BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
Bab
VII : Akhlak Pergaulan Remaja
Kompetensi Inti
(KI) :
-
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
-
Mengembangkan
perilaku baik dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berintegrasi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
-
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
-
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi
Dasar (KD) :
-
Menghayati
nilai-nilai positif dalam pergaulan remaja
-
Menghindari
perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak islam dalam fenomena
kehidupan
-
Memahami
pentingnya akhlak terpuji pergaulan remaja
-
Menyajikan
contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Indikator :
-
Siswa
dapat menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
-
Siswa
dapat menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
A.
Materi
Pembelajaran
1.
Akhlak
Terpuji dalam Pergaulan remaja
Persaudaraan, pengembangan keilmuan, dan menghormati dan
menyayangi.
2.
Nilai
Positif Perilaku Terpuji dalam Pergaulan Remaja
Menumbuhkan sikap arif dan bijaksana, disiplin, mandiri dan
tanggung jawab.
3.
Membiasakan
Sikap Terpuji dalam Pergaulan Remaja
a.
Menutup
aurat
b.
Mengajak
untuk berbuat kebaikan
c.
Mengisi
waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
d.
Menghormati
orang yang lebih tua dan menyayangi yang kebih muda
e.
Bersikap
santun dan tidak sombong
4.
Perilaku
Tercela dalam Pergaulan Remaja
Pergaulan bebas, tawuran antar remaja, dan mengkonsumsi minuman
keras.
5.
Nilai
Negatif Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja
Bertentangan dengan ajaran agama, hilanhnya budaya malu, dan
menimbulkan masalah kesehatan.
6.
Menghindari
Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja
a.
Meningkatkan
kadar iman dan amal sholeh
b.
Meningkatkan
kualitas akhlak dan etika bergaul
c.
Mengatur
waktu dengan baik
B.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Keteladanan, Diskusi, dan praktek.
C.
Strategi
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu meneladani
sifat terpuji abdurrahman bin auf dan abizar al-ghifari.
2.
Kegiatan
Inti
3.
Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru
menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
D.
Evaluasi Hasil Belajar
Penilaian proses belajar mengajar oleh
guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
E.
Sumber
dan Referensi Pembelajaran
Referensi yang digunakan oleh guru
adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
F.
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pembelajaran adalah 90 menit,
yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit
untuk penutup.
G.
Media
Pembelajaran
Media yang
digunakan adalah power point, video, papan tulis.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAIN
- SEJARAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HADITS
- MENGENAL TOKOH DAN KITAB HADITS
- PENGERTIAN ILMU HADITS DAN CABANG-CABANGNYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar