BAB
II
PEMBAHASAN
AQIDAH
AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYYAH
BAB
II
MEMAHAMI
ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM DAN TOKOH- TOKOHNYA
A.
Judul
Judul buku yang
di telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013”
.
B.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, rumah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan , teknologi, seni,
budaya serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan diri secara mandiri, efektif, kratif, serta mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
C.
Kompetensi dasar :
1.
Menghayati
nilai-nilai positif dari adanya aliran-aliran dalam ilmu kalam
2.
Membiasakan
diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan
bermasyarakat
3.
Menganalisis
pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
4.
Menyajikan
peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan terhadap berbagai
literatur dan diskusi di harapkan siswa dapat menjelaskan pokok aliran-aliran
ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syiah, Jabariah, Qodariah, Asyariyah, Al
Maturidiyah dan Mu’tazilah).
E.
Materi Pembelajaran
A.
Aliran
khawarij
1.
pengertian
Khawarij secara
harfiah berarti mereka yang keluar.Menurut kelompok khawarij semua yang telah
mengikuti proses Tahkim, termasuk Ali bin abi tablib dan muawiyah yang
melanggar ketentuan syara’ dan dihukumkafir karena telah melakukan dosa besar.Dan
kelompok khawarij mencetuskan pokok pemikiran bahwa setiap keputusan berada
pada kekuasaan Tuhan.
2.
Dasar
ajaran
Terdapat
dapat QS Al-Baqarah (2);207.
3.
Doktrin
ajaran
a.
Setiap
umat Muhammad yang terus menerus melakukan dosa besar hingga matinya belum
melakukan tobat, maka dihukumkan kafir serta kekal dan neraka.
b.
Membolehkan
tidak mematuhi aturan-aturan kepala Negara, bila kepala keluarga tersebut
khianat dan zalim.
c.
C.
DLL.
4.
Sekte
a.
Sekte
Al Azariqah
b.
Sekte
Al Ibadiah
B.
Aliran
Murji’ah
1.
Pengertian
Kata murji’ah berasal dari kata bahasa arab arja’a, yarji,u yang
berarti menunda atau menagguhkan.
2.
Sekte
Menurut Harun Nasution aliran murji’ah dibagi menjadi dua yakni
golongan moderat dan ekstrim.
C.
Aliran
Syi’ah
1.
Pengertian
Istilah syi’ah berasal dari kata bahasa arab syi’ah. Menurut
etimologi berarti pembela dan pengikut seseorang.Jadi syi’ah adalah bentuk
pendek dari kalimat bersejarah syi’ah ‘Ali artinya “pengikut Ali”.
2.
Doktrin
ajaran
a.
Tauhid
bahwa Allah SWT adalah maha Esa
b.
Al
Adl bahwa Allah SWT maha adil
c.
An-nubuwah
mempercayai kepercayaan syi’ah meyakini keberadaan para Nabi
d.
Al-imamah
meyakini adanya iman-iman yang senantiasa memimpin umat sebagai penerus risalah
kenabian
e.
Al-ma’ad
bahwa akan terjadinya hari kebangkitan
3.
Sekte
a.
Dua
belas imam
b.
Ismailiyah
c.
Zaidiyah
D.
Aliran
jabariyah
1.
Pengertian
Menurut harun nasution jabariyah adalah paham yang menyebutkan
bahwa segala perbuatan manusia telah ditentukan dari semula oleh qadha dan
qadar Allah.
2.
Dasar
ajaran
Dasar
pemahaman pada aliran jabariyah ini dijelaskan Al-Quran diantarannya : QS.al
shaffat (37): 96, dan QS al-insan (76):30.
3.
Doktrin
ajaran
a.
Aliran
ekstrim
b.
Aliran
moderat
E.
Aliran
Qadariyah
1.
Pengertian
Secara etimologi berasal dari bahas Arab yaitu qadara yang bermakna
kemampuan dan kekuatan.Secara terminologi qadariyah adalah suatu aliran yang
percaya bahwa segala tindakan manusia tidak diintervasi oleh Allah.
2.
Dasar
ajaran
Dalam al-quran terdapat ayat-ayat yangb dijadikan dasar paham
qadariyah seperti QS Ar-ra’ad (13): 11.
3.
Doktrin
ajaran
Menurut
Dr. Ahmad Amin pokok-pokok ajaran Qadariyah :
1.
Orang
yang berdosa besar itu bukanlah kafir, dan bukanlah mukmin , tapi fisik dan
orang fasik itu masuk neraka secara kekal.
2.
Dll.
F.
Aliran
mu’tazilah
1.
Pengertian
Mu’tazilah adalah salah satu aliran pemikiran dalam islam yang
banyak terpengaruh dngan filsafat barat sehinggah berkecenderungan menggunakan
rasio sebagai dasar argumentasi.
2.
Doktrin
ajaran
a.
Al-Tauhid
b.
Al-adl
c.
Al-wa’d
wa’al wa’id (janji dan ancaman)
d.
Al-manzilah
bain al manzilatain
e.
Amar
ma’ruf nahi mungkar
G.
Aliran
ahlu sunnah waljamaah/sunni
1.
Aliran
asy’ariyah
Penganut atau pengikut sunnah Nabi Muhammad SAW.
a.
Pengertian
Asy’ariyah
adalah sebuah paham akidah yang di nisbatkan kepada abul hasan al asy’ary.
b.
Doktrin
ajaran
1.
Sifat-sifat
Allah
2.
Al-Quran
3.
Melihat
Tuhan
4.
Perbuatan
Manusia
5.
Keadilan
Tuhan
6.
Muslim
yang berbuat dosa
2.
Aliran
maturidiyah
a.
Pengertian
Maturidiyah adalah aliran pemikiran kalam yang berpegang pada
keputusan akal pikiran dalam hal-hal yang tidak bertntangan dengan syara’.
b.
Doktrin
ajaran
1.
Akal
dan wahyu
2.
Perbuatan
manusia
3.
Kekuasaan
dan kehendak mutlak Tuhan
4.
Sifat
Tuhan
5.
Melihat
Tuhan
6.
Kalam
Tuhan
7.
Perbuatan
Tuhan
8.
Pengutusan
Rasul
9.
Pelaku
dosa besar
10.
Iman
c.
Madzhab
aliran maturidiyah
1.
Golongan
Samarkand
2.
Golongan
buhara
H.
Perbandingan
pemikiran aliran kalam
1.
Akal
dan wahyu
a.
Menurut
aliran mu’tazilah
b.
Menurut
aliran asy’ariyah
c.
Menurut
aliran maturidiyah
2.
Iman
dan kufur
a.
Menurut
aliran khawarij
b.
Menurut
aliran murjiah
c.
Menurut
aliran mu’tazilah
d.
Menurut
aliran asy’ariyah
3.
Perbutan
manusia
a.
Menurut
aliran jabariyah
b.
Menurut
aliran mu’tazilah
c.
Menurut
aliran asya’ariyah
d.
Menurut
aliran maturidiyah
4.
Kehendak
mutlak dan keadilan Tuhan
a.
Menurut
aliran mu’tazilah
b.
Menurut
aliran asy’ariyah
I.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
J.
Strategi
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu memahami
aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
2.
Kegiatan
Inti
3.
Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan
materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali
pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
K.
Evaluasi
Hasil Belajar
Penilaian proses belajar mengajar oleh
guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
L.
Sumber
dan Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan oleh guru
adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet.
M.
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk
pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
N.
Media
Pembelajaran
Media yang digunakan dalam
pengajaran dikelas adalah power point dan papan tulis.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar