Sabtu, 14 Mei 2016

KELOMPOK 3 (Telaah Materi Al-Qur’an Hadis Kelas XII)


MAKALAH
 Telaah Materi Al-Qur’an Hadis Kelas XII
Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Telaah Materi PAI III (SMA/MA)
               Dosen: Bapak  Drs. Abdurrozaq Assowy, M.Ag

Disusun Oleh:
KELOMPOK 03:
1.     Ana Rohmaniyah                    NIM:141310003031
2.     Roisatin Nuwa                        NIM:141310003063
3.     Siti Hajar                                 NIM:141310003082
4.     Siti Himatul Ulia                    NIM:141310003093


 
UNIVERSITAS ISLAM NAHDHATUL ULAMA JEPARA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TH.2015/2016
  • MAKALAH LENGKAP KLIK BAWAH
KUMPULAN MAKALAH LENGKAP
BAB II
PEMBAHASAN
(DESKRIPSI)
1.      Identitas Materi:
Judul buku paket yang kami telaah adalah “Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 3 Untuk Kelas XII Madrasah Aliyah” yang disusun oleh Lilis Fauziyah R.A dan Andi Setyawan. Diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai  Pustaka Mandiri, Solo. KTSP berdasarkan standar isi madrasah aliyah Tahun 2008, dengan jumlah halaman 130 halaman yang diterbitkan pada tahun 2009. Buku paket ini memiliki cakupan yang sangat luas sesuai dengan materinya untuk kelas XII.
2.      Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan dan Orientasi, Materi Pembelajaran:
SEMESTER 1
BAB I KEWAJIBAN BERDAKWAH
a.      Standar Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang kewajiban berdakwah.
b.      Kompetensi Dasar:
1.      Mengartikan QS An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang kewajiban berdakwah.
2.      Menjelaskan kandungan QS An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang kewajiban berdakwah.
3.      Menunjukan perilaku orang yang mengamalkan QS An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang kewajiban berdakwah.
4.      Menerapkan strategi berdalwah seperti yang terkandung dalam QS An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang kewajiban berdakwah dalamkehidpan sehari-hari.
c.       Tujuan dan Orientasi:
Peserta didik agar dapat mengartikan, menjelaskan kandungan, menunjukkan perilaku, dan menerapkan strategi berdakwa sesuai dengan kandungan QS An-Nahl:125, Asy-Syu’ara:214-216, Al-Hijr:94-96, dan hadis tentang kewajiban berdakwah untuk diri sendiri dan masyarakat sekitar.
d.      Materi Pembelajaran:
Penjelasan Kandungan QS An-Nahl:125
äí÷Š$# 4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr& 4 ¨bÎ) y7­/u uqèd ÞOn=ôãr& `yJÎ/ ¨@|Ê `tã ¾Ï&Î#Î6y ( uqèdur ÞOn=ôãr& tûïÏtGôgßJø9$$Î/ ÇÊËÎÈ
125.  Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. [845]  Hikmah: ialah perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.
Penjelasan hadis tentang perintah berdakwa: Dari Abdullah ibn Amr bahwa Nabi saw. Bersabda,”sampaikanlah dariku walaupun hanya satu ayat. Ceritakanlah apa yang telah aku beritahukan mengenai Bani Israil karena demikian itu tidak berdosa. Barang siapa sengaja berdusta  tentang aku, kelak tempatnya di neraka.”(H.R. al-Bukhari no 3202).[1]
BAB II TANGGUNG JAWAB MANUSIA TERHADAP KELUARGA DAN MASYARAKAT
a.      Standar Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
b.      Kompetensi Dasar:
1.      Mengartikan QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud: 117-119, dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.      Menjelaskan kamdungan QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud: 117-119, dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
3.      Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkan QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud: 117-119, dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
4.      Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud: 117-119, dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Tujuan dan Orientasi:
Peserta didik dapat mengartikan, menjelaskan, mengidentifikasi, dan menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sesuai dengan kandungan QS At-Tahrim: 6, Taha: 132, Al- An’am: 70, An-Nisa’: 36, Hud: 117-119, dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


d.      Materi Pembelajaran:
Penjelasan Kandungan QS At-Tahrim:6
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#þqè% ö/ä3|¡àÿRr& ö/ä3Î=÷dr&ur #Y$tR $ydߊqè%ur â¨$¨Z9$# äou$yfÏtø:$#ur $pköŽn=tæ îps3Í´¯»n=tB ÔâŸxÏî ׊#yÏ© žw tbqÝÁ÷ètƒ ©!$# !$tB öNèdttBr& tbqè=yèøÿtƒur $tB tbrâsD÷sムÇÏÈ
Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.[2]
Hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat:
Dari Abdullah Ibnu Umar r.a, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda,’Kamu semua adalah pemimpin dan harus bertanggung jawab atas kepemimpinannya. Seorang imam adalah pemimpindan harus bertanggung jawab atas kepemimpinannya. Seorang suami adalah pemimpin bagi istrinya dan harus bertanggung jawab atas kepamimpinannya. Seorang istri adalah pemimpin di lingkungan rumah tangga suaminya, dia harus bertanggung jawab atas kepemimpinannya. Pembantu adalah pemelihara terhadap harta tuannya, dia harus bertanggung jawab atas kepemimpinannya.’(Abdullah berkata) Aku kira (Rasulullah saw) juga bersabda,’dan seseorang anak adalah pemelihara milik orang tuanya, dia harus bertanggung jawab atas pemeliharaannya itu.” (H.r. al-Bukhari no 844).
BAB III KEWAJIBAN BERLAKU ADIL DAN JUJUR
a.      Standar Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
b.      Kompetensi Dasar:
1.      Mengartikan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur.
2.      Menjelaskan kandungan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.      Menunjukkan Perilaku Orang Yang Mengamalkan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur.
4.      Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti yang terkandung dalam QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Tujuan dan Orientasi:
Peserta didik dapat mengartikan, menjelaskan, menunjukkan, dan menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seseuai dengan QS Al-Maidah: 8-10, An-Nahl: 90-92, An-Nisa’: 105, serta hadis tentang berlaku adil dan jujur dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Materi Pembelajaran:
Penjelasan Kandungan QS al-Maidah:8-10
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qçRqä. šúüÏBº§qs% ¬! uä!#ypkà­ ÅÝó¡É)ø9$$Î/ ( Ÿwur öNà6¨ZtB̍ôftƒ ãb$t«oYx© BQöqs% #n?tã žwr& (#qä9Ï÷ès? 4 (#qä9Ïôã$# uqèd Ü>tø%r& 3uqø)­G=Ï9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 žcÎ) ©!$# 7ŽÎ6yz $yJÎ/ šcqè=yJ÷ès? ÇÑÈ ytãur ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$#   Mçlm; ×otÏÿøó¨B íô_r&ur ÒOŠÏàtã ÇÒÈ šúïÏ%©!$#ur (#rãxÿx. (#qç/¤x.ur !$oYÏF»tƒ$t«Î/ šÍ´¯»s9'ré& Ü=»ysô¹r& ÉOÅspgø:$# ÇÊÉÈ
8.  Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) Karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, Karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. 9.  Allah Telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.10.  Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka itu adalah penghuni neraka.
Hadis tentang berlaku adil dan jujur:
Dari Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi saw, beliau bersabda,”Sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebaikan (ketaatan) dan kebaikan itu membawa ke surge. Dan seseorang membiasakan dirinya berkata jujur sehingga ia dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan dusta membawa kepada kemaksiatan, sedangkan kemaksiatan membawa ke neraka. Dan seseorang suka berdusta sehingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.” (H.R al-Bukhari no 5629 dan Muslim no 4719).
SEMESTER 2
BAB IV TOLERANSI DAN ETIKA DALAM PERGAULAN
a.      Standar Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan.

b.      Kompetensi Dasar:
1.      Mengartikan QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13, dan hadis tentang etika pergaulan.
2.      Menjelaskan kandungan QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13, dan hadis tentang etika pergaulan.
3.      Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13, dan hadis tentang etika pergaulan.
4.      Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam  QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13, dan hadis tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Tujuan dan Orientasi:
Peserta didik agar dapat memahami ayat-ayat al-qur’an serta mengartikan, menunjukkan, dan menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam  QS Al-Kafirun: 1-6, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Hujurat: 10-13, dan hadis tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Materi Pembelajaran:
È@è%ur ,ysø9$# `ÏB óOä3În/§ ( `yJsù uä!$x© `ÏB÷sãù=sù ÆtBur uä!$x© öàÿõ3uù=sù 4 !$¯RÎ) $tRôtGôãr& tûüÏJÎ=»©à=Ï9 #·$tR xÞ%tnr& öNÍkÍ5 $ygè%ÏŠ#uŽß  4 bÎ)ur (#qèVŠÉótGó¡o (#qèO$tóム&ä!$yJÎ/ È@ôgßJø9$%x. Èqô±o onqã_âqø9$# 4 š[ø©Î/ Ü>#uŽ¤³9$# ôNuä!$yur $¸)xÿs?öãB ÇËÒÈ
29.  Dan Katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; Maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) Biarlah ia kafir". Sesungguhnya kami Telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.
Hadis tentangpergaulan sesama muslim:
Ada lima macam kewajiban orang islam terhadap orang islam lainnya, yaitu membalas salam, memenuhi undangan, melayat jenazah, menjenguk orang sakit, dan berdo’a bagi orang yang bersin apabila memuji Allah (membaca hamdalah). (H.R. Ibnu Majah no 1425). Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling mencintai, menyayangi, dan merasakan lemah lembut, seperti satu tubuh. Jika di antara satu anggotanya merasa sakit, seluruh tubuh akan merasakan gelisah dan sakit panas. (H.R. Muslim no 4685).
BAB V GIAT BEKERJA
a.      Standar Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang etos kerja.
b.      Kompetensi Dasar:
1.      Mengartikan QS Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang etos kerja.
2.      Menjelaskan kandungan QS Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang etos kerja.
3.      Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang etos kerja.
4.      Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Tujuan dan Orientasi:
Peserta didik agar dapat mengartikan, menjelaskan, menunjukkan, dan menerapkan perilaku etos kerja yang dipelajarinya sesuai dengan QS Al-Mujadalah: 11, Al-Jumuah: 9-11, Al-Qasas: 77, dan hadis tentang etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Materi Pembelajaran:
Penjelasan QS Al-Mujadalah ayat 11:
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uyŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ
11.  Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Hadis tentang etos kerja: Dari Anas bin Malik r.a., ia berkata bahwa Rasulullah saw, bersabda,”Ya Allah, aku berlindung pada Mu (agar terhindar) dari sifat-sifat lemah, malas, penakut,pikun, dan kikir. Aku berlindung pula dari siksa kubur, ujian hidup, dan mati.”(H.R. Muslim no 4878).
BAB VI MAKANAN YANG HALAL DAN BAIK
a.      Standar Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.

b.      Kompetensi Dasar:
1.      Mengartikan QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang halal dan baik.
2.      Menjelaskan kandungan QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.      Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan  QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang halal dan baik.
4.      Mengidentifikasikan makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam  QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang halal dan baik.
5.      Menerapkan kandungan QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Tujuan dan Orientasi:
Peserta didik agar dapat mengartikan, menjelask, menunjukkan, mengidentifikasikan, dan menerapkan kandungan QS Al-Baqarah: 168-169; 172-173, serta hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Materi Pembelajaran:
Penjelasan QS aAl-Baqarah ayat 168-169
$ygƒr'¯»tƒ â¨$¨Z9$# (#qè=ä. $£JÏB Îû ÇÚöF{$# Wx»n=ym $Y7ÍhsÛ Ÿwur (#qãèÎ6®Ks? ÏNºuqäÜäz Ç`»sÜø¤±9$# 4 ¼çm¯RÎ) öNä3s9 Arßtã îûüÎ7B ÇÊÏÑÈ $yJ¯RÎ) Nä.ããBù'tƒ Ïäþq¡9$$Î/ Ïä!$t±ósxÿø9$#ur br&ur (#qä9qà)s? n?tã «!$# $tB Ÿw tbqßJn=÷ès? ÇÊÏÒÈ
168.  Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. 169.  Sesungguhnya syaitan itu Hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.

Hadis tentang makanan yang baik dan halal:
Dari Miqdam r.a., dari Rasulullah saw. Beliau bersabda,”tidak ada makanan yang dimakan seseorang yang lebih baik daripada hasil usahanya sendiri. Sesungguhnya Nabi Dawud a.s. selalu makan dari hasil usahanya sendiri.” (H.R. al-Bukhari no 1930).
BAB VII ILMU PENGETAHUAN
a.      Standar Kompetensi:
Memahami ayat-ayat al-qur’an dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
b.      Kompetensi Dasar:
1.      Menerjemahkan QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah: 164.
2.      Menjelaskan kandungan QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah: 164.
3.      Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah: 164.
4.      Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung dalam  QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah: 164.

c.       Tujuan dan Orientasi:
Peserta didik agar dapat menerjemahkan,menjelaskan, menunjukkan,dan melakukan pengembangan ilmu ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung dalam  QS Al-Alaq: 1-5, Yunus: 101, dan Al-Baqarah: 164.



d.      Materi Pembelajaran:
ËxÎm7y zOó$# y7În/u n?ôãF{$# ÇÊÈ Ï%©!$# t,n=y{ 3§q|¡sù ÇËÈ Ï%©!$#ur u£s% 3yygsù ÇÌÈ üÏ%©!$#ur ylt÷zr& 4ÓtçöpRùQ$# ÇÍÈ ¼ã&s#yèyÚsù ¹ä!$sWäî 3uqômr& ÇÎÈ
1.  Sucikanlah nama Tuhanmu yang Maha Tingi,
2.  Yang Menciptakan, dan menyempurnakan (penciptaan-Nya),
3.  Dan yang menentukan kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk,
4.  Dan yang menumbuhkan rumput-rumputan,
5.  Lalu dijadikan-Nya rumput-rumput itu kering kehitam-hitaman.

3.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran:
Dalam proses belajar mengajar materi al qur’an hadis kelas XII,pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan menurut kami yaitu dari BAB I – BAB VII, metode dan pendekatan yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, hafalan, dan penugasan untuk mencapai tujuan.
4.      Strategi Pelaksanaan Pembelajaran:
1.      Pendahuluan:
a.       Sebelum menyampaikan materi dalam buku paket al-qur’an dan hadis kelas XII yang berjudul “Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 3” pertama menyampaikan salam pembuka,mengawali do’a pembukaan untuk memulai materi.
b.      Mengulas dan menyinggung materi yang lalu untuk merangsang daya ingatnya sebagai awal pelajaran.
2.      Kegiatan inti
3.      Penutup:
Menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah disampaikan kepada peserta didik, serta memberikan tugas dan lain sebagainya untuk mengevaluasi hasil materi yang telah disampaikan.
5.      Evaluasi Hasil belajar:
Untuk evaluasi hasil pembelajaran yang digunakan dalam buku paket yang berjudul “Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 3” ini menggunakan tugas disajikan sebagai kecakapan siswa dalam menerima dan menggembangkan materi pelajaran yang telah disampaikan, latihan soal sebagai evaluasi siswa pada setiap akhir pembelajaran dan latihan ulangan semester disajikan sebagai evaluasi siswa pada setiap akhir semester. Khusus untuk kelas XII, disajikan latihan ujian akhir sekolah.
6.      Sumber dan Referensi Pembelajaran:
Sumber dan referensi yang digunakan dalam proses pembelajaran materi Al-Qur’an Hadis Kelas XII Madrasah Aliyah dari BAB I sampai BAB VII menggunakan buku paket yang berjudul “Kebenaran Al-qur’an dan Hadis 3” serta buku yang terkait dengan materi al-qur’an hadis yang bersangkutan seperti LKS.
7.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran:
BAB I: 10 jam pelajaran (5x pertemuan), satu kali pertemuan 90 menit (15 menit untuk pendahuluan, 60 menit untuk pembelajaran inti, dan 15 menit untuk penutup). Begitu juga dengan bab-bab yang lainnya.
BAB II: 16 jam pelajaran (8x pertemuan).
BAB III: 14 jam pelajaran (7x pertemuan).
BAB IV: 6 jam pelajaran (3x pertemuan).
BAB V: 8 jam pelajaran (4x pertemuan).
BAB VI: 6 jam pelajaran (3x pertemuan).
BAB VII: 4 jam pelajaran (2x pertemuan).
8.      Media Pembelajaran:
Media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang materi al-qur’an hadis kelas XII, selain buku-buku yang terkait dengan materi pelajaran al-qur’an hadis ini dalam proses pembelajaran juga menggunakan media power point, papan tulis dan peralatan alat tulis lainnya untuk mempermudah proses pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat diterima peserta didik secara baik.[3]


MAKALAH LENGKAP KLIK BAWAH 







[1] Hadis ini menjelaskan tentang perintah Rasulullah saw. Kepada umatnya untuk menyampaikan ajaran-ajaran beliau. Kata ولواية menunjukkan bahwa dakwah dilakukan menurut kemampuan masing-masing.
[2] Banyak cara yang ditunjukkan agama umtuk menyelamatkan keluarga dari api neraka yaitumendidik dan mengingatkan agar tidak mempersekutukan Allah, menyuruh mengerjakan sholat, dan selain itu terdapat pula hadis yang memerintahkan kepada kedua orang tua agar mendidik anak-anaknya. Dan pada surat an-nisa ayat 36 menjelaskan pada akhir ayat Allah swt menegaskan bahwa Dia tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. Kata مختا لا dan فخورا keduanya mengandung makna kesombongan, yang pertama mempunyai arti kesombongan dalam tingkah laku dan kedua mempunyai arti kesombongan dalam ucapan.
[3] Media pembelajaran ini, digunakan untuk membantu proses dalam penyampaian materi pembelajaran. Didalam buku paket al-qur’an hadis kelas XII ini sangat lengkap. Tetapi, dalammakalah kami hanya mencatumkan  sebagian materi saja yang kami kira sudah mencakup materi perbab. Jadi, jika ada kekurangan itu merupakan suatu yang kami miliki dari diri kita sebagai manusia. Dan kami sengaja tidak mencantumkan rangkuman materi karena buku paket ini tidak terdapat rangkuman materi, tetapi menurut kami buku paket ini mampu memberikan materi yang dilengkapi berbagai penjelasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar