TELAAH MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS XII MA
Semester II :
BAB
3 :Problematika Masyarakat Modern
Standar
Kompetensi
Memahami peran tasawuf dalam kehidupan
modern
Kompetensi
Dasar
1. Menjelaskan
poblematika masyarakat modern
2. Menjelaskan
relevansi tasawuf dalam kehidupan modern
3. Menjelaskan
peranan tasawuf dalam kehidupan modern
Tujuan
Pembelajaran
Agar siswa mampu menjelaskan
problematika masyarakat modern, serta relevansi dan peranan tasawuf dalam
kehidupan modern
Materi
Pembelajaran
A. Pengertian
Masyarakat Modern
Suatu himpunan yang hidup bersama
di suatu tempat dengan ikatan dan aturan tertentu yang berifat mutakhir.
B. Problematika
Masyarakat Modern
Kemampuan di bidang teknologi pada
zaman modern ini telah membawa manusia ke dalam dua sisi, yaitu memberi efek
positif dan efek negatif. Kehadiran IPTEK tersebut telah melahirkan sejumlah
problematika masyarakat modern berikut :
a. Disintegrasi
ilmu pengetahuan f. Pola
hubungan materialistik
b. Kepribadian
terpecah g.
Menghalalkan segala cara
c. Penyalahgunaan
IPTEK h. Stres dan
frustasi
d. Pendangkalan
iman
e. Kehilangan harga diri dan masa depan
C. Relevansi
Tasawuf dalam Kehidupan Modern
Tasawuf relevan dengan problem manusia
modern karena tasawuf secara seimbang memberikan kesejukan batin dan sekaligus
disiplin syariah. Melalui tasawuf, seseorang disdarkan bahwa sumber segala yang
ada berasal dari Tuhan. Tasawuf menjadika manusia berpaling sejenak untuk
menggapai sifat ke-ilahi-annya yang
sering pudar dengan modernisasi.
D. Peran
Tasawuf Dalam Kehidupan Modrn
1. Untuk
menyelamatkan kemanusiaan dari kebingungan dan kegelisahan sebagai akibat
kurangnya nilai-nilai spiritual
2. Memahami
tentang aspek asoteris Islam, baik terhadap masyarakat muslim maupun non
muslim.
3. Menegaskan
kembali bahwa aspek aoteris Islam (tasawuf) adalah jantung ajaran Islam.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah, untuk
memberikan orientasi dan gambaran secara global tentang peran tasawuf dalam
kehidupan modrn
2.
Demonstrasi, dengan
cara melihat paparan/ tayangan film untuk meneladani akidah dan akhlak
3.
Penugasan, berupa
merangkum pokok-pokok persoalan dalam teks bacaan dan buku refrensi atau dari
demonstrasi yang dilihat
Strategi
Pelaksanaan Pembelajaran
1. Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)
Pembelajaran menggunakan masalah
dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara
berpikir kritis dn ketrampilan pemecahan masalah.
2. Strategi
Pembelajaran Berbasis Inkuiri (SPBI)
Strategi pembelajaran dengan cara
mendorong siswa untuk menemukan sesuatu dari apa yang dipelajari
3. Strategi
Pembelajaran Kooperatif (SPK)
Rangkaian kegiatan belajar yang
dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran
yang telah ditentukan
4. Pembelajaran
Kontekstual (Contecstual Teaching)
Pembelajaran yang berusaha
mendekatkan proses belajar siswa dengan kehidupan konkret yang mereka hadapi di
masyarakat
Evaluasi
Hasil Belajar
1. Performan
Teknik ini digunakan untuk menilai sikap
dan perilaku keseharian siswa dengan menggunakan instrument observasi
sebagaimana format yang sudah ada dimuka. Penilaian ini dilakukan oleh guru
pada akhir semester secara global untuk semua kompetensi dasar (KD)
2. Tes
Lisan Dan Tulisan
Tes ini bertujuan untuk mengukur
kemampuan kognitif siswa dalam pemahaman materi peranan tasawuf dalam kehidupan
modern
3. Proyek
Berupa
tugasindividual maupun kelompok.
Sumber dan Refrensi
Refrensi yang
digunakan adalah buku paket dan CD
Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu
pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit pembukaan, 55 menit kegiatan inti,
15 menit penutup
Media Pembelajaran
Slide, lcd,
proyektor, laptop, papan tulis
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar