Kamis, 12 Mei 2016

(FILDZATUL W) AQIDAH AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYYAH


BAB II
PEMBAHASAN

AQIDAH AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYYAH
BAB II
MEMAHAMI ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM DAN TOKOH- TOKOHNYA
A.    Judul
Judul buku yang di telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, rumah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan , teknologi, seni, budaya serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri secara mandiri, efektif, kratif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

C.    Kompetensi dasar :
1.      Menghayati nilai-nilai positif dari adanya aliran-aliran dalam ilmu kalam
2.      Membiasakan diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat
3.      Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam
4.      Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam

D.    Tujuan Pembelajaran
            Melalui pengamatan terhadap berbagai literatur dan diskusi di harapkan siswa dapat menjelaskan pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syiah, Jabariah, Qodariah, Asyariyah, Al Maturidiyah dan Mu’tazilah).

E.    Materi Pembelajaran
A.       Aliran khawarij
1.      pengertian
Khawarij secara harfiah berarti mereka yang keluar.Menurut kelompok khawarij semua yang telah mengikuti proses Tahkim, termasuk Ali bin abi tablib dan muawiyah yang melanggar ketentuan syara’ dan dihukumkafir karena telah melakukan dosa besar.Dan kelompok khawarij mencetuskan pokok pemikiran bahwa setiap keputusan berada pada kekuasaan Tuhan.
2.      Dasar ajaran
Terdapat dapat QS Al-Baqarah (2);207.
3.      Doktrin ajaran
a.       Setiap umat Muhammad yang terus menerus melakukan dosa besar hingga matinya belum melakukan tobat, maka dihukumkan kafir serta kekal dan neraka.
b.      Membolehkan tidak mematuhi aturan-aturan kepala Negara, bila kepala keluarga tersebut khianat dan zalim.
c.       C. DLL.
4.      Sekte
a.       Sekte Al Azariqah
b.      Sekte Al Ibadiah
B.     Aliran Murji’ah
1.      Pengertian
Kata murji’ah berasal dari kata bahasa arab arja’a, yarji,u yang berarti menunda atau menagguhkan.
2.      Sekte
Menurut Harun Nasution aliran murji’ah dibagi menjadi dua yakni golongan moderat dan ekstrim.
C.    Aliran Syi’ah
1.      Pengertian
Istilah syi’ah berasal dari kata bahasa arab syi’ah. Menurut etimologi berarti pembela dan pengikut seseorang.Jadi syi’ah adalah bentuk pendek dari kalimat bersejarah syi’ah ‘Ali artinya “pengikut Ali”.
2.      Doktrin ajaran
a.       Tauhid bahwa Allah SWT adalah maha Esa
b.      Al Adl bahwa Allah SWT maha adil
c.       An-nubuwah mempercayai kepercayaan syi’ah meyakini keberadaan para Nabi
d.      Al-imamah meyakini adanya iman-iman yang senantiasa memimpin umat sebagai penerus risalah kenabian
e.       Al-ma’ad bahwa akan terjadinya hari kebangkitan
3.      Sekte
a.       Dua belas imam
b.      Ismailiyah
c.       Zaidiyah
D.    Aliran jabariyah
1.      Pengertian
Menurut harun nasution jabariyah adalah paham yang menyebutkan bahwa segala perbuatan manusia telah ditentukan dari semula oleh qadha dan qadar Allah.
2.      Dasar ajaran
Dasar pemahaman pada aliran jabariyah ini dijelaskan Al-Quran diantarannya : QS.al shaffat (37): 96, dan QS al-insan (76):30.
3.      Doktrin ajaran
a.       Aliran ekstrim
b.      Aliran moderat
E.     Aliran Qadariyah
1.      Pengertian
Secara etimologi berasal dari bahas Arab yaitu qadara yang bermakna kemampuan dan kekuatan.Secara terminologi qadariyah adalah suatu aliran yang percaya bahwa segala tindakan manusia tidak diintervasi oleh Allah.
2.      Dasar ajaran
Dalam al-quran terdapat ayat-ayat yangb dijadikan dasar paham qadariyah seperti QS Ar-ra’ad (13): 11.
3.      Doktrin ajaran
Menurut Dr. Ahmad Amin pokok-pokok ajaran Qadariyah :
1.      Orang yang berdosa besar itu bukanlah kafir, dan bukanlah mukmin , tapi fisik dan orang fasik itu masuk neraka secara kekal.
2.      Dll.

F.     Aliran mu’tazilah
1.      Pengertian
Mu’tazilah adalah salah satu aliran pemikiran dalam islam yang banyak terpengaruh dngan filsafat barat sehinggah berkecenderungan menggunakan rasio sebagai dasar argumentasi.
2.      Doktrin ajaran
a.       Al-Tauhid
b.      Al-adl
c.       Al-wa’d wa’al wa’id (janji dan ancaman)
d.      Al-manzilah bain al manzilatain
e.       Amar ma’ruf nahi mungkar
G.    Aliran ahlu sunnah waljamaah/sunni
1.      Aliran asy’ariyah
Penganut atau pengikut sunnah Nabi Muhammad SAW.
a.       Pengertian
Asy’ariyah adalah sebuah paham akidah yang di nisbatkan kepada abul hasan al asy’ary.
b.      Doktrin ajaran
1.      Sifat-sifat Allah
2.      Al-Quran
3.      Melihat Tuhan
4.      Perbuatan Manusia
5.      Keadilan Tuhan
6.      Muslim yang berbuat dosa
2.      Aliran maturidiyah
a.       Pengertian
Maturidiyah adalah aliran pemikiran kalam yang berpegang pada keputusan akal pikiran dalam hal-hal yang tidak bertntangan dengan syara’.
b.      Doktrin ajaran
1.      Akal dan wahyu
2.      Perbuatan manusia
3.      Kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan
4.      Sifat Tuhan
5.      Melihat Tuhan
6.      Kalam Tuhan
7.      Perbuatan Tuhan
8.      Pengutusan Rasul
9.      Pelaku dosa besar
10.  Iman
c.       Madzhab aliran maturidiyah
1.      Golongan Samarkand
2.      Golongan buhara
H.    Perbandingan pemikiran aliran kalam
1.      Akal dan wahyu
a.       Menurut aliran mu’tazilah
b.      Menurut aliran asy’ariyah
c.       Menurut aliran maturidiyah
2.      Iman dan kufur
a.       Menurut aliran khawarij
b.      Menurut aliran murjiah
c.       Menurut aliran mu’tazilah
d.      Menurut aliran asy’ariyah
3.      Perbutan manusia
a.       Menurut aliran jabariyah
b.      Menurut aliran mu’tazilah
c.       Menurut aliran asya’ariyah
d.      Menurut aliran maturidiyah
4.      Kehendak mutlak dan keadilan Tuhan
a.       Menurut aliran mu’tazilah
b.      Menurut aliran asy’ariyah

I.       Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
J.      Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø  Siswa  memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø  Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø  Memberi salam penutup
K.   Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
L.    Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet.
M.  Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
N.    Media Pembelajaran
            Media yang digunakan dalam pengajaran dikelas adalah power point dan papan tulis.

FULL MAKALAH 


MAKALAH MENARIK LAINNYA 
  1. MAKALAH PENCURIAN DAN PERAMPOKAN 
  2. JARIMAH ZINA 
  3. JARIMAH DAN JINAYAH 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar