BAB II
PEMBAHASAN
SEMESTER 1
BAB I : MEMAHAMI ILMU KALAM
A.
Judul
Judul buku yang
kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum
2013” .
B. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive, proaktif).
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan meta kognitif
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembanhan dari yang di pelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif sesuai kaidah keilmuan.
C. Kompetensi Dasar
1.
Menghayati
fungsi ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
2.
Terbiasa
berfikir kritis dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi
ilmu kalam
3.
Memahami
pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmukalam serta hubungannya dengan ilmu
lainnya
4.
Menyajikan
peta konsep pengertian, ruang lingkup , fungsi ilmu kalam serta hubungannya
dengan ilmu lainnya.
D. Tujuan dan Orientasi
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam
2.
Siswa
dapat membedakan antara ilmu kalam, filsafat dan tasawuf.
E. Materi Pembelajaran
a.
pengertian
Ilmu Kalam
1.
Pengertian
Etimologi
Secara harfiah kata kalam berarti pembicaraan.Maka ciri utama ilmu
kalam yaitu rasionalitas dan logis. Jadi ilmu kalam adalah ilmu yang
membicarakan bagaimana menetapkan kepercayaan-kepercayaan keagamaan dengan bukti-bukti yang yakin.
2.
Pengertian
Terminologi
Secara terminology ilmu kalam adalah suatu ilmu yang membahas
berbagai masalah ketuhanan dengan menggunakan argumentasi logika dan filsafat.
b.
Dasar
Pembahasan Ilmu Kalam
1.
Al-Qur’an
a.
QS
AL-IKHLAS (112): 1-4
b.
QS
AL-FURQON (25):59
c.
QS
AL-FATH (48):10
2.
Hadis
a.
Pemikiran
manusia
b.
Insting
c.
Ruang
lingkup pembahasan ilmu kalam
1.
Pembahasan
ilmu kalam
Ruang lingkup
pembahasan ilmu kalam yang pokok adalah :
a.
Hal-hal
yang berhubungan dengan Allah SWT atau yang sering disebut dengan istilah
Mabda. Dalam bagian ini termasuk pula bagian takdir.
b.
Hal
yang berhubungan dengan utusan Allah sebagai perantara antara manusia dan Allah
atau disebut pula washilah meliputi; malaikat, nabi/rasul, dan kitab-kitab
suci.
c.
Hal-hal
yang berhubungan dengan hari yang akan datang, atau disebut juga ma’ad
meliputi: surga, neraka, dan sebagainya.
2.
Aspek-aspek
ilmu kalam
Bagian-bagian
kalam sebagai ilmu dibagi dalam beberapa aspek : keesaan zat, keesaan sifat,
keesaan perbuatan, keesaan beribadah kepadannya.
3.
Masalah-
masalah yang bertentangan dengan kalam
Secara garis
besar masalah-masalah yang bertentanga dengan kalam adalah kekafiran,
kemusyrikan, dan kemunafikan.
4.
Fungsi
ilmu kalam
1.
Untuk
memperkuat, membela dan menjelaskan aqidah islam.
2.
Untuk
menolak aqidah yang sesat.
3.
Sebagai
ilmu yang mengajak orang yang baru untuk mengenal rasio sebagai upaya mengenal
Tuhan secara rasional.
4.
Sebagai
ilmu yang dapat mengokohkan dan menyelamatkan keimanan pada diri seseorang dari
kesesatan.
d.
Sejarah
ilmu kalam
1.
Latar
belakang
Rasulullah
selama di Mekkah mempunyai fungsi sebagai kepala agama.Setelah hijrah ke
madinah fungsinya bertambah juga menjadi kepala pemerintah. Beliau yang mendirikan polotik yang dipatuhi oleh kota ini, sebelum
itu di Madinah tidak ada kekuasaan politik. Setelah wafat sulullah digantikan
dengan Abu Bakar, lalu Umar bin Khatab selanjutnya digantikan Utsman bin Affan
lalu Ali bin Abi thalib.
Utsman bin Affan merupakan khalifah berlatarbelakang pedagang kaya.
Tetapi ahli sejarah mengatakan bahwa Utsman termasuk khalifah yang lemah,
karena tidak dapat menentang keluarganya yang berpegaruh berkuasa
dipemerintahan. Sehingga mereka menjadi gubernur-gubernur di daerah kekuasaan
islam dengan mengganti gubernur-gubernur yang dulu diangkat oleh Umar bin
Khatab. Tindakan politik Utsman bin Affan memecat gubernur-gubrnur angkatan
Umar bin Khatab , memancing reaksi yang tidak menguntungkan baginya. 500 orang
memberontak di Mesir seagai reaksi atas diberhentikannya gubernur Umar bin Ash
yang diangkat Umar dan digantikan Abdullah bin Sa’ad dari keluarga Utsman bin
affan.
Setelah Usman bin Affan wafat, kekhalifahan diganti Ali bin Abi
thalib, tetapi segera dia mendapat tantangan dari Thalhah dan Zubair dari
mekkah .gerakan ini dapat dipatahkan olrh bAli dalam pertempuran di Irak tahun
656M.Thalhah dan Zubair mati terbunuh dan Aiyah masih hidup lalu dikirim
kembali ke Mekkah.Tantangan berikutnya muncul dari Muawiyyah. Gubernur Damaskus
dan keluarga dekat Utsman bin Affan .
Terjadi pertempuran ntara pasukan Ali Bin Abi thalib dan muawwiyah
bin abu soffian. Para Qurro dari kalangan Ali bin Abi Thalib menganjurkan untuk
menerima, sebagian pasukan Ali menganjurkan menolaknya. Tetapi Ali tetap
memilih untuk menerimanya.Dengan demikian dicarikah perdamaian dengan
mengadakan arbitrase. Sebagai mediator diangkat kedua orang: Amr bin Ash dari
Muawiyah dan Abu Musa Al-Asyhari dari pihak Ali bin Abi Thalib. Sebagai yang
lebih tua Abu Musa maju terlebih dahulu dan mengumumkan kepada orang ramai
menjatuhkan kedua pemuka tersebut. Bagaimanapun peristiwa ini merugikan Ali bin
Abi Thalib dan menguntungkan Muawiyah sebagai khalifah yang illegal.
Sikap Ali yang mau mengadakan arbitrase memyebabkan pengikut Ali
terbelah menjadi 2 golongan .mereka yang menolak berpendapat bahwa hal itu
tidak dapat diputuskan lewat arbitrase manusia. Putusnya hanya dating dari
Allah dengan kembali kepada hukum-hukum Allah dalam Al-Quran terdapat dalam
surat Al-Maidah ayat 44. Dan hal ini meahirkan beberapa persoalan-persoalan teologi
yang melahirkan beberapa aliran teologi (firqah).
1.
Firqah
Ilmu Kalam
1.
Firqah
khawarij
2.
Firqah
murji’ah
3.
Firqah
jabariyah
4.
Firqah
qadariyah
e.
Hubungan
ilmu kalam dengan ilmu-ilmu lain
1.
Hubungan
ilmu kalam dengan ilmu fiqih
2.
Hubungan
ilmu kalam dengan ilmu tasawuf
3.
Hubungan
ilmu kalam dengan ilmu falsafah
f.
Peranan
ilmu kalam dalam kehidupan
1.
Memahami
kembali makna ajaran islam dengan argumen logika yang benar
Fitrah
beragama ini dipupuk oleh Al-Quran dengan anjuran melihat alam sekeliling
manusia sehingga imannya bertambah diantarannya dngan merenung dan berfikir
bagaimana kejadian dilangit dan dibumi yang diciptakan Allah dengan penuh
kesungguhan, Allah menciptakan alam raya dengan tidak sia-sia yakni, pasti ada
tujuan dari penciptannya bagi kehidupan manusia (QS Ali Imran:190-191).
2.
Memahami
keberagaman keyakinan dengan sikap toleran
Ketika
agama menjadi persoalan keyakinan yang sangat fundamental, masalah toleransi
dan pemahaman atas posisi masing-masing penganut keyakinan menjadi kunci
penting bagi keselarasan dan keharmonisan kehidupan beragama. Jika orang
memahami sejarah pemikiran didalam islam tentang munculnya aneka pemahaman
aliran itu, dianggap sebagai realitas sejarah dan tidak lantas dianggap sebagai
sesuatu yang baru. Salah satu sikap yang dapat dikembangkan adalah
mengembangkan sikap saling memahami posisi masing-masing.Selanjutnya
mengembangkan sikap yang lebih arif dalam melihat implikasi-implikasi atas satu
tindakan.
A.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
B.
Strategi
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu memahami
ilmu kalam.
2.
Kegiatan
Inti
3.
Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan
materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali
pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
C.
Evaluasi
Hasil Belajar
Penilaian proses belajar mengajar oleh
guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
D.
Sumber
dan Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan oleh guru
adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
E.
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk
pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
F.
Media
Pembelajaran
Media yang
digunakan adalah power point dan papan tulis
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
- CURSOR LUCU UNTUK LEPI TERSAYANG
- MACAM MACAM MAD (BTA)
- PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE PENDIDIKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar