BAB
II
DESKRIPSI
KURIKULUM
Betapa
Besarnya Tanggung Jawabku
Terhadap
Keluarga dan Masyarakat.
1. Kompetensi
Dasar
- Menyadari nilai-nilai tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat.
- Menunjukkan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. at-Tahrim:6, Q.S. Taha:132, al-An’am:70, Q.S. an-Nisa’:36, Hud: 117-119 dan H.R. Al-Bukhari dari Abdullah bin umar,
كُلُّكُمْ رَاعٍ
وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فالإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ
رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِى أَهْلِهِ
وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ
رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِى بَيْتِ زَوْجِهَا وَمَسْئُولَةٌ عَنْ
رَعِيَّتِهَا وَالْخَادِمُ رَاعٍ
فِى مَالِ سَيِّدِهِ
وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ قَالَ وَحَسِبْتُ أَنْ قَدْقَالَ وَالرَّجُلُ رَاعٍ
فِى مَالِ أَبِيْهِ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ
عَنْ رَعِيَّتِهِ
hadis riwayat abu dawud dari ar-rabi’i bin
sabrah
مُرُوا
الصَّبِيَّ بِالصَّلاَةِ إِذَا بَلَغَ سَبْعَ سِنِيْنَ وَإِذَا بَلَغَ عَشْرَ
سِنِيْنَ فَاضْرِبُوهُ عَلَيْهَا
dan hadis riwayat oleh
al-Bukhari Muslim dari Abu Hurairah.
حَقُّ
الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ رَدُّالسَّلاَمِ وَعِيَادَةُ الْمَرِيْضِ وَاتِّبَاعُ
الجَنَا ئِزِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ
وَتَشْمِيْتُ
الْعَاطِسِ
- Memahami ayat-ayat al-qu’an tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada Q.S.at-Tahrim:6, Q.S. Taha:132, al-An’am:70, Q.S. an-Nisa’:36, Hud: 117-119 dan hadis.
- Mendemontrasikan hafalan dan arti perkata ayat al-Qur’an dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada Q.S.at-Tahrim:6, Q.S. Taha:132, al-An’am:70, Q.S. an-Nisa’:36, Hud: 117-119 dan hadis.
2. Tujuan
Pembelajaran
- Peserta didik dapat membaca Q.S.at-Tahrim:6,Q.S.Taha:132, al-An’am:70, Q.S. an-Nisa’:36, Hud: 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
- Peserta didik dapat menyebutkan makna mufradat Q.S.at-Tahrim:6,Q.S.Taha:132, al-An’am:70, Q.S. an-Nisa’:36, Hud: 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
- Peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S.at-Tahrim:6, Q.S.Taha:132, al-An’am:70, Q.S. an-Nisa’:36, Hud: 117-119 dan hadis tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
- Pesereta didik dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat.
3. Peta
Konsep
Tanggung
Jawab Terhadap Keluarga Dan Masyarakat
a. Memahami
QS. At-Tahrim [66]: 6
b. Memahami
QS. Taha [20]: 132
c. Memahami
QS. Al-an’am [6]: 70
d. Memahami
QS. An-Nisa’ [4]: 36
e. Memahami
QS. Hud [11]: 117-119
f. Memahami
Hadis Tentang Tentang Tanggung Jawab Terhadap Keluarga Dan Masyarakat
g. Perilaku
Tentang Tentang Tanggung Jawab Terhadap Keluarga Dan Masyarakat.
4. Materi
pembelajaran
A. Mari
Renungan
Setiap manusia harus memiliki rasa
tanggung jawab, rasa tanggung jawab itu harus disesuaikan dengan apa yang telah
dilakukan. Arti dari tanggung jawab menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah
keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut
kamus umum baha Indonesia adalah kewajiban memikul, menanggung segala
sesuatunya, dan menanggung segala akibatnya.
Makna tanggung jawab adalah kesadaran
manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak
disengaja. Tanggung jawab jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi
bagian hidup dari manusia bahwa setiap manusia dibebabi dengan tanggung jawab.
Apabila dikaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus dipikul sebagai
akibat dari perbuatan yang dilakukan seseorang.
Tanggung jawab adalah ciri manusi yang
beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau
buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan
pengadilan atau pengorbanan.
B. Materi
Mengamati
Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa profil
keluarga teladan adalah keluarga Imran. Inilah satu-satunya keluarga yang
dijadikan sebagai nama surat, yakni Ali Imran. Imran selalu mengingatkan
keluarganya untuk tidak menyekutukan Allah, untuk memiliki keberanian dalam
kebenaran dan kebaikan, tabah dalam musibah, tidak sombong, menunaikan shalat,
puasa, zakat dan sebagainya. Keberhasilan Imra dalam mendidik keluarganya
adalah kehebatan keturunan-keturunanya seperti Maryam.
C. Mari
memahami al-qur’an dan hadis
1. Qs.
At-Tahrim [66]: 6
2. QS.
Taha [20]: 132
3. QS.
Al- An’am [6]: 70
4. QS.An-Nisa
[4]: 36
5. QS.
Hud [11]: 117-119
6. Hadis
D. Perilaku
orang yang bertanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
Sikap dan perilaku yang dapat dilakukan
sebagai penghayatan dan pengamalan QS. At-Tahrim [66]: 6 sebagai berikut:
1. Selalu
taat dan patuh melaksanakan printah Allah dan meninggalkan rangannya serta
mendidik keluarga agar selamat dari api neraka.
2. Berperilaku
taat dan petuh kepada perintah Allah dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu
baru menyuruh orang lain.
Sikap dan perilaku yang dapat dilakukan
sebagai penghayatan dan pengamalan QS. Taha [20]: 132 sebagai berikut:
1. Selalu
mendidik keluarga untuk melaksanakan shalat dan bersabar dalam pelaksanaanya.
2. Sebelum
mendidik, menyuruh keluarga untuk melaksanakan shalat, terlebih dahulu
seseorang melaksanakannya.
Sikap dan perilaku yang dapat dilakukan
sebagai penghayatan dan pengamalan QS. Al-An’am [6]: 70 sebagai berikut:
1. Senantiasa
bergaul dengan orang-orang yang tidak menjadikan agama sebagai main-main dan
senda gurau.
2. Selalu
mengisi waktu dengan perbuatan yang bermanfaat.
Sikap dan perilaku yang dapat dilakukan
sebagai penghayatan dan pengamalan QS. An-Nisa’ [4]: 36 sebagai berikut:
1. Selalu
melaksanakan ibadah baik dalam artian sempit ( mahdah ) dan luas (
gairu mahdah )
2. Selalu
berbakti kepada kedua orang tua .
3. Selalu
berbuat baik kepada karib kerabat.
4. Selalu
berbuat baik kepada anak yatim, orang-orang miskin, tetangga baik yang dekat
atau yang jauh, Ibnu sabil dan hamba sahaya.
5. Selalu
menjauhkan diri dari sifat dan sikap sombong.
Sikap dan perilaku yang dapat dilakukan
sebagai penghayatan dan pengamalan QS. Hud [11]: 117-119 sebagai berikut:
1. Menghindarkan
diri dari perbuatan dzalim yang menyebabkan kemurkaan Allah swt.
2. Selalu
mengoptimalkan akal dan fikiran kita dalam menjalani kehidupan.
3. Senantiasa
menjaga kesatuan dan persatuan.
E. Rangkuman
Materi Pembelajaran
a. Allah
memerintahkan kepada orang-orang mukmin, terutama orang tua untuk menjaga
dirinya sendiri, keluarga dan anak-anaknya dari api neraka dengan mengerjakan
perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya, serta mendidik mereka dengan
didikan yang baik, berbudi yang luhur dan berilmu yang manfaat.
b. Sikap
memanjakan anak berarti ”membunuh” anak itu sendiri.
c. Penjaga
neraka itu adalah para malaikat yang kuat, keras dan kasar, taat dan patuh pada
perintah Allah dan selalu mengerjakan apa-apa yang diperintahkan kepadanya.
Umat islam diperintahkan oleh Allah agar mempunyai keturunan yang sejahtera dan
bahagia di dunia dan di akhirat.
d. Allah
tidak menyukai bila hamba-Nya meninggalkan keturunan dalam keadaan lemah yang
hanya akan menjadi beban masyarakat.
e. Mendidik
anak dengan didikan yang baik dan mensejahterakan mereka menjadi beban dan
tanggun jawab orang tua.
5. Metode
Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah metode
pemecahan masalah (problem solving method). Metode problem solving (metode
pemecahan masalah) bukan hanya sekadar metode mengajar, tetapi juga merupakan
suatu metode berpikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode-metode
lainnya yang dimulai dengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan, selain
itu metode tanya jawab, ceramah juga bisa digunakan dalam bab ini.
6. Strategi
Pembelajaran
1. Pendahuluan
- Menyampaikan
salam pembuka yang ramah serta memberi semangat dan tak lupa menanyakan
mengenai hal kesehatan maupun keinginannya.
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Menggali
pengetahuan mengenai materi hidup berkah dengan menghormati dan mematuhi orang
tua dan guru.
2. Kegiatan
Inti.
3. Penutup
- Guru
menyimpulkan kembali poin-poin pelajaran yang dibahas.
- Memberikan
tugas latihan soal agar siswa lebih menguasai.
- Memberi
salam penutup.
7. Evaluasi
Hasil Belajar
Evaluasi
hasil belajar melalui tes tertulis maupun tes verbal.
8. Sumber
dan Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan oleh guru
adalah buku paket dan buku yang berkaitan.
9. Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit,
yaitu satu setengah jam, 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan
inti dan 15 menit untuk penutup.
10.
Media Pembelajaran
Media
yang digunakan adalah slide dan papan tulis.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar