Kamis, 12 Mei 2016

NOVIANA WAHYU MUSTIKA DEWI (TELAAH MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS XII MA)


TELAAH MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS XII MA
Semester II :
BAB 3 :Problematika Masyarakat Modern
Standar Kompetensi
Memahami peran tasawuf dalam kehidupan modern
Kompetensi Dasar
1.    Menjelaskan poblematika masyarakat modern
2.    Menjelaskan relevansi tasawuf dalam kehidupan modern
3.    Menjelaskan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
Tujuan Pembelajaran
Agar siswa mampu menjelaskan problematika masyarakat modern, serta relevansi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
Materi Pembelajaran
A.      Pengertian Masyarakat Modern
Suatu himpunan yang hidup bersama di suatu tempat dengan ikatan dan aturan tertentu yang berifat mutakhir.
B.       Problematika Masyarakat Modern
Kemampuan di bidang teknologi pada zaman modern ini telah membawa manusia ke dalam dua sisi, yaitu memberi efek positif dan efek negatif. Kehadiran IPTEK tersebut telah melahirkan sejumlah problematika masyarakat modern berikut :
a.       Disintegrasi ilmu pengetahuan           f. Pola hubungan materialistik
b.      Kepribadian terpecah                         g. Menghalalkan segala cara
c.       Penyalahgunaan IPTEK                     h. Stres dan frustasi
d.      Pendangkalan iman                           
e.        Kehilangan harga diri dan masa depan
C.       Relevansi Tasawuf dalam Kehidupan Modern
Tasawuf relevan dengan problem manusia modern karena tasawuf secara seimbang memberikan kesejukan batin dan sekaligus disiplin syariah. Melalui tasawuf, seseorang disdarkan bahwa sumber segala yang ada berasal dari Tuhan. Tasawuf menjadika manusia berpaling sejenak untuk menggapai sifat ke-ilahi-annya yang sering pudar dengan modernisasi.




D.      Peran Tasawuf Dalam Kehidupan Modrn
1.      Untuk menyelamatkan kemanusiaan dari kebingungan dan kegelisahan sebagai akibat kurangnya nilai-nilai spiritual
2.      Memahami tentang aspek asoteris Islam, baik terhadap masyarakat muslim maupun non muslim.
3.      Menegaskan kembali bahwa aspek aoteris Islam (tasawuf) adalah jantung ajaran Islam.

Metode Pembelajaran
1.         Ceramah, untuk memberikan orientasi dan gambaran secara global tentang peran tasawuf dalam kehidupan modrn
2.         Demonstrasi, dengan cara melihat paparan/ tayangan film untuk meneladani akidah dan akhlak
3.         Penugasan, berupa merangkum pokok-pokok persoalan dalam teks bacaan dan buku refrensi atau dari demonstrasi yang dilihat

Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
1.      Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)
Pembelajaran menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dn ketrampilan pemecahan masalah.
2.      Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri (SPBI)
Strategi pembelajaran dengan cara mendorong siswa untuk menemukan sesuatu dari apa yang dipelajari
3.      Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK)
Rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan
4.      Pembelajaran Kontekstual (Contecstual Teaching)
Pembelajaran yang berusaha mendekatkan proses belajar siswa dengan kehidupan konkret yang mereka hadapi di masyarakat

Evaluasi Hasil Belajar
1.      Performan
Teknik ini digunakan untuk menilai sikap dan perilaku keseharian siswa dengan menggunakan instrument observasi sebagaimana format yang sudah ada dimuka. Penilaian ini dilakukan oleh guru pada akhir semester secara global untuk semua kompetensi dasar (KD)



2.      Tes Lisan Dan Tulisan
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dalam pemahaman materi peranan tasawuf dalam kehidupan modern

3.      Proyek
Berupa tugasindividual maupun kelompok.

Sumber dan Refrensi
Refrensi yang digunakan adalah buku paket dan CD
Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit pembukaan, 55 menit kegiatan inti, 15 menit penutup
Media Pembelajaran
Slide, lcd, proyektor, laptop, papan tulis





FULL MAKALAH 




MAKALAH MENARIK LAINNYA
  1. MAKALAH PERAMPOKAN DAN PENCURIAN 
  2. JARIMAH ZINA 
  3. JARIMAH DAN JINAYAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar