BAB
II
DESKRIPSI
KURIKULUM
A.
BAB I Keteladanan
Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat
Identitas Materi: Islam pada masa Nabi Muhammad SAW
Standar kompetensi (1) :
¨
Memahami keteladanan
dakwah Rosulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar ( 1.1 ) :
¨
Menceritakan sejarah
dakwah Rasulullah SAW pada periode Mekah dan Madinah
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
·
Menjelasakan ciri-ciri
masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Mekah
·
Menjelaskan ciri-ciri
masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah
·
Mendiskusikan sejarah
dakwah Rasulullah pada periode Mekkah
·
Mendiskusikan sejarah
dakwah Rasulullah pada periode Madinah
·
Mempresentasikan pengaruh
dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Mekah
·
Mempresentasikan pengaruh
dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah
Materi Pembelajaran
·
Sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
kelompok
4.
Inskuiri
5.
Pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·
Guru
memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan
kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·
Siswa
menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka bab yang akan dipelajari.
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari.
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi sejarah dakwah Rasulullah
pada periode Makkah dan Madinah.
·
Menyampaikan
cakupan materi sejarah dakwah Rasulullah
pada periode Makkah dan Madinah serta penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus yang
disusun.
Kegiatan Inti :
·
Untuk
mengetahui penguasaan siswa tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah, guru memberikan pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan /dengan materi
pembelajaran tersebut kepada siswa secara bergantian.
·
Membahas
satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
·
Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok;
·
Masing-masing
kelompok membaca buku paket siswa tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah.
·
Masing-masing
kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah.
·
Masing-masing
kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
·
Masing-masing
kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi.
·
Guru
memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·
Mengajak
siswa untuk membuat kesimpulan tentang sejarah dakwah Rasulullah
pada periode Makkah dan Madinah.
·
Mempersilakan
siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang sejarah dakwah Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah. Guru
meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari.
·
Guru
menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku pelajaran Sejarah kebudayaan
Islam di rumah serta mengerjakan
latihan-latihan yang ada dalam buku itu.
·
Guru
bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
·
Guru
mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
Evaluasi Hasil
Belajar
1.
Penilaian proses : Afektif
2.
Penilaian konsep : Kognitif
3.
Jenis Tagihan : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4.
Instrumen Penilaian : Lembar pengamatan
dan tes Subjektif (Isian dan PG)
5.
Contoh Instrumen : Terlampir
Sumber dan
Referensi Pembelajaran
1.
Ensiklopedia
Islam
2.
Internet
3.
Buku paket SKI
yang relevan
4.
LKS SKI
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Media
Pembelajaran
1.
LCD
2.
Laptop
3.
Papan tulis
B.
BAB I Keteladanan
Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat
Identitas Materi: Islam pada masa Nabi Muhammad SAW
Standar kompetensi (1) :
¨
Memahami keteladanan
dakwah Rosulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar ( 1.2 ) :
¨
Mendeskrip sikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan Madinah
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
·
Menjelasakan substansi
dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.
·
Menjelaskan substansi
dakwah Rasullullah SAW periode Makkah.
·
Mendiskusikan strategi
dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.
·
Mendiskusikan strategi
dakwah Rasullullah SAW periode Makkah.
·
Mempresentasikan reaksi
(negatif) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Mekah.
·
Mempresentasikan reaksi
(negatif) masyarakat terhadap strategi dakwah Rasulullah periode Madinah.
Materi Pembelajaran
·
Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW pada periode Mekah dan Madinah.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
kelompok
4.
Inskuiri
5.
Pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·
Guru
memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan
kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·
Siswa
menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka bab yang akan dipelajari.
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari.
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi sejarah Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan
Madinah.
·
Menyampaikan
cakupan materi Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW pada periode Mekah dan Madinah
dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai dengan silabus yang disusun.
Kegiatan Inti :
·
Untuk
mengetahui penguasaan siswa tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan
Madinah, guru memberikan
pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan /dengan materi pembelajaran
tersebut kepada siswa secara bergantian.
·
Membahas
satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
·
Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok;
·
Masing-masing
kelompok membaca buku paket siswa tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan
Madinah.
·
Masing-masing
kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan
Madinah.
·
Masing-masing
kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
·
Masing-masing
kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi.
·
Guru
memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·
Mengajak
siswa untuk membuat kesimpulan tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW pada periode Mekah dan Madinah.
·
Mempersilakan
siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang Sikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Mekah dan
Madinah. Guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang
telah dipelajari.
·
Guru
menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku pelajaran Sejarah kebudayaan
Islam di rumah serta mengerjakan
latihan-latihan yang ada dalam buku itu.
·
Guru
bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
·
Guru
mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
Evaluasi Hasil
Belajar
1.
Penilaian proses : Afektif
2.
Penilaian konsep : Kognitif
3.
Jenis Tagihan : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4.
Instrumen Penilaian : Lembar pengamatan
dan tes Subjektif (Isian dan PG)
5.
Contoh Instrumen : Terlampir
Sumber dan
Referensi Pembelajaran
1.
Ensiklopedia
Islam
2.
Internet
3.
Buku paket SKI
yang relevan
4.
LKS SKI
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Media
Pembelajaran
1.
LCD
2.
Laptop
3.
Papan tulis
C.
BAB I Keteladanan
Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat
Identitas Materi: Islam pada masa Nabi Muhammad SAW
Standar kompetensi (1) :
·
Memahami keteladanan
dakwah Rosulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar ( 1.3 ) :
·
Mengidentifikasi
hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW
dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
·
Menjelasakan hasil-hasil
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Mekah.
·
Menjelaskan hasil-hasil
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Madinah.
·
Mendiskusikan hasil-hasil
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Madinah.
·
Mendiskusikan hasil-hasil
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Mekah.
·
Mempresentasikan
hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW
dalam dakwah Islam pada periode Madinah.
·
Mempresentasikan
hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW
dalam dakwah Islam pada periode Mekah.
Materi Pembelajaran
·
Hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Mekah dan Madinah.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
kelompok
4.
Inskuiri
5.
Pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·
Guru
memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan
kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·
Siswa
menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka bab yang akan dipelajari.
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari.
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi sejarah Hasil-hasil perjuangan Rasullullah
SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah.
·
Menyampaikan
cakupan materi Hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Mekah dan Madinah
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus yang disusun.
Kegiatan Inti :
·
Untuk
mengetahui penguasaan siswa tentang Hasil-hasil perjuangan Rasullullah
SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah, guru memberikan pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan /dengan materi
pembelajaran tersebut kepada siswa secara bergantian.
·
Membahas
satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
·
Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok;
·
Masing-masing
kelompok membaca buku paket siswa tentang Hasil-hasil perjuangan Rasullullah
SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah.
·
Masing-masing
kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan tentang Hasil-hasil perjuangan Rasullullah
SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah.
·
Masing-masing
kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
·
Masing-masing
kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi.
·
Guru
memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·
Mengajak
siswa untuk membuat kesimpulan tentang Hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Mekah dan Madinah.
·
Mempersilakan
siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang Hasil-hasil perjuangan Rasullullah
SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah. Guru
meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari.
·
Guru
menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku pelajaran Sejarah kebudayaan
Islam di rumah serta mengerjakan
latihan-latihan yang ada dalam buku itu.
·
Guru
bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
·
Guru
mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
Evaluasi Hasil
Belajar
1.
Penilaian proses : Afektif
2.
Penilaian konsep : Kognitif
3.
Jenis Tagihan : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4.
Instrumen Penilaian : Lembar pengamatan
dan tes Subjektif (Isian dan PG)
5.
Contoh Instrumen : Terlampir
Sumber dan
Referensi Pembelajaran
1.
Ensiklopedia
Islam
2.
Internet
3.
Buku paket SKI
yang relevan
4.
LKS SKI
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Media
Pembelajaran
1.
LCD
2.
Laptop
3.
Papan tulis
D.
BAB I Keteladanan
Dakwah Rasulullah SAW dalam Membina Umat
Identitas Materi: Islam pada masa Nabi Muhammad SAW
Standar kompetensi (1) :
·
Memahami keteladanan
dakwah Rosulullah dalam membina umat
Kompetensi Dasar ( 1.4 ) :
·
Mengambil ibrah dari
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan
datang
Tujuan dan Orientasi Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu:
·
Menjelasakan
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·
Menjelaskan
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·
Mendiskusikan
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·
Mendiskusikan
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·
Mempresentasikan
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Mekah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·
Mempresentasikan
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
Materi Pembelajaran
·
Ibrah dari perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
kelompok
4.
Inskuiri
5.
Pengamatan
Strategi Pelaksanaan pembelajaran
Kegiatan Awal :
·
Guru
memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan
kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
·
Siswa
menyiapkan buku Sejarah Kebudayaan Islam, membuka bab yang akan dipelajari.
·
Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari.
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dari materi ibrah dari perjuangan
Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk
kepentingan masa kini dan yang akan datang.
·
Menyampaikan
cakupan materi ibrah dari perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus
yang disusun.
Kegiatan Inti :
·
Untuk
mengetahui penguasaan siswa tentang ibrah dari perjuangan Rasullullah
SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa
kini dan yang akan datang,
guru memberikan pertanyaan- pertanyaan yang berkaitan /dengan materi
pembelajaran tersebut kepada siswa secara bergantian.
·
Membahas
satu persatu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa-siswa tersebut.
·
Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok;
·
Masing-masing
kelompok membaca buku paket siswa ibrah dari
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam
pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan
datang.
·
Masing-masing
kelompok siswa mendiskusikan hasil bacaan tentang ibrah dari perjuangan Rasullullah
SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa
kini dan yang akan datang.
·
Masing-masing
kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
·
Masing-masing
kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi.
·
Guru
memvalidasi hasil presentasi masing-masing kelompok.
Kegiatan Akhir
·
Mengajak
siswa untuk membuat kesimpulan tentang ibrah dari
perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah
Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan
datang.
·
Mempersilakan
siswa mengerjakan soal-soal latihan tentang ibrah dari perjuangan Rasullullah
SAW dalam dakwah Islam pada periode Mekah dan Madinah untuk kepentingan masa
kini dan yang akan datang. Guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang
telah dipelajari.
·
Guru
menganjurkan kepada siswa untuk rajin membaca buku pelajaran Sejarah kebudayaan
Islam di rumah serta mengerjakan
latihan-latihan yang ada dalam buku itu.
·
Guru
bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah.
·
Guru
mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
Evaluasi Hasil
Belajar
1.
Penilaian proses : Afektif
2.
Penilaian konsep : Kognitif
3.
Jenis Tagihan : Tugas Kelompok dan Ulangan Harian
4.
Instrumen Penilaian : Lembar pengamatan
dan tes Subjektif (Isian dan PG)
5.
Contoh Instrumen : Terlampir
Sumber dan Referensi
Pembelajaran
1.
Ensiklopedia
Islam
2.
Internet
3.
Buku paket SKI
yang relevan
4.
LKS SKI
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Media
Pembelajaran
1.
LCD
2.
Laptop
3.
Papan tulis
RINGKASAN
MATERI
A.
Penyebaran Islam Periode Mekah
Rasulullah SAW berdakwah menyebarkan Islam di Mekah
kurang lebih 13 tahun. Strategi penyebaran dakwah Islam pada periode Mekah
dapat kita pelajari dari uraian berikut.
1.
Dakwah secara
sembunyi-sembunyi
Setelah menerima wakyu pertama dan kedua, Nabi
Muhammad SAW melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi. Dakwah dimulai dari
kaum kerabat dan sahabat dekatnya.
2.
Dakwah secara
terbuka
Setelah dakwa secara sembunyi-sembunyi, Nabi
Muhammad SAW mendapat perintah untuk berdakwah secara terbuka. Pada waktu
berdakwah secara terbuka ini, beliau mendapat tantangan yang berat dari kaum
kafir Quraisy. Bahkan, tantangan itu dipelopori oleh pamannya, yaitu abu jahal
dan Abu Lahab.
3.
Pemboikotan dan
Rencana Pembunuhan
4.
Hijrah ke Habsyi
5.
Misi ke Ta’if
6.
Respon
Masyarakat Yasrib
7.
Perjanjian
aqabah I
8.
Perjanjian
Aqobah II
B.
Penyebaran Islam Periode Madinah
Nabi akhirnya mendapat perintah untuk berhijrah.
Sebelum ke Madinah, beliau menyuruh sahabatnya hijrah ke Habsyi. Di Madinah,
Nabi Muhammad SAW membangun sebuah negara yang kuat. Pertama Nabi membangun Masjid
Quba, mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Kaum Anshor, dan membuat piagam
madinah. Beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi pada periode Madinah: Perang
Badar, Perang Uhud, Perang Khandaq
(Perang Parit), Perang Mu’tah, Perjanjian Hudaibiyah, Fathul Mekah (Penakhlukan Kota Mekah)
C.
Mengambil Ibrah dari Dakwah Nabi Muhammad SAW
1.
Dakwah hendaknya
dilakukan ibda’ binafsih.
2.
Materi dakwah
yang pertama ditanamkan adalah ajaran tauhid
3.
Penggalangan
kekuatan
4.
Dapat mencontoh
strategi Nabi Muhammad dalam membentuk negara Madinah yang sangat kuat.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar