi perbab. Jadi,
jika ada kekurangan itu merupakan suatu yang kami miliki dari diri kita sebagai
manusia. Dan kami sengaja tidak mencantumkan rangkuman materi karena buku paket
ini tidak terdapat rangkuman materi, tetapi menurut kami buku paket ini mampu
memberikan materi yang dilengkapi berbagai penjelasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar