Kamis, 12 Mei 2016

(NUR RIYANTIKA) Peradaban Bangsa Arab Sebelum Islam


BAB II
DISKRIPSI KURIKULUM
SEMESTER GANJIL
Bab 1 : Peradaban Bangsa Arab Sebelum Islam
A.    Judul
Judul buku yang kami telaah adalah “Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013” .
B.     Kompetensi Inti(KI):
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan dirisebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C.    Kompetensi Dasar :
1.      Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
2.      Meneladani perilaku sabar Rasulullah Saw. pada saat menghadapi berbagai intimidasi masyarakat Quraisy di Mekkah.
3.      Meneladani sikap istiqamah Rasulllah saw. dalam melaksanakan beribadah.
4.      Memahami sistem peribadatan bangsa Quraisy sebelum Islam.
D.  Tujuan Pembelajaran
-          Untuk dapat mengetahui Sistem Peribadatan Bangsa Quraisy Sebelum Islam
-          Untuk dapat mengetahui Keadaan  Sosial  Masyarakat  Quraisy  Sebelum Islam.

E.     Rangkuman Materi Pembelajaran
A.    Sistem Peribadatan Bangsa Quraisy Sebelum Islam
            Pada permulaanya bangsa Arab Quraisy telah mengikuti dan meyakini ajaranagama Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yaitu agama Hanifiyah, “hanif”artinya benardan lurus. Karena itu sejak dulu, ajaran tauhid sudah mengakar di hati masyarakat Arab. Tetapi seiring berjalannya waktu, ajaran tersebut mengalami perubahan, penambahan dan pengurangan yang dilakukan oleh para pengikutnya yang tidak bertanggung jawab. Kemudian muncul berbagai ajaran yang meragukan dan akhirnya jatuh menjadi penyembah  berhala yang dibawa oleh Amr bin Luay al Khuzai. Pada masa jahiliyah orang Arab Quraisy banyak yang menyembah berhala atau patung-patung yang mereka buat sendiri dari batu, kayu dan logam. Menurut Ibnu Kalbi yang menyebabkan bangsa Arab menyembah berhala dan batu, ialah barang siapa yang meninggalkan kota Mekkah harus membawa batu yang diambil dari batu-batu yang ada ditanah Haram Ka’bah.
            Bangsa Arab mulai menyembah berhala ketika Ka’bah berada di bawah kekuasaan Jurhum. Pasukan yang dipimpin oleh Amr bin Luay al Khuzai dari keturunan Khuza’ah datang ke Mekkah dan berhasil mengalahkan Jurhum. Kemudian Amr bin Luay al Khuzai meletakkan sebuah berhala besar bernama Hubal yang terbuat dari batu akik berwarna merah berbentuk patung manusia, yang ditempatkan di sisi Ka’bah.
            Beberapa bentuk pemujaan yang dianut oleh bangsa Arab sebelum datangnyaagama Islam:
1.      Menyembah Malaikat, di antara bangsa Arab ada yang menyembah berhala dan menuhankan Malaikat. Di kota Mekkah ada sebagian bangsa Arabyang menganggap bahwa Malaikat itu adalah putera-puteri Tuhan.
2.      Menyembah jin, ruh dan hantu sebagian bangsa Arab yang menyembah hantu, jin dan ruh-ruh leluhur mereka atau menganggap batu-batu sebagai makluk yang terhormat. Bahkan di suatu tempat jin yang terkenal dengan nama ”Darahim” mereka selalu mengorbankan binatang-binatang ditempat itu agar selamat dan terhindar dari segala bencana.
3.      Menyembah bintang-bintang, yang dimaksud bintang-bintang adalah matahari, bulan dan bintang-bintang yang gemerlap cahayanya pada malam hari, mereka menganggap bintang-bintang tersebut diberikan kekuasaan penuh oleh Tuhan untuk mengatur alam ini.
4.      Menyembah berhala, sebagian bangsa Arab menyembah berhala atau arca-arca yang terbuat dari batu, kayu dan logam yang mereka buat sendiri dan dengan selera mereka sendiri uantuk kemudian mereka sembah.
5.      Agama Yahudi dan Nasrani (Kristen), agama Yahudi mulai masuk ke Jazirah Arab tahun 1491 SM, mula – mula di Mesir pada zaman Nabi Musa as. Sedangkan agama Nasrani (Kristen) masuk ke Jazirah Arab kira-kira abad ke-4 M, agama Nasrani berkembang di Jazirah Arab karena mendapat bantuan dari kerajaan Romawi dan Habsyi.
B.     Keadaan  Sosial  Masyarakat  Quraisy  Sebelum Islam
            Keadaan sosial ekonomi masyarakat Arab sangat dipengaruhi oleh kondisi dan letak geografisnya. Bagian tengah Jazirah Arab terdiri dari tanah pegunungan yang tandus. Oleh sebab itu banyak penduduk yang hidupnya tidak menetap, Mereka tinggal di pedalaman, yaitu masyarakat Badui, yang mata pencahariannya beternak. Mereka berpindah pindah dari satu lembah ke lembah yang lain mencari rumput untuk hewan ternaknya. Bidang pertanian dikerjakan oleh suku-suku Yang bertempat tinggal di daerah-daerah subur, terutama mereka yang mendiami Daerah subur di sekitar oase seperti Thaif Di tempat ini mereka menanam buahbuahan dan sayur-sayuran.
            Masyarakat Arab yang tinggal diperkotaan biasanya mereka berdagang. Mereka dinamakan Ahlul Hadhar, kehidupan sosial ekonomi mereka sangat ditentukan oleh keahlian mereka dalam perdagangan. Oleh karena itu, bangsa Arab Quraisy sangat terkenal dalam dunia perdagangan. Mereka melakukan perjalanan dagang pada dua musim dalam setahun, yaitu ke Negara Syam pada musim panas dan ke Yaman pada musim dingin.
            Di samping itu, bangsa Arab sebelum Islam juga telah mampu mengembangkan ilmu pengetahuan. Hal ini misalnya dapat dilihat dari berbagai ilmu pengetahuan yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat Arab pada waktu itu. Di antara ilmu pengetahuan yang mereka kembangkan adalah astronomi, yang ditemukan oleh orang-orang Babilonia. Mereka ini pindah ke negeri Arab pada waktu negara mereka diserang oleh bangsa Persia. Dari mereka inilah bangsa Arab belajar banyak ilmu astronomi.
            Tata sosial bangsa Arab sebelum Islam terkenal pemberani di dalam membelapendirian. Mereka tidak mau mengubah pendirian serta tata cara hidup yang sudahmenjadi kebiasaannya, tidak mau mengalah, namun ada sisi kebiasaan yang baik yaitu suka menghormati dan memuliakan tamu. Moral dan perilaku sangat rusak sehingga mereka disebut kaum jahiliyah “yang bodoh”.
            Dalam bidang bahasa dan seni bahasa, orang-orang Arab pada masa pra Islam sangat maju. Bahasa mereka sangat indah dan kaya. Syair-syair mereka sangat banyak. Dalam lingkungan mereka seorang penyair sangat dihormati. Tiap tahun di Pasar ‘Ukaz diadakan deklamasi sajak yang sangat luas. Selain ‘Ukaz masih ada pasar yang dijadikan tempat berkumpulnya para penyair yaitu pasar Majinnah dan Zul Majaz. Salah satu dari pengaruh syair pada bangsa Arab ialah bahwa syair itu dapat meninggikan derajat seorang yang tadinya hina atau sebaliknya menghinakan seseorang yang tadinya terhormat.
F.     Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan ini adalah ceramah dan diskusi.
G.    Strategi Pembelajaran
1.       Pendahuluan
a.       Menyampaikan salam pembuka yang ramah serta memberi semangat dan tidak lupa menanyakan mengenai hal kesehatan maupun keinginannya.
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
c.       Menggali pengetahuan mengenai materi hidup berkah dengan menghormati dan mematuhi orang tua dan guru.
2.      Kegiatan Inti
3.      Penutup
a.         Guru menyimpulkan kembali poin-poin pelajaran yang dibahas.
b.          Memberikan tugas latihan soal agar siswa lebih menguasai.
c.         Atau juga guru memberi kuis tentang soal-soal yang baru dijelaskan.
d.         Memberi salam penutup.
H.    Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar melalui hasil tes tertulis maupun tes verbal.
I.       Sumber dan Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket.


J.      Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu satu setengah jam, 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
K. Media Pembelajaran
Media yang digunakan saat mengajar adalah papan tulis dan slide.


 FULL MAKALAH 

MAKALAH MENARIK LAINNYA 
  1. HADITS DITINJAU DARI SEGI KUALITASNYA 
  2. PROPOSAL USAHA MESIN LAS 
  3. SIROH NABI (NABI DARI KECIL SAMPAI DEWASA)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar