Kamis, 12 Mei 2016

(IMROATUL MAHMUDAH) Keteladanan Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat


BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM

A.      BAB I Keteladanan Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat
Identitas Materi: Islam pada masa Nabi Muhammad SAW
Standar kompetensi       (1)        :
¨         Memahami keteladanan dakwah Rosulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar ( 1.1 )           :
¨         Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah dan Madinah
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
·           Menjelasakan ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Mekah
·           Menjelaskan ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah
·           Mendiskusikan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekkah
·           Mendiskusikan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah
·           Mempresentasikan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Mekah
·           Mempresentasikan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah
Materi Pembelajaran
·           Sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.         Ceramah
2.         Tanya jawab
3.         Diskusi kelompok
4.         Inskuiri
5.         Pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·           Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·           Siswa menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka bab yang akan dipelajari.
·           Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·           Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
·           Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah.
·           Menyampaikan cakupan materi sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah serta penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus yang disusun.
Kegiatan Inti :
·           Untuk mengetahui penguasaan siswa tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah, guru memberikan pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan /dengan materi pembelajaran tersebut kepada siswa secara bergantian.
·           Membahas satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
·           Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok;
·           Masing-masing kelompok membaca buku paket siswa tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah.
·           Masing-masing kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah.
·           Masing-masing kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
·           Masing-masing kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi.
·           Guru memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·           Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah.
·           Mempersilakan siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah. Guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari. 
·           Guru menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di rumah serta  mengerjakan latihan-latihan yang ada dalam buku itu.
·           Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
·           Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
Evaluasi Hasil Belajar
1.         Penilaian proses        : Afektif 
2.         Penilaian konsep       : Kognitif
3.         Jenis Tagihan            : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4.         Instrumen Penilaian  : Lembar pengamatan dan tes Subjektif (Isian dan          PG)
5.         Contoh Instrumen     : Terlampir
Sumber dan Referensi Pembelajaran
1.         Ensiklopedia Islam
2.         Internet
3.         Buku paket SKI yang relevan
4.         LKS SKI
Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Media Pembelajaran
1.         LCD
2.         Laptop
3.         Papan tulis
B.       BAB I Keteladanan Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat
Identitas Materi: Islam pada masa Nabi Muhammad SAW
Standar kompetensi       (1)        :
¨         Memahami keteladanan dakwah Rosulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar ( 1.2 )           :
¨         Mendeskrip sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
·           Menjelasakan substansi dakwah Rasullullah SAW  periode Madinah.
·           Menjelaskan substansi dakwah Rasullullah SAW  periode Makkah.
·           Mendiskusikan strategi dakwah Rasullullah SAW  periode Madinah.
·           Mendiskusikan strategi dakwah Rasullullah SAW  periode Makkah.
·           Mempresentasikan reaksi (negatif) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Mekah.
·           Mempresentasikan reaksi (negatif) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
Materi Pembelajaran
·           Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.         Ceramah
2.         Tanya jawab
3.         Diskusi kelompok
4.         Inskuiri
5.         Pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·           Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·           Siswa menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka bab yang akan dipelajari.
·           Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·           Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
·           Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi sejarah Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah.
·           Menyampaikan cakupan materi Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus yang disusun.
Kegiatan Inti :
·           Untuk mengetahui penguasaan siswa tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah, guru memberikan pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan /dengan materi pembelajaran tersebut kepada siswa secara bergantian.
·           Membahas satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
·           Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok;
·           Masing-masing kelompok membaca buku paket siswa tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah.
·           Masing-masing kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah.
·           Masing-masing kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
·           Masing-masing kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi.
·           Guru memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·           Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah.
·           Mempersilakan siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah. Guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari. 
·           Guru menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di rumah serta  mengerjakan latihan-latihan yang ada dalam buku itu.
·           Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
·           Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
Evaluasi Hasil Belajar
1.         Penilaian proses        : Afektif 
2.         Penilaian konsep       : Kognitif
3.         Jenis Tagihan            : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4.         Instrumen Penilaian  : Lembar pengamatan dan tes Subjektif (Isian dan          PG)
5.         Contoh Instrumen     : Terlampir
Sumber dan Referensi Pembelajaran
1.         Ensiklopedia Islam
2.         Internet
3.         Buku paket SKI yang relevan
4.         LKS SKI
Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Media Pembelajaran
1.         LCD
2.         Laptop
3.         Papan tulis
C.      BAB I Keteladanan Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat
Identitas Materi: Islam pada masa Nabi Muhammad SAW
Standar kompetensi       (1)        :
·           Memahami keteladanan dakwah Rosulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar ( 1.3 )           :
·           Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
·           Menjelasakan hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah.
·           Menjelaskan hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah.
·           Mendiskusikan hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah.
·           Mendiskusikan hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah.
·           Mempresentasikan hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah.
·           Mempresentasikan hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah.
Materi Pembelajaran
·           Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.         Ceramah
2.         Tanya jawab
3.         Diskusi kelompok
4.         Inskuiri
5.         Pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·           Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·           Siswa menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka bab yang akan dipelajari.
·           Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·           Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
·           Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi sejarah Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah.
·           Menyampaikan cakupan materi Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus yang disusun.
Kegiatan Inti :
·           Untuk mengetahui penguasaan siswa tentang Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah, guru memberikan pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan /dengan materi pembelajaran tersebut kepada siswa secara bergantian.
·           Membahas satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
·           Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok;
·           Masing-masing kelompok membaca buku paket siswa tentang Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah.
·           Masing-masing kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan tentang Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah.
·           Masing-masing kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
·           Masing-masing kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi.
·           Guru memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·           Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah.
·           Mempersilakan siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang Hasil-hasil perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah. Guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari. 
·           Guru menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di rumah serta  mengerjakan latihan-latihan yang ada dalam buku itu.
·           Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
·           Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
Evaluasi Hasil Belajar
1.         Penilaian proses        : Afektif 
2.         Penilaian konsep       : Kognitif
3.         Jenis Tagihan            : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4.         Instrumen Penilaian  : Lembar pengamatan dan tes Subjektif (Isian dan          PG)
5.         Contoh Instrumen     : Terlampir
Sumber dan Referensi Pembelajaran
1.         Ensiklopedia Islam
2.         Internet
3.         Buku paket SKI yang relevan
4.         LKS SKI
Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Media Pembelajaran
1.         LCD
2.         Laptop
3.         Papan tulis
D.      BAB I Keteladanan Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat
Identitas Materi: Islam pada masa Nabi Muhammad SAW
Standar kompetensi       (1)        :
·           Memahami keteladanan dakwah Rosulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar ( 1.4 )           :
·           Mengambil ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
·           Menjelasakan perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Menjelaskan perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Mendiskusikan perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Mendiskusikan perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Mempresentasikan perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Mempresentasikan perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
Materi Pembelajaran
·           Ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.         Ceramah
2.         Tanya jawab
3.         Diskusi kelompok
4.         Inskuiri
5.         Pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·           Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·           Siswa menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka bab yang akan dipelajari.
·           Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·           Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
·           Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Menyampaikan cakupan materi ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus yang disusun.
Kegiatan Inti :
·           Untuk mengetahui penguasaan siswa tentang ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang, guru memberikan pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan /dengan materi pembelajaran tersebut kepada siswa secara bergantian.
·           Membahas satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
·           Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok;
·           Masing-masing kelompok membaca buku paket siswa ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Masing-masing kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan tentang ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Masing-masing kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
·           Masing-masing kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi.
·           Guru memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·           Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·           Mempersilakan siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang ibrah dari perjuangan  Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang. Guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari. 
·           Guru menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di rumah serta  mengerjakan latihan-latihan yang ada dalam buku itu.
·           Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
·           Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
Evaluasi Hasil Belajar
1.         Penilaian proses        : Afektif 
2.         Penilaian konsep       : Kognitif
3.         Jenis Tagihan            : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4.         Instrumen Penilaian  : Lembar pengamatan dan tes Subjektif (Isian dan          PG)
5.         Contoh Instrumen     : Terlampir
Sumber dan Referensi Pembelajaran
1.         Ensiklopedia Islam
2.         Internet
3.         Buku paket SKI yang relevan
4.         LKS SKI
Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Media Pembelajaran
1.         LCD
2.         Laptop
3.         Papan tulis

RINGKASAN MATERI
A.      Penyebaran Islam Periode Mekah
Rasulullah SAW berdakwah menyebarkan Islam di Mekah kurang lebih 13 tahun. Strategi penyebaran dakwah Islam pada periode Mekah dapat kita pelajari dari uraian berikut.
1.         Dakwah secara sembunyi-sembunyi
Setelah menerima wakyu pertama dan kedua, Nabi Muhammad SAW melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi. Dakwah dimulai dari kaum kerabat dan sahabat dekatnya.
2.         Dakwah secara terbuka
Setelah dakwa secara sembunyi-sembunyi, Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk berdakwah secara terbuka. Pada waktu berdakwah secara terbuka ini, beliau mendapat tantangan yang berat dari kaum kafir Quraisy. Bahkan, tantangan itu dipelopori oleh pamannya, yaitu abu jahal dan Abu Lahab.
3.        Pemboikotan dan Rencana Pembunuhan
4.        Hijrah ke Habsyi
5.        Misi ke Ta’if
6.        Respon Masyarakat Yasrib
7.        Perjanjian aqabah I
8.        Perjanjian Aqobah II
B.       Penyebaran Islam Periode Madinah
Nabi akhirnya mendapat perintah untuk berhijrah. Sebelum ke Madinah, beliau menyuruh sahabatnya hijrah ke Habsyi. Di Madinah, Nabi Muhammad SAW membangun sebuah negara yang kuat. Pertama Nabi membangun Masjid Quba, mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Kaum Anshor, dan membuat piagam madinah. Beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi pada periode Madinah: Perang Badar, Perang Uhud, Perang Khandaq (Perang Parit), Perang Mu’tah, Perjanjian Hudaibiyah, Fathul Mekah (Penakhlukan Kota Mekah)
C.      Mengambil Ibrah dari Dakwah Nabi Muhammad SAW
1.         Dakwah hendaknya dilakukan ibda’ binafsih.
2.         Materi dakwah yang pertama ditanamkan adalah ajaran tauhid
3.         Penggalangan kekuatan
4.         Dapat mencontoh strategi Nabi Muhammad dalam membentuk negara Madinah yang sangat kuat.

FULL MAKALAH 


MAKALAH MENARIK LAINNYA 
  1. MAKALAH PENCURIAN DAN PERAMPOKAN 
  2. JARIMAH ZINA 
  3. JARIMAH DAN JINAYAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar