Kamis, 12 Mei 2016

(NUR FATAYAT K. N) Akhlak Pergaulan Remaja


BAB II
DESKRIPSI KURIKULUM
Bab VII : Akhlak Pergaulan Remaja       
Kompetensi Inti (KI) :
-          Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
-          Mengembangkan perilaku baik dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berintegrasi secara efektif dengan lingkungan sosial dan dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
-          Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
-          Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar (KD) :
-          Menghayati nilai-nilai positif dalam pergaulan remaja
-          Menghindari perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak islam dalam fenomena kehidupan
-          Memahami pentingnya akhlak terpuji pergaulan remaja
-          Menyajikan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Indikator :
-          Siswa dapat menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
-          Siswa dapat menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
A.    Materi Pembelajaran
1.      Akhlak Terpuji dalam Pergaulan remaja
Persaudaraan, pengembangan keilmuan, dan menghormati dan menyayangi.
2.      Nilai Positif Perilaku Terpuji dalam Pergaulan Remaja
Menumbuhkan sikap arif dan bijaksana, disiplin, mandiri dan tanggung jawab.
3.      Membiasakan Sikap Terpuji dalam Pergaulan Remaja
a.       Menutup aurat
b.      Mengajak untuk berbuat kebaikan
c.       Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
d.      Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang kebih muda
e.       Bersikap santun dan tidak sombong
4.      Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja
Pergaulan bebas, tawuran antar remaja, dan mengkonsumsi minuman keras.
5.      Nilai Negatif Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja
Bertentangan dengan ajaran agama, hilanhnya budaya malu, dan menimbulkan masalah kesehatan.
6.      Menghindari Perilaku Tercela dalam Pergaulan Remaja
a.       Meningkatkan kadar iman dan amal sholeh
b.      Meningkatkan kualitas akhlak dan etika bergaul
c.       Mengatur waktu dengan baik

B.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik, Ceramah, Keteladanan, Diskusi, dan praktek.
C.    Strategi Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Ø Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
Ø Menanyakan kehadiran siswa
Ø Menyampaikan tujuan pembelajaran
Ø Menggali pengetahuan mengenai materi yang dibahas yaitu meneladani sifat terpuji abdurrahman bin auf dan abizar al-ghifari.
2.   Kegiatan Inti
3.   Penutup
Ø Siswa memberikan kesimpulan materi yang dibahas, kemudian Guru menyempurnakan/ mengklarifikasi kembali pelajaran yang dibahas tersebut.
Ø Memberikan tugas/ evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
Ø Memberi salam penutup
D.  Evaluasi Hasil Belajar
     Penilaian proses belajar mengajar oleh guru, penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay).
E.     Sumber dan Referensi Pembelajaran
            Referensi yang digunakan oleh guru adalah buku paket dan buku yang berkaitan, multimedia interaktif dan internet
F.     Waktu Pelaksanaan Pembelajaran
            Waktu pembelajaran adalah 90 menit, yaitu 10 menit untuk pendahuluan, 55 menit untuk kegiatan inti dan 15 menit untuk penutup.
G.    Media Pembelajaran
Media yang digunakan adalah power point, video, papan tulis.

 FULL MAKALAH 


MAKALAH MENARIK LAIN
  1. SEJARAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HADITS 
  2. MENGENAL TOKOH DAN KITAB HADITS 
  3. PENGERTIAN ILMU HADITS DAN CABANG-CABANGNYA 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar